si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Baby TAR - Varian Terkecil dari AK47 yang Dibuat Oleh India
Pandemi Corona tak menyurutkan perkembangan senjata di berbagai negara di dunia, memasuki era new normal ini para produsen senjata mulai melakukan uji coba maupun melanjutkan pengembangn senjatanya. Pada kesempatan kali ini TS mau berbagi kabar baik dari Negeri Bollywood. Pada awal tahun ini, India sudah berhasil mengembangkan senapan serbu yang cukup kompak, di mana senapan ini dibuat dari basis senapan serbu legendaris AK47. Pihak produsen mengklaim bahwa senapan ini seukuran dengan laptop, langsung saja kita mulai pembahasannya gan sist.


Baby TAR

Nama senjata baru buatan India yang termasuk sebagai senapan serbu ini adalah Baby TAR,senjata ini diproduksi oleh perusahaan asal India yang bernama Indian Ordnance Factory. TAR sendiri merupakan akronim dari Trichy Assault Rifle, nama julukan 'Baby' diambil mungkin karena senapan ini berukuran mungil layaknya bayi. Sementara pihak pabrikan senapan memberi nama resmi TAR 3.

Desain senapan ini diambil dari desain AK47, akan tetapi senapan serbu ini terlihat lebih kompak dengan popor yang dapat dilipat. Pengembangan senjata ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2017. Pada perkembangannya proses riset dan uji coba senjata ini sempat terhenti saat pandemi.

Namun, belum lama ini Baby TAR sudah mulai diuji coba dan berhasil lulus dalam serangkaian uji coba di fasilitas Ordnance Factory Trichy (OF Trichy). Kini selusin purwarupa Baby TAR sedang menjalani serangkaian uji coba tak resmi bersama tim dari Angkatan Darat India. Kabarnya tiga purwarupa senjata masing-masing telah melewati fase penembakan lebih dari 2.000 peluru tanpa henti.




Ilustrasi: informalnewz.com


TAR-3 dibekali amunisi 7.62 x 39 mm yang sama dengan AK47, amunisi ini dipilih karena sudah diproduksi dan digunakan secara luas, sehingga memudahkan para negara yang berminat memilikinya kelak. TAR 3 juga menggunakan magazine kotak lengkung berisi 30 peluru seperti AK47. Perancang Baby TAR kemudian mengganti laras 16 inchi yang menjadi ciri khas AK47 dengan laras berukuran 8.6 inchi.

TAR-3 memiliki panjang 19.2 inchi dengan posisi popor terlipat, sedangkan bobot senapan serbu dalam kondisi tanpa amunisi 2.7 kg, satu kg lebih ringan dari AK47. Baby TAR mengadopsi monoblock receiver dengan material shockproof polymer pada komponen bagian bawahnya. Senapan serbu ini juga sudah dilengkapi dua picatinny rail yang dapat dipasangi alat bidik optik dan senter.




Ilustrasi: informalnewz.com


Para perancang TAR 3 mengatakan bahwa senapan serbu ini cocok digunakan untuk pasukan khusus dan pasukan kontra-teroris yang menginginkan senjata kompak dan tersembunyi tetapi punya daya tembak setara AK47.

Dikutip dari india.today.in (25/01/2021) dari hasil uji coba yang dilakukan, Baby TAR dapat menembakan empat magazine penuh atau sekitar 120 peluru tanpa ada panas berlebih pada larasnya. Sementara rata-rata tembakannya adalah 700 peluru per menit dengan jarak tembak efektif 150 m. Baby TAR dirancang dengan reflektor logam internal untuk mengisolasi bagian laras, ditambah pemasangan compact flash hider di moncong laras.




Peluru 7.62 x 39 mm, peluru yang dipakai Baby TAR sama dengan milik AK-47.

Ilustrasi: wikipedia.org


OF Trichy adalah salah satu perusahaan senjata di India yang sudah memproduksi AK47 secara massal. Sangat disayangkan senjata legendaris buatan Mikhail Kalashnikov tersebut tidak pernah dipatenkan, sehingga sang perancang senjata tidak pernah mendapat royalti dari jutaan AK47 yang sudah diproduksi di seluruh dunia.

Sebelum membuat Baby TAR, OF Trichy juga telah mengembangkan empat varian senapan mulai dari varian popor tetap, lipat samping, lipat bawah, dan teleskop. Negeri Bollywood saat ini memang sedang gencar melakukan pengembangan alutsista secara mandiri, dan Baby TAR merupakan wujud kemandirian India di segmen senapan serbu.

Hadirnya Baby TAR tentu membuat persaingan di segmen senapan serbu semakin menarik, kini ada banyak pilihan senapan serbu yang bisa dipilih untuk senjata para pasukan khusus di seluruh dunia. Kalau agan sendiri bagaimana ? Apakah kalian juga menyukai senapan serbu buatan India ini ? Jangan lupa nanti untuk berkomentar dibawah.




Ilustrasi: india.today.in


Baby TAR (TAR-3)

Negara Asal: India
Produsen: OF Trichy
Status: Uji coba bersama Angkatan Darat India
Dimensi Senjata: 8.6 (panjang laras), 19.2 inchi (saat popor dilipat)
Box Magazine: 30 peluru
Bobot: 2.7 kg tanpa amunisi
Peluru: 7.62 x 39 mm
Rata-Rata Tembakan: 700 peluru/menit
Jarak Tembak Efektif: 150 m



Demikian sedikit update tentang senapan serbu yang mulai diuji coba di India, semoga pembahasan kali ini nisa menambah wawasan baru untuk kita semua di bidang tembak-menembak. Jika agan dan sista menyukai tulisan ini
jangan lupa untuk rate 5, share, komen serta cendolnya. Sampai jumpa lagi di pembahasan alutsista yang lainnya, keep ngaskus emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: informalnewz.com, india.today.in, wikipedia.org
m4ntanqv
yusuf2210
tien212700
tien212700 dan 33 lainnya memberi reputasi
32
7.6K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan