CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Banjir di Jakarta Jadi Sorotan, Banjir di Kabupaten Bekasi Siapa Peduli?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60348f00bc8db317217a7af2/banjir-di-jakarta-jadi-sorotan-banjir-di-kabupaten-bekasi-siapa-peduli

Banjir di Jakarta Jadi Sorotan, Banjir di Kabupaten Bekasi Siapa Peduli?

BEKASI, KOMPAS.com - Ketika semua perhatian tercurah pada banjir di Jakarta yang diklaim sudah surut dalam satu hari, tak banyak yang tahu bahwa banjir di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, jauh lebih gawat dan masih belum surut seluruhnya sampai sekarang.

Sejak banjir melanda pada Sabtu (20/2/2021), total sudah 20.630 keluarga terdampak bencana banjir hingga Senin malam. Demikian menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi.

"Jumlah kecamatan terdampak ada 20, dengan 70 desa/kelurahan. Total 156 titik banjir dan satu titik tanah longsor," kata IIs Wahyudianto, Kepala Bidang Informasi & Komunikasi Publik Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, dalam keterangannya, Senin malam.

Baca juga: Banjir Kabupaten Bekasi: Jembatan Jalur Pantura Ambles akibat Luapan Citarum, Akses Truk Terputus

Iis menyebutkan, berdasarkan pemetaan BPBD, ada sejumlah penyebab yang membuat banjir di Kabupaten Bekasi cukup gawat.

Pertama ialah meluapnya sejumlah sungai sekaligus, yakni Kali Jambe, Kali Sadang, Kali Bekasi, Kali Cibeet, Kali Cilemah Abang, Kali Citarum, Kali Cipamingkis, dan Kali Ciherang.

Di saat yang sama, volume saluran drainase tidak dapat menampung debit air ketika curah hujan tinggi.

"Lalu, tanggul Sungai Citarum jebol di Desa Sumberurip dan Desa Karangsegar, Kecamatan Pebayuran," ujar Iis.

Jebolnya tanggul ini membuat Kecamatan Pebayuran masih terendam banjir hingga 250 cm kemarin. Akses jalan menuju beberapa desa di sekitar tanggul terputus.

"Diperkirakan hampir 7.000 (warga terdampak banjir akibat tanggul Citarum jebol) di Kecamatan Pebayuran saja," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin, kemarin.

"Ini yang parah empat desa, yaitu Sumberurip, Karangharja, Sumber Sari, dan Karanghaur," lanjutnya.

Banjir di Jakarta Jadi Sorotan, Banjir di Kabupaten Bekasi Siapa Peduli?

Tado (19), warga setempat, mengatakan, amblesnya jembatan itu baru diketahui pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB.

"Karena kemarin kan jalan ketutup banjir di sini, jadi pas surut kondisinya udah begini," kata Tado dikutip Tribun Jakarta, Senin.

Jembatan ini ambles di kedua ruas jalan dengan kedalaman bervariasi. Dampaknya, permukaan jalan bergelombang. Selain itu, terdapat retakan di beton penopang.

Saat ini, jembatan itu hanya dapat dilintasi oleh kendaraan-kendaraan kecil, yang didominasi oleh kendaraan warga setempat dan relawan yang hendak membantu penanggulangan banjir di banyak kecamatan di Kabupaten Bekasi.

"Kemarin banjir tingginya di jalan ini kira-kira setengah meter, panjangnya lebih kurang satu kilo, enggak bisa lewat, baru surutnya tadi pagi," ucap Tado.

Iis Wahyudianto mengatakan, BPBD Kabupaten Bekasi saat ini masih menghitung jumlah korban jiwa. Sejauh ini, baru diketahui satu insiden orang hanyut terseret arus.

"Tim BNPB, BPBD Provinsi Jabar, Tim BPBD Kabupaten Bekasi, relawan, dan penggiat bencana masih stand-by di lokasi. Sebagian warga telah dievakuasi ke tempat yang aman," ujar dia.

"Beberapa kebutuhan mendesak adalah mobil
truk barang, perahu karet, mesin perahu, sembako, makanan pokok, air mineral, pakaian, pampers, makanan siap saji, selimut, dan obat-obatan," kata Iis.

https://megapolitan.kompas.com/read/...-peduli?page=3

Who cares
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vaklentine dan 36 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
para netizen (buzer) itu profesional,
bahkan yang dari parti sebelah rumahnya hampir tenggelam di bekasi pun tetap komentarin dki..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakedongotak dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
spot mancing gue kemarin juga belum surut airnya.
terpaksa pake timah gedean.

dan gak disorot juga emoticon-Malu

ada alasanya lah kenapa jakarta.
kalo bekas ibukota negara ya pasti disorot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuminitsu dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Siapa bilang ga peduli...

Gw baru aja balik kunjungin Om gw d cikarang yang sbtu minggu kemarin banjir seleher...

Bantu bantu dikit keluarin barang, bersihin rumah, bongkar elekteonik siapa tau masih bisa diselametin...

Gw tanya, kemaren ada bantuan engga dari pemda apa siapa gitu... jawabanya engga...

Tapi ya santai aja koq, engga ada dia nyalahin siapa siapa...

Nahhh pertanyaanya, kenapa banjir di Jakarta bisa hebohh???

Bos Jakarta sendiri yang mulai kampanye nyalahin program sebelumnya, seakan dia punya ide punya gagasan yg brilliant...

Ga taunya, ya banjir banjir juga....

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sickmaster dan 35 lainnya memberi reputasi
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 27 balasan
Bupati nya sudah sejajar dengan Elon Musk belum, bosqu?



Bata emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
essholl dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Lembur emoticon-Big Grin
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
bekasi aja gak masuk gmaps.. gimana orang mo peduli..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
daun.kelor dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Buzzer2nya Anies peduli kok
Liat aja mereka bolak balik bikin thread banjir bekas
Alhamdulillah ya masih ada yg perhatian emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuminitsu dan 6 lainnya memberi reputasi
karena wan abud jumawa

koar2 sampe foto2 pencitraan dgn nenek rusmiati dgn caption kepedean


hujan deras gak kebanjiran


hasilnya ? emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuminitsu dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Orang bekasinya sendiri malah pada jadi buzzer anies.. emoticon-Malu (S)

#anieskeren.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
makanya bekasi cari yang ras ngarab atau usahain presiden pernah jabat di bekasi supaya dapat perhatian emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Kayanya banjir di luar Jakarta juga gak kalah ramenya emoticon-Traveller

Klo Kabupaten Bekasi, krn kota Bekasi juga banjir jadi terlupakan emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 37sanchi memberi reputasi
Giliran banjir aja mempertanyakan kepedulian ke daerah lain, tetangga lu masih susah makan tp donasinya ke tempat drama perang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 13 lainnya memberi reputasi
bukannya emang begitu dan akan selalu begitu ya emoticon-Malu
Gimana mungkin gak peduli soal banjir bekasi..

Lah video banjir bekasi tahun lalu aja sampe diakuin user dungu disini kalo itu banjir jakarta..

Ketauan banget dungu nya bukan ktp jakarta n bekasi atau jabodetabek tapi komen sok paling paham..

Kan malu maluin..

emoticon-Wakaka

Yg rajin komen banjir jakarta tiap tahun aja bukan ktp jakarta stay di desa sok sokan paham..
Apalagi bahas bekasi yg letaknya di planet..

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh noiss.
udh biarin aja, pengangguran2 yang jadi bajer, udh susah2 ikut diksar sampe merayap2 di lumpur, diisi jimat segala macem, berharap jadi bajer gaji dikit2 lumayan, tp ternyata kalah juga sama yang deket sama pengurus, anggap aja ngasi kerjaan biar bisa buat kredit hp realme
profile-picture
opasugiono46 memberi reputasi
bekasi itu deket citarum Semarang
Bekasi bukan pusat pemerintahan
profile-picture
kucinkx memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya enteh orang jakarte ape bekasi?

Ane orang jakarte kagak ngurus bekasi

Gitu aja kan
profile-picture
profile-picture
kuminitsu dan 37sanchi memberi reputasi
Bedanya? Satu ibukota satu lagi kota provinsi biasa. Ibukota kebanjiran parah sih malu banget dimata dunia. Apalagi banjirnya jakarta hanya karena hujan, bagaimana kalau bogor, bekasi dan jabar buka bareng2 tuh pintu dam? Bisa habis ibukotanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Suruh anies jadi gubernur Jawa Barat dulu, nanti banyak yg peduli
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di