Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

softwareseniAvatar border
TS
softwareseni
Ini 3 Manfaat Big Data di Indonesia!


Ada 3 Manfaat Big Data bagi bisnis:

1. Mengoptimalisasi Cost

Big Data mampu menampung berbagai macam bentuk data dari berbagai macam sumber. Selain itu, kemampuan untuk melakukan data processing serta analisis secara mendalam melalui ecosystem seperti Hadoop, dapat membentuk pola baru yang akan sulit ditemui oleh tools analisis tradisional. Nah, biasanya, pola baru ini memberikan efisiensi lebih terhadap bisnis proses. Entah melakukan cutting value chain, atau menemukan kelompok target market baru dengan cost yang lebih sedikit. Sehingga, perusahaan dapat menggunakan cost secara optimal.

Misalnya, ketika kamu memiliki perusahaan kosmetik. Seringkali perusahaan kosmetik disangkut pautkan dengan wanita. Namun, setelah bisnismu memiliki website e-commerce. Data menunjukan bahwa memang benar, wanita lebih sering berbelanja di website e-commerce kamu. Tetapi, meskipun memiliki persentase yang lebih kecil, kaum adam mampu menghabiskan budget lebih terhadap produk yang mereka beli. Hal ini tentu sinyal hijau bagi pelaku bisnis. Bagaimana jika mereka fokus untuk mengembangkan produk khusus pria? Mereka dapat meraup margin keuntungan yang lebih besar. Contoh sederhananya seperti itu.

2. Meningkatkan efektifitas & efisiensi bisnis

Efektifitas dapat diartikan dalam 2 hal. Arti yang pertama yaitu berkurangnya waktu produksi akan suatu pekerjaan dengan kualitas hasil yang optimal. Misalnya, ketika teknologi internet belum sanggup untuk melakukan streaming film. Kamu harus mengunduh film dari internet agar bisa menonton film. Waktu yang diperlukan untuk menonton film adalah waktu unduh + waktu menonton. Tetapi, ketika teknologi internet sudah mampu untuk melakukan streaming film. Kamu tidak perlu lagi mengunduh. Cukup tonton saja film yang kamu suka langsung dari internet browser di gadget mu. Waktu yang diperlukan untuk menonton akan jauh lebih efektif.

Arti kedua dari efektifitas adalah bertambahnya hasil produksi dengan kualitas yang optimal dalam waktu satu kali kerja. Misalnya, ketika kamu masih sekolah dulu. Ketika teknologi kamera ponsel belum bisa memproduksi gambar yang tajam. Kamu tidak bisa mengambil foto papan tulis dimana gurumu menerangkan perjalanan. Alih-alih mengambil foto, kamu harus menulis semua tulisan yang ada di papan tulis. Sehingga, kamu tidak fokus terhadap pelajaran. Tetapi, setelah teknologi kamera ponsel berkembang dan diperbolehkan penggunaannya di sekolah-sekolah, kamu kini tidak perlu lagi memecah konsentrasi antara menyalin & mendengarkan penjelasan oleh guru. Kini kamu bisa mendapatkan dua hal dalam satu kali kerja. 

- Yang pertama adalah pemahaman materi karena konsentrasi yang tidak terpecah. - Yang kedua adalah dokumentasi.

Dari kedua analogi di atas, menunjukan pada satu benang merah yang sama, yaitu efisiensi.

Lalu, apa hubungannya dengan big data?

Ya, big data memiliki kemampuan untuk mencari jalan tercepat untuk menghasilkan sesuatu. Entah itu flow bisnis yang lebih efektif & efisien, hingga konsumen mana yang memiliki potensi “willingness to purchase” tinggi namun terlewat. Itu semua bisa dideteksi lebih awal dengan big data. Big data memungkinkan kamu untuk melakukan analisa secara menyeluruh. Selain itu, informasi yang dihasilkan oleh big data juga bisa dibilang near-to-real-time, sehingga menimbulkan kesan instan. Jika terdapat pola janggal, bisa segera ditangani tanpa meninggalkan snowball efek.

3. Product Development

Dengan kemampuan membaca kebiasaan & pola pengguna di internet, informasi yang dihasilkan oleh big data dapat digunakan oleh perusahaan untuk menyesuaikan produk dengan minat pasar. Kemampuan untuk menampilkan trend atau peningkatan demand terhadap suatu barang secara near-to-real-time, akan menguntungkan bagi bisnis. Ketika terjadi lonjakan awal terhadap suatu hal, pelaku bisnis bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengembangkan produk yang disesuaikan dengan minat pasar. Sehingga, pelaku bisnis bisa merasakan manfaat dari “hype” konsumen akan sesuatu.

Selain itu, big data juga bisa memberikan informasi perihal jenis produk yang paling banyak digemari konsumen, alasan mengapa produk 1 disukai dan produk 2 kurang disukai, hingga kekosongan pasar. Selain akan menciptakan peluang baru bagi produk perusahaan, kemampuan untuk menyesuaikan produk dengan ekspektasi konsumen maupun calon konsumen juga bisa terpenuhi.
Cara packing, warna package, aroma produk, tekstur produk, semua bisa disesuaikan dengan minat pasar berdasarkan hasil analisis dari big data.


Baca Artikel Original Dan Lengkap Di 4 Hal Tentang Big Data Yang Perlu Kamu Ketahui

Diubah oleh softwareseni 24-02-2021 05:39
0
219
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan