Jennie666Avatar border
TS
Jennie666
SEREM atau Menajubkan Gan! Fenomena Yang Tidak Biasanya diatas Langit



Selamat malam penghuni KASKUS sekalianemoticon-Big Grin
Disini ane hanya ingin membagikan sebuah moment yang mungkin saja serem atau bahkan tampak menajubkan bagi sebagian orang. Langsung saja tanpa basa basi lagi ke intinya.
Full picnya dibawah ya ganemoticon-Wink

Seorang fotografer SØREN SOLKÆR menggambarkan awal musim gugur di Denmark sebagai kekal. Saat langit semakin gelap menjelang matahari terbenam, waktu berhenti. Namun momen abadi ini kadang-kadang disebabkan oleh fenomena yang sedikit lebih jarang daripada matahari terbenam yaitu dengan ratusan ribu burung jalak berkumpul untuk menonjolkan kegelapan malam yang tak terelakkan dalam formasi terbang yang disebut murmurasi.

Orang Denmark menyebut gumaman sebagai “matahari hitam”, yang diadopsi Solkær sebagai judul buku fotonya yang ditujukan untuk burung jalak Eropa. Dia mulai mendokumentasikannya di Denmark pada 2017 dan sejak itu melakukan perjalanan ke Inggris, Jerman, Belanda, Italia, dan Catalonia di Spanyol utara untuk mengikuti migrasi mereka ke Eropa selatan pada musim gugur.

Solkær menangkap momen paling rumit dalam penerbangan mereka saat dia membekukan gerakan burung jalak dengan menggunakan ISO yang sangat tinggi antara 10.000 dan 15.000. (ISO mengacu pada sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya; ISO tinggi memungkinkan fotografer untuk menangkap lingkungan yang lebih gelap sambil tetap dapat menggunakan kecepatan rana yang cepat.) Karena senja berlangsung begitu lama di utara sejauh ini di musim panas dan awal musim gugur, saat matahari jarang sepenuhnya terbenam, ini satu-satunya cara Solkær dapat memotret struktur kawanan yang selalu berubah. Dari 120 gumaman yang didokumentasikannya, kebanyakan berdurasi beberapa detik dan hanya enam yang berlangsung hingga 30 menit.


Quote:



Bagian murmurasi yang paling rumit dan misterius ini terjadi ketika predator memasuki bingkai, yang hampir mustahil untuk dilihat dengan mata telanjang. Bergantung pada kepadatan kawanan dan kecepatan predator, reaksi burung jalak dapat mengambil banyak pola pelarian, termasuk terbang keluar untuk menciptakan vakuola — ruang kosong. Atau mereka mungkin terbang dengan cepat ke satu arah, menghasilkan denyut melalui kawanan yang menyerupai gelombang. “Hanya ketika mereka diserang oleh predator, terutama elang, barulah mereka membuat gambar yang menakjubkan di langit,” kata Solkær.

Bentuk burung jalak yang ingin bertahan hidup juga dapat digunakan untuk membingungkan predatornya. Setiap burung akan meniru gerakan tetangga terdekatnya, mengarahkan punggungnya ke arah predator.

Murmurasi di enam lokasi yang telah dilalui Solkær serupa, tetapi jumlah predator di wilayah tertentu di Eropa akan memengaruhi variasi bentuk yang dapat difoto oleh Solkær.

Quote:



Meskipun Solkær tersesat karena gumamannya yang cepat berlalu, dia tidak akan pernah melewatkan kesempatan untuk menangkap mereka. “Kadang-kadang saya pulang dengan seribu gambar dan saya tidak tahu persis apa yang telah saya potret, karena burung-burung itu bergerak sangat cepat. Ini adalah bentuk organik yang terus berubah. “ dia berkata. “Sangat, sangat indah.”




Spoiler for pic2:




Spoiler for pic3:


Spoiler for pic4:



Spoiler for pic5:




Spoiler for pic6:




Spoiler for pic7:




Spoiler for pic8:




Spoiler for pic9:




Spoiler for pic10:







Bagaimana menurut agan dan aganwati sekalian jika ini juga terjadi di negara tercinta kita Indonesia?emoticon-Ngacir

ekosisimbah
fc88
tien212700
tien212700 dan 33 lainnya memberi reputasi
32
6.8K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan