CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Mau Sukses di Masa Pandemi? Ternak Ayam Kalkun Bisa Jadi Pilihannya Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603adfca37fdf71a992a7548/mau-sukses-di-masa-pandemi-ternak-ayam-kalkun-bisa-jadi-pilihannya-gan

Mau Sukses di Masa Pandemi? Ternak Ayam Kalkun Bisa Jadi Pilihannya Gan!


Mau sukses di masa pandemi? ternak ayam kalkun bisa jadi pilihannya gan!

Mau Sukses di Masa Pandemi? Ternak Ayam Kalkun Bisa Jadi Pilihannya Gan!

Selamat pagi agan dan sista yang ada di jagat raya kaskus. Gimana sehat kan? Semoga selalu sehat dan jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus covid19 ya.

Oh iya dimasa pandemi kayak gini semua tatanan kehidupan mengalami perubahan. Mau tidak mau perubahan ini mempengaruhi segala bidang. Salah satunya bidang perekonomian.

Masyarakat lalu bersusah payah untuk mendongkrak penghasilan mereka yang mulai turun akibat pandemi. Yang bisa kreatif dan mampu mengikuti perubahan akan bisa meraup penghasilan dimasa pandemi. Terus yang gak bisa? Ya harus bisa!

Pengalaman ane dimasa pandemi dalam mencari penghasilan kali ini bisa dicoba gansis. Ane bukanlah orang yang kreatif, inovatif, apalagi ahli mengatur keuangan. Tapi bisalah ane coba tekun dan alhamdulilah dapat penghasilan dimasa yang apa-apa dibatasi begini.

Usaha yang ane tekuni kini adalah beternak ayam kalkun. Berhubung ane jiwanya peternak, ya ane lebih milih beternak aja, daripada ane gak tau apa-apa tentang bisnis masker. Lantas ane pilih ayam kalkun untuk diternak. Bagaimana caranya?
Let's talk about it.

Mengenal ayam kalkun

Mau Sukses di Masa Pandemi? Ternak Ayam Kalkun Bisa Jadi Pilihannya Gan!
Dokumentasi pribadi


Ayam kalkun atau yang biasa dikenal dengan sebutan "ayam turki" merupakan spesies burung besar yang masuk dalan kingdom Galliformes genus Meleagris.

Mengapa disebut "ayam turki"?
Karena diimpor dari Eropa Tengah melalui Turki, lalu sampai sekarangpun dalam bahasa inggris, ayam kalkun itu sebutannya "Turkey".

Kalkun diketahui mempunyai kemampuan unik dalam melakukan reproduksi aseksual. Walaupun tidak ada kalkun pejantan, kalkun betina bisa menghasilkan telur yang fertil.
Nah ini artinya dengan modal satu ayam kalkun bisa hasilkan banyak ayam kalkun.

Oleh sebab itulah budidaya ayam kalkun ini menjanjikan gan. Yah walaupun tidak instan, setidaknya sekali panen bisa untung banyak. Lah emang gimana cara penjualannya sehingga menghasilkan keuntungan? Simak terus kebawah ya ane jelaskan dibagian akhir.

Cara beternak

Cara ternak ayam kalkun ini terbilang mudah gan. Kalau budidaya nya yang agak sulit. Soalnya indukan ayam kalkun ini gak kayak ayam atau bebek yang bisa ngurus anakannya sampai gede. Anakan kalkun jarang bertahan hidup sampai gede. Rata-rata pasti mati kalau dibiarkan hidup lepas sama indukannya.

Makanya agak sulit ngurus anakannya disamping harus ngurus indukannya juga. Istilahnya ternak sambil budidaya kan jadinya. Tapi disini ane bahas ternaknya aja ya. Mungkin next thread ane bahas yang budidaya nya.

Mau Sukses di Masa Pandemi? Ternak Ayam Kalkun Bisa Jadi Pilihannya Gan!
Dokumentasi pribadi


Pertama kandangnya, usahakan kandang dan lingkungannya kering dan gak lembab, selalu bersihkan tempat pakan dan minumnya, serta keseluruhan kandang dari hama-hama seperti gurem. Kalau ane biasanya seminggu sekali kandang disemprot pakai obat pembasmi hama.

Mau Sukses di Masa Pandemi? Ternak Ayam Kalkun Bisa Jadi Pilihannya Gan!
Dokumentasi pribadi


Kedua pakannya, disini ane pakai dedak basah. Kadang juga ane kasih pakan kering yang komposisinya dedak kering, bama, dan jagung. Atau kalau gak mau ribet beli aja di toko pakan ternak ada tuh gan. Kasih makannya sehari dua kali dipagi dan sore hari.

Mau Sukses di Masa Pandemi? Ternak Ayam Kalkun Bisa Jadi Pilihannya Gan!
Dokumentasi pribadi


Ketiga jangan lupa kasih minum. Disini ane kasih minumnya air mentah bersih dengan campuran vita chicks terus dimasukkan kedalam wadah minum yang biasa buat ternak ayam yang kapasitasnya 3 liter.

Hal itu dimaksudkan agar ayam kalkun sehat ya gansis. Kalau ayamnya udah sehat, otomatis gemuk, kalau gemuk maka kemungkinan dagingnya besar. Maka harganya bisa mahal juga. Karena nanti gemuk tidaknya daging ayam kalkun berpengaruh pada saat penjualan.

Pemasaran

Pemasaran ayam kalkun itu kayak ayam pada umumnya yang bisa dijual hidup, jual anakan, telur, dan daging mentahnya. Nah ane disini jual yang yang udah disembelih dan bersih bulunya, istilahnya daging mentahan ya.

Berhubung ane masih terbilang baru dalam usaha ini, jadi masih promosi di sosial media. Makanya yang beli juga orang-orang daerah ane sini aja. Tapi yang kayak udah mau langganan tuh rumah makan kalijo.

Tiap order itu bisa 2 ayam kalkun daging mentahan. Ane jualnya ya sesuai pasar aja. Kalau 1 kg harganya 150.000 dikali 2. Tapi gak nentu mereka pesannya. Bisa perminggu berapa kali dan juga bisa perbulan berapa kali aja.

Alhamdulillah dari situ setidaknya ane sudah punya penghasilan yang sangat ane syukuri. Karena ya tau sendiri musim pandemi kayak gini lagi krisis-krisisnya perekonomian kan.

Jadi segitu dulu thread dari ane, kalau ada yang kurang jelas atau agan dan sista punya pengalaman serupa bisa dishare di kolom reply ya.

Semoga bermanfaat.
Jumpa next thread.

Mau Sukses di Masa Pandemi? Ternak Ayam Kalkun Bisa Jadi Pilihannya Gan!
Sumber: Opini pribadi
Referensi: Pengalaman pribadi
@abdulqadirz©2021

[/CENTER]
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lekparnoto11 dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh abdulqadirz
Halaman 1 dari 2
Bagaimana agan dan sista tertarik untuk ternak ayam kalkun? emoticon-Big Grin
profile-picture
ushirota memberi reputasi
Ane bukan promosi ya gan, tapi kalau mau pesan boleh PM aja ane emoticon-Big Grin
profile-picture
rinandya memberi reputasi
Tetangga ane ada gan yang gini, cuma satu jadi ayam kalkunnya jadi idola sekampung
profile-picture
profile-picture
rinandya dan abdulqadirz memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Mbah gw dulu miara ayam kalkun
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


tritnya menarik, sekaligus marketing yg alusemoticon-Leh Uga
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kan orang kita nda ada budaya thanksgiving?
ane sangsi bisa laku di Indonesia 🤭
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Mantap....di rumah ane jg ada kalkun, tapi ga diseriusin...cepet banget berkembang biaknya...cuma sayangnya anarkis semua...kanibal, masa sodaranya dipatukin sampe mati, adik2nya yg baru lahir juga...akhirnya bonyok ane ilfil...skrg malah ada 1 yg krisis identitas....gara2 sejak kecil dipisah dr induknya...ngumpulnya sama angsa emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abdulqadirz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wahh sepertinya cukup menggiurkan ya, tapi di daerah ane belum begitu familiar sih sama ayam kalkun ane makan aja belom pernahh
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
Beda nya ternak sama budidaya apa sih Gan? Ane msh newbie soal ginian
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
wuih itu gede amat ya kalkun
sekilo 300k mahal yaemoticon-Takut

rasanya kaya apa?

kalo di amerika biasa saat thanksgiving mereka masak kalkun
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Wahh kayaknya boleh juga nih di coba, siapa tau bisa untung banyak
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
mau nyoba ayam potong biasa ajaa, bismillah semoga lancar
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
kalo ternak perlu lahan sih, itu yang ane gak ada hahahaha.
nice thread gan, makasih udah bagi bagi ilmu berternak.
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
Diubah oleh b4perman
Quote:


Ada. Di manado. Main2 kesana lah gan klo ada waktuemoticon-Ngakak

Quote:


Ahaha iya gan emg indukan kalkun tuh gk tlaten ngasuh anaknya emoticon-Ngakak

Quote:


Enak lho gan rasanyakayak perpaduan antara ayam kampung dan ayam ras...

Quote:


Ternak kan kita cuma pelihara beberapa sampe besar trus dikonsumsi atau dijual. Dah habis. Kalau budidaya kita selain kayak siklus diatas, kita juga mengembangkan biakannya biar terus menerus ada. Gitu gan...

Quote:


Enaj gan dagingnya kayak perpaduan antara ayam kampung dan ras..

Quote:


Silahkan dicoba gan, gk ada salahnya kok nambah pengalamanemoticon-terimakasih

Quote:


Bismillah.. semoga lancar gan emoticon-Jempol

Quote:


Sama-sama gan emoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
ushirota dan MrJeffBezos memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kenapa harus kalkun gan? di Indonesia kan nggk terlalu dikenal masyarakat emoticon-Bingung
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
Hwaduuwww ane liat kalkun aja serem gan walaupun bentuknya lucu yak
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
menarik sih.. kalkun atau turkey kurang lazim dikonsumsi di Indonesia ya? tapi ada pasarnya sih dan biasanya high end emoticon-Bingung
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
ayam biasa aja gaada modal apalagi ayam kalkun 🤒
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
keknya kalo kalkun masih bingung ini bakalan laku apa engga
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
Ane kepo bgt dah rasa ayam kalkun tu, udah ada yg pernah coba?
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di