Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Parijotho Tanaman Hutan, Cantik di Halaman




Parijotho adalah tanaman yang biasanya tumbuh di hutan liar, tanaman denga daun lebar agak tebal ini, selain bisa dijadikan hiasan di halaman ternyata sangat diperlukan pada saat acara-acara tertentu.

Hallo apa kabar Agan Sista semuanya pecinta tanaman di seluruh Nusantara, semoga hari ini tetap dalam keadaan sehat dan tetap semangat menjalani hidup ini.
Jumpa kembali di Thread Ane, tentang tanaman hutan, yang ternyata cantik juga di tanam di halaman rumah.

Namanya parijotho, buah dari tanaman ini sangat dibutuhkan ketika ada acara tujuh bulanan atau mitoni di kalangan orang Jawa, karena buah dari tanaman ini menjadi campuran pembuatan rujak tingkeb, yaitu rujak yang dicacah atau dicincang halus semua buah-buahannya.

Dalam tradisi mitoni atau hamil tujuh bulan di kalangan masyarakat Jawa, maka akan membuat rujak, yang namany rujak tingkeb. Nah buah parijotho yang berwarna pink ini, menjadi bagian dari isi dari rujak tingkeb tersebut.

Tanaman parijotho ini biasanya tumbuh di hutan-hutan. Tapi sekarang tanaman ini bisa dibudidayakan atau di tanam di halam rumah. Lihat lah dengan buah yang bergerombol itu menjadikan sedap dipandang. Warna merah mudanya sungguh memesona. Sekarang taman ini banyak dijual juga di pedagang tanaman. Ibu Irnani Rustiati adalah penyuka tanaman, hobby menanam dan merawat tanaman, termasuk tanaman parijotho ini, katanya bunga parijotho ini dulunya dibeli di daerah Pemalang.



Selain bisa dijadikan tanaman hiasan, buah parijotho ini banyak banget manfaatnya lho Gan Sis. Makanya orang-orang di sekitar Ane kalau ada ajara tujuh bulanan selalu menggunakan buah parijotho ini. Biasanya sih membelinya di tukang buah yang untuk rujakan itu, khusus tukang buah rujakan yang semua buah untuk bahan rujukan tersedia di sana.



Menanam tanaman parijotho juga tidak sulit kok Gan Sis, tinggal tanam busa di pot, di pollybag, atau pun di tanam langsung di kebun. Selain dapat diambil manfaatnya, tanaman parijotho ini bisa menambah indah pekarangan rumah kita.

Quote:


Rasa dari buah parijotho ini ada asem-asemnya, manis-manisnya juga ada rasa sepetnya, pokoknya rasa yang komplit deh. Bagaimana tertarik menanam tanaman parijotho. Atau malah belum pernah memakannya.

Okey deh Gan Sis sampai di sini Thread Ane tentang tanaman hutan yang ternyata banyak manfaatnya, bisa sebagai tanaman hiasan halaman rumah kita. Semoga Thread ini dapat diambil manfaat, sampai jumpa di Thread selanjutnya, tetap bahagia bersama orang-orang tercinta.

Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri Ibu Irnani

ini
cla.rissa
sunshii32
tien212700
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
3.2K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan