Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Cara Membuat WhatsApp Bisnis Ternyata Gampang Banget!

Buat kamu yang punya usaha UMKM pastilah nggak asing dengan WhatsApp Business. WhatsApp Business adalah aplikasi WhatsApp yang khusus diperuntukkan buat pemilik usaha kecil dan menengah. WhatsApp Business ini punya beberapa fitur yang nggak dipunya oleh aplikasi Whatsapp Messenger. Misal, fitur pesan otomatis untuk calon konsumen yang mengirim pesan ke nomor tersebut. Menggunakan WhatsApp bisnis juga bisa bantu bisnismu kelihatan lebih profesional. Yuk, cari tahu cara membuat WhatsApp bisnis.

1. Download Aplikasi Whatsapp Business
Download aplikasi WhatsApp Bisnis (Sumber: cariduit.id)

Kalau kamu mau tahu cara membuat WhatsApp bisnis, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasinya. Walaupun sama-sama berada di bawah nama WhatsApp, namun fitur bisnis adalah aplikasi yang terpisah dari WhatsApp Messenger. Kalau kamu ingin bikin akun WhatsApp Bisnis, pertama-tama, kamu harus unduh aplikasi ini lewat Google Play Store. Aplikasi ini juga bisa kamu temukan di iOS Store, buat pengguna iPhone.

Instal WhatsApp Bisnis (Sumber: cariduit.id)

2. Masukkan Nomor Telepon Khusus Usahamu
Masukkan nomor telepon khusus bisnis (Sumber: cariduit.id)

Setelah kamu selesai download aplikasi WhatsApp bisnis, saatnya pasang nomor smartphone-mu. Eits, sebaiknya kamu pakai nomor yang terpisah dari nomor pribadimu, ya. Ini bertujuan supaya urusan pribadi dan urusan bisnis nggak tercampur. Misal, kamu nggak perlu khawatir grup chat teman-teman tenggelam gara-gara banyaknya orderan yang masuk. Atau malah, kamu jadi nggak perlu kena komplain calon konsumen yang nggak kamu balas chat-nya gara-gara terlewat. Proses verifikasi dari WhatsApp Bisnis juga jadi lebih gampang dengan menggunakan nomor terpisah.

Verifikasi nomor telepon (Sumber: cariduit.id)

Baca Juga :   Cara Mempercepat Booting Windows 10 dengan 3 Langkah Super Mudah

3. Jangan Lupa Lengkapi Profil


Lengkapi profil akun WhatsApp Bisnis (Sumber: cariduit.id)

Cara membuat WhatsApp Bisnis berikutnya adalah melengkapi profil. Setelah kamu daftarkan dan verifikasi nomor buat akun bisnis, kamu juga harus melengkapi profil bisnismu. Caranya gampang banget, kok. Cukup tap menu Settings > Business Settings > Profile. Nah, di situ kamu coba tinjau ulang, deh. Pastikan semua informasi yang tertera di profilmu sudah benar, ya. Jangan lupa gunakan logo bisnismu sebagai foto profil.

4. Atur Menu Balas Otomatis
Atur menu balas otomatis (Sumber: mastekno.com)


Cara membuat WhatsApp Bisnis ini opsional, sih. Tapi fitur pesan otomatis bisa bikin kamu jadi kelihatan lebih profesional. Pesan otomatis ini dikirim ke nomor WhatsApp calon konsumen saat mereka menghubungi nomor bisnismu di luar jam kerja. Kamu bisa setting chat otomatis buat menunjukkan layanan atau produk apa saja yang bisnismu tawarkan. Kamu bisa atur sendiri kapan pesan otomatis itu diluncurkan. Misal, saat waktu tertentu atau, kamu juga bisa memasangnya untuk waktu kapan pun. Pilihan opsi pesan otomatis terbagi jadi tiga, yaitu: Greeting Message, Away Message, dan Quick Replies.

5. Tambahkan Katalog Produk
Tampilan katalog WhatsApp Bisnis (Sumber: selular.id)

Fitur khusus WhatsApp Business yang nggak ada di dalam WhatsApp Messenger adalah fitur Katalog. Pada fitur ini, kamu bisa tambahkan foto-foto produk untuk ditawarkan kepada para pelanggan. Selagi calon pelanggan menunggu pesan balasanmu, mereka bisa iseng-iseng lihat katalog foto produk yang kamu pajang di bagian Media. Pastikan kualitas foto yang kamu undah berkualitas terbaik, ya. Buat menambahkan foto katalog ke dalam akun WA bisnis, cukup ketuk ikon plus berwarna biru. Mau tambahkan foto ke katalog yang sudah ada? Cukup klik opsi Tambah ke Katalog. Gampang banget, kan?

Itulah cara membuat WhatsApp Bisnis yang wajib kamu ketahui. Buat kamu yang ingin lancar dalam menjalankan usaha, keberadaan WhatsApp Business ini memang penting banget. Fitur-fitur yang tersedia bakal bantu kamu jadi lebih terorganisir dalam melayani pesanan para pelanggan. Kamu juga bisa unggah produk-produk terbaru lewat story atau pajang testimoni, lho. Gimana? Tertarik coba aplikasi ini buat dukung bisnismu?

Baca Juga :   Cara Mempercepat Koneksi WiFi, Dijamin Efektif!




0
678
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan