CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603a165f73906a129e4ae792/sayur-lompong-bumbu-serapah-masakan-ala-ndeso-tapi-bikin-nagih

Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih

Assalamu'alaikum gansis.
Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih

Apa kabarnya nih semua? Pasti dalam keadaan baik-baik saja ya kan. Sekarang sudah masuk musim penghujan. Hawa yang dulu panas dan gerah, sekarang terasa sejuk dan dingin.

Biasanya nih makanan apa yang kalian sukai saat musim hujan begini? Pasti yang berkuah, pedas dan nikmat. Pasti semua memikirkan semangkuk bakso dengan sambal yang banyak.

Akan tetapi, hari ini aku mencoba memasak sayur lompong. Pertama kalinya aku memasak lompong atau bisa disebut juga batang talas/keladi. Ternyata cukup gampang dan mudah memasaknya. Sekarang, yuk mulai memasak sayur lompong bumbu serapah. Dijamin ketagihan.

Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih

Bahan :
Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin NagihSayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih

- 3 batang talas/keladi bagian muda
- 1 ikat kacang panjang
- 1 ikat daun lembayung. Ambil bagian yang muda
- 1 buah tahu
- 1 sdt garam untuk merebus batang talas/keladi
- + 1 liter air untuk merebus bahan dasar sayur
Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih

Bumbu halus :
Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih

- Segenggam bawang merah
- 3 siung bawang putih
- kemiri secukupnya
- 1 cm kencur
- 3 cm lengkuas
- 4 buah cabe rawit.
- 1 sdt ketumbar
- 3 lembar daun jeruk
- 3 lembar daun salam
- 1/8 kelapa muda
- 1 sdm garam
- 1/4 gula pasir
- 1 sdt penyedap rasa
Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih

Cara membuat :
Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih

- Buang kulit ari dari batang talas tadi lalu rendam beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dengan air mengalir. Tiriskan.

Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih
- Rebus air sampai mendidih, beri garam kemudian masukkan batang talas. Sesekali cek, supaya tidak hancur. Setelah sedikit lunak, guyur dengan air mengalir. Tiriskan.

- Di sisi lain, didihkan air untuk merebus sayur yang lain. Jika sudah mendidih, masukkan kacang panjang dan lembayung yang sudah dipotong dan dibersihkan. Masukkan juga tahu mentah yang sudah dipotong sesuai selera ke dalam air mendidih.

Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih
- Blender bahan bumbu kecuali daun salam, garam, dan penyedap rasa.

- Sayur yang direbus sudah lunak, baru masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Beri garam dan penyedap rasa serta daun salam. Tunggu hingga mendidih.

- Jika sudah mencium aroma bumbu yang harum berarti mulai matang. Masukkan batang talas tadi. Aduk pelan dan tunggu hingga mendidih kembali agar bumbu meresap. Jangan terlalu lama ya biar batang talas tidak hancur.

Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih
- Sajikan selagi hangat.
Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih

emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Batang talas/keladi yang aku gunakan berwarna keunguan. Ada juga yang berwarna hijau tetapi bukan talas, hanya saja masih kerabat dengan talas. Selain batangnya, umbi talas pun bisa juga diolah sebagai sayur maupun keripik.

Syukurlah, masak hari ini sangat memuaskan. Hampir merasa takut jika akan gagal. Dikarenakan kalau tidak bisa mengolahnya dengan baik, lidah akan merasa gatal karena getah dari talas tersebut. Jika sudah terbiasa mengolahnya, nanti akan ketagihan memasaknya. Memang hobi memasak tidak bisa dijauhkan dari segala ide-ide mengumpulkan resep berbagai makanan agar semua dapat merasakan rasa masakan nusantara.

Mulailah harimu dengan memasak. Selamat mencoba.






Gresik, 27 Februari 2021
Sumber narasi : oppri
Sumber pict : dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh muyasy
Yuk masak yuk
profile-picture
profile-picture
kanekimv dan lenitan memberi reputasi
Wahhhh mantul nih pingin coba ahh makasih resepnya Mbak say ❤️ 😍😍😍
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Quote:


Masama mbk. Seger dan pedesemoticon-Big Grin
Aku suka ini
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Quote:


Palagi dmkn ma nasi anget, yummy
Udah lama banget ane ga makan sayur beginian. Lompong, kalau di kampung ane disebutnya 'Klekah' sist. Paling enak dimakannya ama nasi jagung tuh
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Ini sebenernya bumbunya sama kayak bikin sayur lodeh yaa?
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Namany unik y. Kalo mkn dg nasi jagung, mungkin lompongnya d tumis pedas. Kyknya enak tuh
profile-picture
indrag057 memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Quote:


Ya. Cuma ini tanpa kunyit dan cabe merah besar.
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ane suka, apa lagi kalau digorengin ikan asin emoticon-Ngakak
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Tambah kerupuk, lbh mantapemoticon-Toast
Lompong ini apa?
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lomponge warna merah ya sist? Kalau di tempatku hijau lompongnya
profile-picture
muyasy memberi reputasi
di ane sih apa ini mirip sayur lodeh ya gan sis? soalbya di tempat ane sih sering nya disebut sayur lodeh nihh
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Quote:


Batang talas dk. Milih yg bagian muda ni

Quote:


Ya mbk. Ni talas. Kalo yg ijo katanya bukn talas tp y mah kerabatnyaemoticon-Big Grin

Quote:


Bisa jg sis. Tp aku seneng d bumbu serapah. Selain ngirit minyak goreng, rasanya lbh seger
profile-picture
firdainayah memberi reputasi
Dulu ane kecil suka sekali sayur lompong, kurang lebihnya sama dimasak seperti diatas, sekrang sudah lama ga makan lagi sayur ini, karena bibi yang biasanya masak sayur ini sudah meninggal.
profile-picture
profile-picture
firdainayah dan muyasy memberi reputasi
Quote:


Aku prnh mkn sayur lompong d lodeh dr alm. nenek. Tp br kali ni masak. Kan takut gatel. Umbinya ja kalo gk bs masak gatel bgt. Trnyata da caranya
Quote:


Oalah, aku kirain jenis sayur baru wkwk
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Quote:


Orang dlu pintr ngolah makanan. Palagi d desa semua bs dmasak


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di