abdulqzalaliAvatar border
TS
abdulqzalali
Hebat! Detik-detik Aksi Penyelamatan Bocah Terseret Arus Sungai yang Sangat Deras


Detik-detik aksi penyelamatan bocah terseret arus sungai yang sangat deras!!

Musim hujan telah tiba. Hujan dengan intensitas tinggi kerap turun dan membuat beberapa beberapa daerah tergenang banjir. Selain itu yang paling sering dan terlihat dampaknya adalah meluapnya air sungai ke pemukiman warga yang berada disekitar bantaran.

Kalau tinggi air sudah lebih dari satu atau mencapai dua meter, warga akan mengungsi. Tapi kalau tinggi air luapan sungai masih sekitar satu meter, warga biasanya akan tetap bertahan di pemukiman.

Kayak didaerah ane di kalimantan tengah. Berhubung pemukiman kami dekat dengan sungai, saat air meluap hingga ke pelataran rumah itu sudah biasa. Bahkan luapan air akan dimanfaatkan buat cuci motor, ada juga yang mancing, dan anak-anak berenang-renang.

Tapi kalau sudah anak-anak berenang dilupan air tersebut harus diawasi gansis. Karena sangat membahayakan kalau mereka sampai penasaran terus bermain lebih dekat dengan aliran sungai, maka akan terseret derasnya air sungai. Seperti kasus bocah yang satu ini.



Sangat berbahaya dan menegangkan melihat kejadian seperti ini. Kejadian dimana seorang bocah yang terlihat terseret derasnya arus air disungai besar.

Sungai dengan ukuran yang sangat luas dan arusnya yang amat deras seperti itu tentu saja akan menghanyutkan material-material besar dan berat sekalipun. Apalagi manusia yang bobotnya tidak seberapa.

Spoiler for Videonya dimari GanSis:


Video ini diunggah oleh akun instagram bernama @updrenaline, ditonton lebih dari 600 ribu kali yang memperlihatkan seorang bocah berusia sekitar 8 tahun terseret arus air sungai yang ada di India.

Usut ane usut ternyata kejadian yang semacam ini bukan hanya terjadi sekali dua kali, melainkan sering sekali terjadi di daerah. Sehingga dibentuk tim tanggap darurat, Khususnya dibantaran sungai.

Makanya terlihat yang menyelamatkan bocah tersebut memakai perlengkapan lengkap seperti pelampung dan perahu karet. Namun sayangnya penyelamat tersebut hanya satu orang dengan perahu yang kecil.



Dari video tersebut, terlihat awalnya dari kejauhan tampak seorang bocah tanpa mengenakan baju terseret arus sungai yang sangat deras. Ia juga terlihat timbul tenggelam karena aliran air sungai yang bergelombang.

Tak selang lama dari arah pesisir sungai terlihat seorang pria mengenakan pelampung dan menaiki sebuah perahu karet berdayung. Ia pun berusaha secepat mungkin untuk menjemput bocah yang terseret arus sungai tersebut.

Hebat! Akhirnya pria ini mampu menyelematkan bocah itu dengan timing yang tepat. Dimana Ia datang ke arah bocah itu sebelum terlewat perahunya. Benar-benar perhitungan yang tepat.

Kalau dipikir-pikir bocah itu sangat beruntung tidak langsung tenggelam ke dalam sungai. Soalnya ane pernah tenggelam dulu waktu belum bisa berenang itu rasanya susah sekali untuk muncul kepermukaan walaupun badan sudah berusaha.

Hebat juga pria penyelamat ini bisa tepat waktu dan segera ditolong bocahnya. Caranya menaikkan bocah itu ke atas perahu juga sebuah teknik yang hebat. Sudah pasti ada pelatihan untuk penyelamatan epic seperti ini.

Nah dari video di atas kita bisa belajar gansis, bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Maknanya lebih baik menjaga dan mengawasi anak-anak daripada menyesali sesuatu yang buruk yang telah terjadi.

Pengalaman ane dalam hal ini yaitu ane pernah menyelamatkan orang yang tenggelam. Jadi ada tekniknya yang harus dilakukan. Karena kalau sembarangan tanpa teknik, alih-alih menolong malah nanti juga ikut tenggelam. Tekniknya sebagai berikut:



Pertama, dekati korban tenggelam dari arah belakang atau tubuh kita menghadapi bagian belakang tubuh korban. Ini dimaksudkan agar memudahkan kita untuk menarik dan membawa tubuh korban saat kita berenang menepi.

Kedua, rangkul tubuh korban tenggelam dengan posisi satu tangan kita memeluk bagian ketiak korban. Tujuannya supaya memudahkan kita berenang sambil evakuasi korban.

Ketiga, bawa korban tenggelam ke tepian atau tempat kering dan aman, lalu lakukan pertolongan pertama pada korban tenggelam seperti mengecek denyut nadi, pompa jantung, dan memberi nafas buatan.

Nah itu dia gansis semoga kita dapat pelajaran dari kejadian di atas, jadi apa tanggapan kalian tentang video diatas gansis? Komen di bawah ya dan terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Opiniku abdulqzalali
Referensi & gambar: disini
FalianAridua
lemperkecut
tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan