CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602211e8c9ab4741903e8543/apa-bener-kalo-kita-berhutang-kepada-orang-tua-menurut-agan-gimana

Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?

Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
Kalau prinsip gw simpel, kalau kita ga bisa ngasih ke ortu kita, setidaknya kita ga nyusahin mereka, yang parah itu udahnya ga bisa ngasih/bantu pake nyusahin pula...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-2 Jempol
Ane kadang bingung, ada ortu yang suka bilang durhaka ke anaknya, padahal dia(ortu) sama sekali ga pernah ngurus tuh anak dari kecil sampe dewasa, giliran anaknya ngomong agak keras ke dia(ortu) dia(ortu)bilang durhaka ke anaknya...durhakanya dimana ?!
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Maksudmya kok ngk ngerti gw, jadi karena ortu elo bluffing terus elo nganggep kalo elo ada hutang ama ortu lo ? Ortu bluffing atau overproud ama anak itu WAJAR WOI, kalo elo ngk bisa wujudin kebohongan itu jadi kenyataan berarti yasudah kemampuan elo itu cuman segitu. Ngk ada mau usaha lo buat bikin bangga ortu ? Itu urusan lo, tapi ortu lu ngk pernah maksa maksa kan.
profile-picture
DikaMonster memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
approved.. Orang tua memang paling bertanggung jawab dengan hadirnya manusia baru di bumi..
Semoga anak agan sehat selalu dan keluarga bahagia selalu,, semangat emoticon-Smilie
Gue mau cerita nih..

Untuk2 tmn2...


Anak bukanlah investasi, bukan emas yang ada nilai rupiahnya. Krna kl kalian mikirnya gtu, kl Tuhan manggil anak kalian duluan.. sedih campur rugi..


Krna rasa batin dicampur investasi hidup itu bisa susah nyembuhinnya..


Padahal Tuhan sang pencipta, jd maut bisa dateng kpn aja.


Mertua ane sedih bgt ditinggal suami ane atau anaknya si bapak meninggal, udah sedih trus keknya bpk mertua ane kaya ngerasa rugiii bgt udah ngeluarinn modal bnyak, buat biaya pendidikan sama punya gelar, nikahin di rame2in dibela2in pke gedung.. padahal hidup jg pas2an bgt

tiba2 sang anak dipanggil Tuhan duluan diusia muda, disaat anak blm bisa ngasih2 apa2 ke orang tuanya

Si bapak ini keknya masih mikir anak adalah investasi, jd pas ditinggal dan ga sesuai ekspektasi sedihnya luar biasa...


Ane bingung gan, ngadepinnya

Suaah bgt kl apa apa serba duit
profile-picture
DikaMonster memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kewajiban ortu utk ngurus anaknya, begitupun sebaliknya. Sebagai anak harus berbakti.

Tp misalnya ada contoh. Ketika ortu kita salah satu ada yg meninggal, lalu akhirnya yg masih hidup pengen nikah lagi. Tp disisi lain kita sebagai anak gak setuju dengan pernikahan tsb. Apa yg kita lakukan? Kalo ane ambil jalan tengah aja sih. Ane tetap gak setuju, tp gak menghalangi niat ortu utk melangsungkan pernikahan. Dengan catatan selama pernikahan tsb baik.
ane pernah liat komen kaskuser intinya begini:
bukan anak yang minta dilahirin didunia, tetapi itu keputusan orang tua untuk punya anak.

ya berarti nggak hutang gan
profile-picture
takseindahnama memberi reputasi
bukan berhutang sih gan klo menurut ane,, tp entahlah juga kalo menurut orang tua gmna,, soalny ortu tiap orang beda2 pola pikir nya ada jg yng anggep anak ny berutang, ada jg ngga,,
Kalo ane sih selagi utang nya dibalikin dan tanggung jawab nga salah juga gan 😁
Ts kok punya pendapat kalau anak berhutang ke orangtuanya dari mana??
Sebenernya setiap orang tua itu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, dan itu dilakukan oleh mereka dengan ikhlas tanpa mengharapkan balas budi dari sang anak. Tinggal bagaimana anaknya saja membalas dari kebaikan yang orang tua berikan, tidak usah dengan harta benda tapi dengan berperilaku baik dan perhatian saja orang tua sudah begitu senang.
Kita berhutang banyak sekali, baik itu uang, kasih sayang, perhatian, bahkan mungkin juga nyawa. Mereka nggak nagih hutang kita semata-mata karena mencintai kita. Jadi plis jangan sekali-kali kurang ajar, marah apalagi bentak orangtua. Besar dosa kita karena Tuhan percayakan mereka untuk rawat kita.

Ada yang bisa balas kasih sayang orangtua? Ane jamin ga ada. Memang ga ada orangtua yang sempurna, tapi kita wajib menghormati mereka dan menerima mereka apa adanya.

Dah gitu aja.
ya tergantung gmn masing2 berpikirnya
sebagai anak kita emang harus berfikiran punya hutang kepada orang tua kita, dan sampai kapanpun tak akan bisa membalas hutang itu..
sebaliknya sebagai orang tua, sebaiknya semua yg telah diberikan kepada anak tidak mengharapkan imbalan yg berlebihan, karena anak itu bukan semata mata investasi
menurut ane sih selama kitanya sadar buat ngebayar kewajiban hutang sih nggak apa apa ya
Ya gmn ya.. tau diri aja jadi anakbyeesss. Tp ortu tetep ikhlas kok
jedjak emoticon-Paw
uda hakikatnya orang tua utk merawat, memberikan kasih sayang, mendidik anaknya

tapi dilain sisi jadi anak ya harus mengerti juga, ketika uda dewasa uda sepantasnya tidak membebani orang tua yang mungkin sudah sibuk menyiapkan masa pensiun mereka

jangan jadi beban ortu mulu, no life dst dst
Halaman 4 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di