abdulqzalaliAvatar border
TS
abdulqzalali
Bikin Penasaran, Emak-emak Ini Tajamkan Pisau yang Tumpul tanpa Diasah Sedikitpun!


Bak sulap, emak-emak ini beri tips tajamkan pisau dengan cara simpel!

Pisau merupakan salah satu benda yang memiliki satu sisi tajam, dan sisi lain tumpul. Benda ini dijadikan sebagai alat untuk memotong bahan makanan didapur seperti sayuran atau daging-dagingan.

Menjadi alat untuk memotong, pisau biasanya digunakan oleh kaum emak-emak didapur sebagai alat utama memasak. Karena memang pisau digunakan untuk memotong bumbu-bumbu yang tidak bisa dipotong oleh tangan langsung.

Oleh karena itu, pisau harus tajam dan mumpuni agar dapat memotong segala bentuk bahan makanan seperti bumbu mentah. Kalau tidak tajam akan sangat susah dan menjengkelkan bagi si pemakai.



Apalagi emak ane, pisau itu sudah kayak senjata utama dalam memasak. Kalau pisau tumpul bakalan bikin bad mood emak ane tuh. Bagaimana dengan emak agan dan sista sekalian? Apakah dirumah pisau gansis juga suka tumpul?

Namun jangan khawatir emak-emak selalu punya caranya sendiri untuk menangani segala masalah didapur, khususnya pisau tumpul ini. Seperti tips dari emak-emak dalam video berikut. Ini videonya gansis:

Spoiler for Videonya dimari Gan Sis:


video di atas di upload oleh akun instagram @lapargile yang ditonton lebih dari 66 ribu kali penayangan. Dalam video tersebut memperlihatkan tips singkat tentang bagaimana cara mengatasi pisau tumpul dengan cara yang amat sederhana dan cepat.

Dalam video tersebut terlihat salah satu emak-emak yang terlihat kesusahan memotong timun karena pisaunya yang tumpul. Lalu datanglah emak-emak lainnya berbaju pink sambil berjoget-joget merebut pisau tadi, dan menunjukkan cara mempertajam pisau kembali.

Emak-emak ini hanya memanaskan pisau tersebut diatas api sebentar sambil dibalik-balik, kemudian pisau tersebut digosok-gosokkan pada bagian bawah gelas kaca. Dan seperti sulap, pisau kembali tajam ketika digunakan untuk memotong mentimun tadi.




Usut ane usut dari video tersebut, ternyata ini merupakan cara menajamkan pisau yang sudah ada sejak zaman dulu. Bahkan orang tua dulu ketika tidak punya batu asah, sesuatu yang berbahan keramik bisa dijadikan asahan penajam pisau.

Cara yang digunakan emak-emak ini memang terbilang aneh, anti mainstream, atau bahkan mustahil ya kalau dipikir-pikir. Namun begitulah adanya ketika pisau dipanaskan dan digosokkan ke gelas keramik, maka akan memberi ketajaman pada pisau tersebut.

Ane pun jadi penasaran dan mencobanya dirumah. Dan hasilnya, wow! Memang benar bisa gansis. Namun dengan syarat pisaunya jangan terlalu lama dipanaskan. Dan juga gelas yang berbahan keramik ya gan. Soalnya yang ane coba dan berhasil adalah bahan keramik.

Bagaimana agan dan sista tertarik untuk mencobanya? Kalau masih tidak percaya dengan melihat cara ini silahkan dicoba. Dan bagi agan dan sista yang sudah pernah mencoba atau sering melakukan ini, selamat anda sudah duluan dari ane.

Nah dari video di atas ane penasaran, sebenarnya kenapa sih kok bisa gelas mampu menajamkan pisau? Makanya ane searching dan mendapatkan penjelasannya yaitu begini gansis:

Pertama, secara garis besar bahan baku yang dipergunakan untuk membuat keramik terdiri atas 3 macam (triaxial), yaitu Tanah liat (clay), Pasir, Feldspar.

Kedua, pisau stainless steel biasanya terbuat dari feritik atau martensit. Untuk membuat pisau yang memiliki retensi tepi yang layak, nilai martensitik dan feritik stainless steel perlu memiliki tingkat karbon yang cukup tinggi agar bisa mencapai kekerasan yang tinggi.

Ketiga, metode pengasahan. Karena kedua bahan tersebut dipertemukan/digesekkan, maka akan membuat salah satu bahan tergerus dan akhirnya tajam.

Nah itu dia gansis semoga kita dapat pelajaran dari video di atas, jadi apa tanggapan kalian tentang ini gansis? Komen di bawah ya dan terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Opiniku abdulqzalali
Referensi & gambar: a, b, c
ujellyjello
pein666
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
6.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan