GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Bukan Cuma Manusia, Inilah AI Psikopat Pertama Didunia

emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini kita bakalan membahas sebuah teknologi AI yang diklaim sebagai AI psikopat pertama didunia. Jika, pada umumya psikopat itu dimiliki oleh manusia tapi para peneliti ini berhasil membuat AI yang bersikap layaknya psikopat. So, langsung saja kita bahas.

Norman, sistem kecerdasan buatan (AI) yang dibuat oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), hanya memikirkan tentang pembunuhan. Alasannya karena Norman telah dilatih secara khusus sebagai psikopat. Norman, seperti AI lainnya yang telah kita lihat di zaman sekarang, dilatih melalui metode pembelajaran mesin di mana sistem komputer AI diberi makan sebagian besar kumpulan data tertentu. Bias dalam kumpulan data dapat menyebabkan AI menjadi kacau. Kita dapat melihat itu paling jelas dalam kasus Microsoft Tay, yang mengambil bagian terburuk dari kemanusiaan.


Dengan kasus Norman, secara khusus melatih AI dengan teks gambar yang gelap dan penuh kekerasan tujuannya  menunjukkan apa yang terjadi ketika model AI dengan sengaja diberi data yang salah atau saat ada bias dalam kumpulan data yang digunakan untuk melatih model. Dalam kasus Norman, para peneliti mengandalkan keterangan gambar dari subreddit yang terkenal  Jadi, sumber utama data Norman adalah teks gambar kekerasan. 

Untuk memetakan tendensi psikopat Norman, studi MIT mencocokkannya dengan jaringan syaraf teks gambar standar, yang tidak terpapar gambar kekerasan semacam itu. Bot dibedakan berdasarkan tes bercak tinta Rorschach, alat populer yang mengukur ciri-ciri kepribadian.

Di seluruh tes noda tinta, Norman terbukti memiliki kecenderungan negatif dibandingkan dengan rekan AI lainnya. Misalnya, dalam tes pertama Rorschach Inkblot, ketika AI standar memperhatikan sekelompok burung duduk di atas pohon, Norman melihatnya sebagai seorang pria disetrum dan mati ditangkap. Demikian pula, Rorschach Inkblot kedua menunjukkan rekaman AI standar close up vas dengan bunga, Norman mengamatinya sebagai seorang pria ditembak mati.


Hasil dari bot MIT ini menunjukkan bahwa algoritme pembelajaran mesin itu sendiri mungkin bukan alasan bot tidak berfungsi. Gagasan tentang bias dalam kumpulan data yang diumpankan ke banyak sistem berbasis pembelajaran mesin bukanlah hal baru. Faktanya, Google dalam prinsipnya AI, mengatakan akan mencoba dan menghindari bias saat membuat AI dan sistem pembelajaran mesin. Norman adalah salah satu contoh bagaimana teknologi berbasis AI bisa salah total jika datanya memungkinkan untuk hal yang sama.

Sumber referensi : Pribadi & Disini

Sumber gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca

 


ziont
fc88
tien212700
tien212700 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
8K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan