0wlcelepukkkAvatar border
TS
0wlcelepukkk
Kenapa Bukan Jenderal Soedirman yang Menjadi Presiden?
Hello gan kembali lagi di thread ane, semoga agan semua sedang dalam keadaan yang sehat. Oke gan kali ini ane bau bahas tentang kenapa si bukan jenderal soedirman yang jadi presiden, secara beliau kan panglima perangnya.


sumber
Kenapa ane tiba tiba bertanya seperti itu? Karena biasanya pemimpin perang kemerdekaan adalah orang yang akan menjadi pemimpin pertama suatu negara kalau kita  berkaca pada presiden pertama amerika serikat yaitu george Washington yang merupakan panglima perang bagi amerika serikat ketika memukul mundur pasukan kerajaan inggris.

George washington memimpin para Patriot dalam perang kemerdekaan untuk mengusir Inggris, dan ikut dalam Konvensi Konstitusional pada 1787 sebagai dasar pemerintahan Amerika serikat. Atas jasanya, dia ditunjuk sebagai presiden pertama Amerika serikat, dan memerintah selama dua periode sebelum pensiun pada 4 Maret 1797.

Jenderal Soedirman dan George Washington dalam hal ini memiliki posisi yang sama yaitu menjadi panglima perang dalam pasukannya. Dalam hal ini george washington atas jasanya ditunjuk menjadi presiden amerika serikat. Namun tidak halnya dengan panglima besar kita jenderal soedirman yang kala itu memilih mundur dari jabatan panglimanya setelah Indonesia benar benar merdeka dari kerajaan belanda.

Setelah ane merenung mungkin ini adalah beberapa alasan kenapa Jenderal Soedirman tidak menjadi presiden:

1. Tidak mau berpolitik

Jenderal soedirman adalah sosok pejuang sejati seorang tentara, jenderal besar republik indonesia. Hidupnya sudah diwakafkan untuk rakyat indonesia. Sehingga setelah kemerdekaan jenderal sodirmn berdiri paling belakang.

2. Jenderal Sakit Keras

mungkin ini juga menjadi alasan yang kuat, dengan sakit yang diderita oleh jenderal soedirman mungkin lebih baik jabatan tersebut dipegang oleh orang lain.

Dalam hati kecilku, Jenderal Soedirmn layak menjadi Presiden Pertama layaknya George Washington yang menjadi Presiden pertama Amerika Serikat. Dengan segala perjuangan yang beliau lakukan tentunya sudah selayaknya mendapatkan pucuk pimpinan tertinggi.



Quote:
Diubah oleh 0wlcelepukkk 07-03-2021 00:29
radeneca
tien212700
tien212700 dan radeneca memberi reputasi
2
1.2K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan