Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ribkarewangAvatar border
TS
ribkarewang 
Pernahkah Merasakan Pepatah, Jauh Bau Wangi Dekat Bau Tai?
Pernahkah Merasakan Pepatah, Jauh Bau Wangi Dekat Bau Tai?


Hai Gansis, apa kabar ... kiranya semua baik dan bahagia. Jangan lupa tetap jaga jarak dan patuhi protokol kesehatan ya. Satu lagi, senyumnya jangan pernah ditinggalkan, harus dibawa terus.

Oh iya, Agan Sista pernah ga merasakan hubungan keluarga yang tidak harmonis antar saudara atau ipar. Hmmmm sering ya kita dengar kisah mertua dan menantu yang tidak saling cocok, atau kaka dan adik ipar yang berebut warisan juga perhatian.

Nah kali ini ane mau bahas pepatah yang mengatakan Jauh Bau Wangi, Dekat Bau Tai. Kok bisa? Ya, GanSis, fenomeno alam itu hahaha sudah jadi rahasia takdir kalau terjadi kisah seperti itu. Di mana saudara yang jauh, jarang bertemu, sekali ngasih duit segepok eh pujiannya sampai langit. Giliran yang jaraknya satu meter, tiap hari ngasih lauk, rajin ngasih duit biar selembar malah dibilang tidak ada apa-apanya. Yang paling menyedihkan kadang malah dianggap tidak pernah memberi apa pun.

Pernahkah Merasakan Pepatah, Jauh Bau Wangi Dekat Bau Tai?

Sebenarnya adil atau tidak, rata atau tidak ya tergantung sikap orang tua. Kalau orang tua baik yang tidak suka membedakan anak-anaknya, bahkan yang memberi lebih ya cukup disanjung seperlunya yang memberi sedikit ya tetap dipuji. Karena terkadang yang sedikit itu memberi dari kekurangannya, dari apa yang dia punya.

Sayangnya banyak pula yang memberi banyak biar diberi pujian, atau memberi dengan berharap dianggap baik. Yang paling parah, bisa memberi kepada orang lain sampai dipuji justru ke keluarga malah cuek. Nah kalau yang begitu jangan ya, ga boleh, tetap keluarga yang lebih dulu. Tapi kelurgaku ga ada akhlak, ga pengertian misalnya, ya tegur bukan malah bikin status hahaha.

Pernahkah Merasakan Pepatah, Jauh Bau Wangi Dekat Bau Tai?

Mau jauh atau dekat, mau bau wangi atau tai, ane berharap Agan dan Sista hidup rukun dengan semua keluarga. Yang lagi berantem pada baikan, ye kan. Biar ga dosa masakan sama keluarga sendiri musuhan, ga seru ah. Buat para orang tua, ingat mereka anak-anak kalian semua jangan dibeda-bedakan. Dan buat calon orang tua, yang rukun ya sama saudara-saudara kalian, jangan didik anak-anak untuk bermusuhan dengan sepupu-sepupu mereka dari kecil.

Oke GanSis, ane harap pepatah itu hanya kalimat yang tertulis tapi tidak dirasakan oleh kalian semua, salam damai.

Foto : Pinterst
Sumber Opini pribadi
andrerain5
muyasy
tien212700
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
4.3K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan