CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pria Parkour di Flyover Kemayoran Buka Suara: Sudah Pertimbangkan Risikonya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60343de96e15577d7a07bdb0/pria-parkour-di-flyover-kemayoran-buka-suara-sudah-pertimbangkan-risikonya

Pria Parkour di Flyover Kemayoran Buka Suara: Sudah Pertimbangkan Risikonya

L telah disalin
Pria Parkour di Flyover Kemayoran Buka Suara: Sudah Pertimbangkan RisikonyaFoto: Screenshot Praktisi Parkour yang Viral Usai Melakukan Aksinya di Flyover Kemayoran (Dok. Istimewa)

Seorang pria viral di media sosial lantaran melakukan parkour dari atas Flyover Kemayoran, Jakarta Pusat. Pria bernama Marhaenis Fansa ini mengaku sudah mempertimbangkan risiko dan keselamatannya sebelum terjun dari atas ketinggian Flyover Kemayoran.


Fansa menceritakan aksi parkour yang kemudian viral itu dilakukan pada Jumat (19/2) lalu di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dia mengaku melompat sejauh 3 meter dari Flyover Kemayoran ke sebuah gedung setinggi 3 meter.


"Saya yang ajakin (teman) buat (parkour) di spot itu dan aku kayak ngebuletin tekat 2021 ini, saya lompatin panjang hampir 3 meter itu, tinggi gedung ke bawah 3 meter lebih," kata Fansa saat dihubungi detikcom, Senin (22/2/2021).

Fansa menceritakan niat untuk melakukan parkour di gedung tersebut sudah ada sejak 2018. Dia terinspirasi sejumlah praktisi parkour internasional. Dia mengaku ingin menunjukkan aksi parkour juga bisa dilakukan oleh orang Indonesia.
"Saya coba wujudkan itu seperti yang terjadi di luar sana, banyak orang luar negeri yang lakukan itu, di pikiran saya kok di Indonesia nggak ada sih? Apa karena nggak bisa atau gimana? Di pikiran liar saya kayak gitu, okelah kalau nggak ada kenapa nggak mencetuskan? Akhirnya saya lihat gedung itu di 2018 dan itu saya bener-bener merhatiin ini saya bisa nggak ya? Saya yakin nggak ya? Akhirnya di 2018 itu saya hanya lihat dan mantau doang," bebernya.

Setelah itu, Fansa mempersiapkan diri untuk melakukan aksi parkour-nya di lokasi tersebut. Fansa terus berlatih dan mengumpulkan keberanian untuk melakukan lompatan yang lebih tinggi. Fansa lalu memutuskan untuk melakukan aksinya pada 2021.


Beberapa hari sebelum beraksi, Fansa mengaku sudah mempertimbangkan faktor keamanan di sekitar lokasi, mulai dari kondisi kendaraan yang lewat hingga cuaca di lokasi. Dia juga mengaku sempat berlatih sebelum melakukan aksinya.
"Beberapa hari sebelumnya saya cek spot dulu, ngeliat, sampai awalnya liat spot dari G-maps dari fotonya, oke bisa. Baru lihat langsung cek spot, jarak seberapa kira-kira, itu malem-malem juga bisa nggak ya, itu memang sudah lihat, kendaraan yang lewat, seberapa, di jam berapa sepinya dan gimana supaya nggak membahayakan gimana, supaya nggak undang kecelakana juga. Angin saya ukur, hujan juga saya ukur, sampai saya ukur semua, udah diukur semua, saya latihan di rumah," jelasnya.


Simak selengkapnya di halaman berikutnya.


Lalu pada Jumat (19/2) siang, Fansa memutuskan untuk beraksi. Dia menyebut kondisi saat itu juga mendukungnya untuk melakukan parkour dari Flyover Kemayoran menuju atap gedung sejauh 3 meter. Menurut pertimbangannya, tempat dirinya untuk aksi parkour tidak membahayakan. Dia juga mengaku sudah siap menanggung segala risikonya.
"Minggu depannya saya coba pas hari Jumat siang, saya cek cuaca oh nggak hujan. Jalanan dibilang ramai enggak, sepi juga yang ada. Jadi kayak bisa nih nggak terlalu membahayakan. Kalau bahaya mungkin iya, tapi bagi saya nggak kok, karena sepi dan dari saya sudah tanggung jawab sama diri saya, kalau nanti saya kenapa-kenapa dan buat orang kenapa-napa saya juga tanggung jawab. Kita cek Jumat, liat jalanan sepi, cek 1, 2, 3 go, lompat dan berhasil. Itu kayak seneng banget," ujarnya.

Usai melakukan aksinya, Fansa membagikan videonya melompat tersebut ke media sosial. Meski begitu, Fansa meminta agar masyarakat tidak menirukan adegan berbahaya itu.
"Untuk orang awam untuk tidak mencontoh, itu dilakukan oleh profesional. Seandainya ingin mencoba kayak yang saya bilang bisa ikut komunitas dan berlatih di tempat yang tempat dan kita dampingin," sebutnya.
Sebelumnya, polisi sempat mengingatkan terkait aksi parkour di Flyover Kemayoran. Pihak kepolisian menyebut aksi tersebut bisa berbahaya bagi pelaku parkour ataupun pengendara di sekitar lokasi.
"Iya itu di jalan arteri arah Benyamin Sueb, itu tidak boleh, itu perbuatan yang sangat berbahaya bagi pelaku maupun pengguna jalan," kata Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Akmal, saat dihubungi, Senin (22/2/2021).




https://news.detik.com/berita/d-5402011/pria-parkour-di-flyover-kemayoran-buka-suara-sudah-pertimbangkan-risikonya?tag_from=wp_nhl_20

APALAGI KALO BUKAN PAMER LALU VIRAL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ezaezo dan 3 lainnya memberi reputasi
MIKIR BELAKANGAN, YG PENTING VIRAL emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
iri bilang bos!
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan nomorelies memberi reputasi
Quote:

jadilah manusia yang seutuhnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan 2 lainnya memberi reputasi
Mantap betul
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Marhaenis... Pasti
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Parkournya gk salah sih, udh dia jelasin juga. Yg salah y gak ada ijin ma polis, harusnya bayar uang keamanan dlu bos emoticon-Big Grin 50 rebu cukup lah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
l.kripac98 dan 5 lainnya memberi reputasi
Yah, beruntung masih idup. Klo dah mati ya tinggal disyukurin krn dah menantang maut emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan 2 lainnya memberi reputasi
mencolott 3 meter woww amazing
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
yaudah sih ya biarin aja, dia tau resikonya sendiri ya wiss
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Kebiasaan orang anjimcnesial kalo ada aksi kayak gini

"Duh kebayang kalo jatuh...."
"Duh syukur lu ga jatuh, coba kalo....."
"Hidup itu disayang, seandainya jatuh....."

WOY AMJIMNCK KEJADIANNYA UDAH LEWAT DAN DIA BERHASIL TANPA JATUH, NGAPAIN LU ANDAI2KAN KALO DIA JATUH, GUOBLOK emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gesundheit
sambil liat gunung gede ya
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan nomorelies memberi reputasi
dia sudah perhitungkan resiko nya...buat ap diributin?? goblog
profile-picture
profile-picture
profile-picture
donex.donkeng dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bukan biarin biarin anjim
Sekarang cuma satu gatau tahun depan jadi berapa pengikutnya
Tau sendiri orang warga kampung +6294049383939303

emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan gesundheit memberi reputasi
Pekerjaan kak seto tiap pagi.
ada kera parkir emoticon-Matabelo
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
Nggak merugikan & membahayakan orang lain, biarin aja emoticon-Malu

Anyway kalau mau parkour, bukan cuma 1x lompat doang. Itu biasanya ada rentetannya. Lompat pagar dulu kek, manjat tembok kek, dst.
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan hajigabin memberi reputasi
tuh kan norak , idup nya taunya cuma sepak bola aja ya gini , di kasih yang rada extrim dikit langsung heboh aja bawaannya ..
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan hajigabin memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
netinjing gabut cok..

kemaren ada ukhty mo ngenthod ma calon duda juga dibacotin,
sekarang, ada bocah lompat2 di jalan juga diceramahin

miris cok,
biarin aja napa
ga ngerugiin idup ente juga..

sebagai soheeb kadal garis lurus, miris ane ngeliatnya

hadeh

emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
Besok2 coba yg ketinggian 8m ke atas
emoticon-Smilie

Setau gw parkour gerakan spontan dgn banyak rintangan baru
Diubah oleh Skyland999
syukurlah kl masih hidup


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di