muyasyAvatar border
TS
muyasy
Sayur Lompong Bumbu Serapah, Masakan Ala Ndeso Tapi Bikin Nagih
Assalamu'alaikum gansis.


Apa kabarnya nih semua? Pasti dalam keadaan baik-baik saja ya kan. Sekarang sudah masuk musim penghujan. Hawa yang dulu panas dan gerah, sekarang terasa sejuk dan dingin.

Biasanya nih makanan apa yang kalian sukai saat musim hujan begini? Pasti yang berkuah, pedas dan nikmat. Pasti semua memikirkan semangkuk bakso dengan sambal yang banyak.

Akan tetapi, hari ini aku mencoba memasak sayur lompong. Pertama kalinya aku memasak lompong atau bisa disebut juga batang talas/keladi. Ternyata cukup gampang dan mudah memasaknya. Sekarang, yuk mulai memasak sayur lompong bumbu serapah. Dijamin ketagihan.



Bahan :


- 3 batang talas/keladi bagian muda
- 1 ikat kacang panjang
- 1 ikat daun lembayung. Ambil bagian yang muda
- 1 buah tahu
- 1 sdt garam untuk merebus batang talas/keladi
- + 1 liter air untuk merebus bahan dasar sayur


Bumbu halus :


- Segenggam bawang merah
- 3 siung bawang putih
- kemiri secukupnya
- 1 cm kencur
- 3 cm lengkuas
- 4 buah cabe rawit.
- 1 sdt ketumbar
- 3 lembar daun jeruk
- 3 lembar daun salam
- 1/8 kelapa muda
- 1 sdm garam
- 1/4 gula pasir
- 1 sdt penyedap rasa


Cara membuat :


- Buang kulit ari dari batang talas tadi lalu rendam beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dengan air mengalir. Tiriskan.


- Rebus air sampai mendidih, beri garam kemudian masukkan batang talas. Sesekali cek, supaya tidak hancur. Setelah sedikit lunak, guyur dengan air mengalir. Tiriskan.

- Di sisi lain, didihkan air untuk merebus sayur yang lain. Jika sudah mendidih, masukkan kacang panjang dan lembayung yang sudah dipotong dan dibersihkan. Masukkan juga tahu mentah yang sudah dipotong sesuai selera ke dalam air mendidih.


- Blender bahan bumbu kecuali daun salam, garam, dan penyedap rasa.

- Sayur yang direbus sudah lunak, baru masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Beri garam dan penyedap rasa serta daun salam. Tunggu hingga mendidih.

- Jika sudah mencium aroma bumbu yang harum berarti mulai matang. Masukkan batang talas tadi. Aduk pelan dan tunggu hingga mendidih kembali agar bumbu meresap. Jangan terlalu lama ya biar batang talas tidak hancur.


- Sajikan selagi hangat.


emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Batang talas/keladi yang aku gunakan berwarna keunguan. Ada juga yang berwarna hijau tetapi bukan talas, hanya saja masih kerabat dengan talas. Selain batangnya, umbi talas pun bisa juga diolah sebagai sayur maupun keripik.

Syukurlah, masak hari ini sangat memuaskan. Hampir merasa takut jika akan gagal. Dikarenakan kalau tidak bisa mengolahnya dengan baik, lidah akan merasa gatal karena getah dari talas tersebut. Jika sudah terbiasa mengolahnya, nanti akan ketagihan memasaknya. Memang hobi memasak tidak bisa dijauhkan dari segala ide-ide mengumpulkan resep berbagai makanan agar semua dapat merasakan rasa masakan nusantara.

Mulailah harimu dengan memasak. Selamat mencoba.






Gresik, 27 Februari 2021
Sumber narasi : oppri
Sumber pict : dokpri
Diubah oleh muyasy 27-02-2021 09:54
purwanti29
tien212700
betiatina
betiatina dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.4K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan