Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Beberapa Tips Merawat Toyota Corolla Altis, Mobil Impian Masa Depan
Beberapa Tips Merawat Toyota Corolla Altis, Mobil Impian Masa Depan
sumber gambar ini

Hallo Apa kabar Agan Sista semuanya, semoga hari ini biar hujan mengguyur bumi masih tetap semangat, bahagia dengan keluarga tercinta dan selalu berharap hujan ini membawa berkah, Aamin.

Di Indonesia Toyota Corolla Altis kini masuk ke dalam segmen premium, generasi mana sih yang gak familiar sama mobil sedan yang satu ini tentunya semuanya sudah pada tahu dong pastinya apalagi pencinta automotif. Beruntunglah yang telah memiliki Mobil Toyota corolla Altis ini. Mobil yang menawarkan Perawatan murah, mobil yang tangguh, performa yang sangat bagus, dan bentuknya pun cantik dan menarik tentunya dengan warna yang elegan juga. Kalau dilihat dari kelebihannya, desain Toyota Corolla Altis sangatlah menarik. Sporty dan elegan pastinya. Tarikan bawahnya responsif abis, fitur keselamatan dan audionya juga nomor wahid deh. Makanya mobil ini bisa dinamakan mobil impian masa depan Gan Sis, yang belum memiliki mobil ini bisa ngimpi dulu dah, yang namanya ngimpi kan sah-sah aja nggak bayar lagi. Siapa tahu suatu saat nanti bisa memiliki mobil ini. Yang penting usaha dan bekerja keras jangan lupa Gan Sis disertai doa tentunya. Semoga suatu saat nanti keingin kita bisa dikabulkan.

Beberapa Tips Merawat Toyota Corolla Altis, Mobil Impian Masa Depan
sumber gambar ini

Mobil Toyota Corolla Altis yang setiap harinya digunakan dan selalu dipakai untuk menunjang aktivitas baik bekerja, jalan-jalan, bersama keluarga tercinta tentu saja pun kegiatan rutin lainnya. Untuk menjaga agar performa mobil Corolla Altis tetap maksimal haruslah memperhatikan beberapa aspeknya. Nah ini penting banget Gan Sis, mosok punya mobil nggak di rawat, wong muka aja ya kudu dirawat, pake skincare tentunya, pakenya juga yang cocok yang pas gitu lah, mosok mau pake yang abal-abal nggak banget deh.

Terkadang kondisi jalan pun yang tidak bisa kita prediksi apalagi jalanan yang berlika-liku naik turun, membuat kita harus tetap menjaga kinerja mobil tetap stabil, ditambah lagi cuaca panas yang membuat sistem pendinginan mobil harus bekerja dengan ekstra keras. Ane mau berbagi beberapa tips cara merawat mobil Toyota Corolla Altis agar tetap fit saat diajak beraktivitas :

1. Cek koindisi oli mesin dan cairan lainnya. Kapan waktu menggantinya?
Oli mesin ini bertugas melumasi, melindungi, dan membersihkan komponen yang ada didalam mesin yang saling bergesekan, seiring berjalannya waktu pemakaian oli mesin juga akan berubah menjadi lebih kental kalau sudah seperti itu oli mesin tidak lagi bisa bekerja secara optimal. kondisi paling ringannya adalah tarikan mesinnya akan terasa berat yang akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar akan menjadi boros dan paling parahnya bisa mengakibatkan mobil mengalami turun mesin karena kondisi komponen mesin rusak parah. Nah kalau turun mesi nih kudu ngeluarin bajet yang nggak sedikit, makanya kudu rajin deh cek oli, jangan sampai telat, mau ngirit eh jadinya malah ngorot nyesel banget kan kalau udah kejadia gitu.

Untuk mengetahui kondisi takaran dan kekentalan oli mesin ini bisa dilakukan sendiri dirumah dengan cara dilihat dari dipsticknya atau dengan membawanya ke bengkel resmi Toyota terdekat di kota agan dan sista tinggal dengan melakukan service rutin secara berkala.
Nah mestinya kudu rajin juga nih, ke bengkel resminya, apalagi kalau punya kontaknya jadi lebih mudah kan, tanya masih penuh apa nggak bengkelnya. Jadi nggak buang-buang waktu nunggu lama-lama.

Jika ingin mobil Toyota Corolla Altis agan dan sista selalu dalam kondisi prima, ganti oli mesin sangatlah penting yang gak boleh dilupain deh karena oli mesin ini merupakan salah satu komponen vital untuk menjaga mesin agar dapat bekerja secara optimal. ganti oli mesin ini sebaiknya dilakukan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Nah ini juga penting banget lho Gan Sis kudu diingat betul cek olinya.

2. Selain oli mesin banyak juga jenis cairan lain yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima, seperti minyak rem, minyak kopling manual, oli power steering, air radiator, bahkan hingga cairan pembersih wiper yang harus dikontrol secara rutin. Ada juga oli transmisi, baik manual atau pun otomatis, yang punya masa penggantian lumayan panjang agar tidak terlupakan, untuk itu selalu bawa mobil kesayangan agan dan sista ke bengkel resmi Toyota dengan membawa catatan buku servis berkala. Buku servis ini juga penting banget, karena ada catatan kondisi mobilnya Gan Sis, jadi tahu apa-apa yang dibutuhkan, oleh mobil kesayangan kita ini.

Beberapa Tips Merawat Toyota Corolla Altis, Mobil Impian Masa Depan


3. Cek kondisi ban dan kaki-kaki
Lakukan pengecekan rutin pada ban, minimal dengan memastikan tekanan angin ban sudah sesuai. Periksa juga ketebalan ban sekaligus bersihkan bila ada kerikil yang tersangkut. Lalu periksa juga dinding ban jangan sampai ada benjolan. Lihat bagaimana pola keausan telapak ban. Kalau tidak rata akan ada potensi masalah di kaki-kaki mobilnya. Ini juga peting Gan Sis tahu biar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan tunda lagi untuk mengganti ban bila dirasa sudah tidak layak pakai lantaran ban punya tugas berat untuk menopang dan mengendalikan laju mobil. Ingat, nggak main-main soal ban nyawa taruhannya jika Anda menyepelekan mengganti ban. Jadi perlu diingat juga kapan saat yang tepat harus mengganti ban, pokoknya kudu waspada lah, jangan sepelekan yang satu ini.

Setelah memeriksa kondisi ban, jangan lupa mengecek juga kondisi kaki-kaki mobil periksa shock absorber atau sokbrekernya pastikan kondisinya baik tidak ada masalah seperti kebocoran. dan periksa juga komponen kemudi untuk memastikan tidak ada kendala seperti ada karet bushing yang rusak atau sambungannya. Segera ganti komponen sparepart apabila ada masalah. lakukan spooring dan balancing secara teratur setiap tahun dibengkel-bengkel terpercaya atau lebih baik lagi di bengkel resmi Toyota. Emang lebih baiknya yang di bengkel resmi Toyota biar sreg di hati, nggak ragu-ragu lagi lah, untuk mendapatkan yang terbaik tentunya.

4. Periksa lampu-lampu bagian depan dan belakang, ini juga penting banget Gan Sis.
Coba cek nyalakan lampu utama dan lihat apakah lampu tersebut berfungsi dengan baik. Cek juga lampu jauh atau lampu dim, dan cek juga lampu kabut atau foglamp. Untuk pengecekan mendetail bisa juga periksa soket-soket dan kabel-kabel dari risiko rusak mengingat akan ada potensi bisa terbakar atau korslet bahkan terputus karena digigit oleh hewan pengerat seperti halnya tikus. Kan bahaya banget tuh Gan Sis, pokoknya kudu jeli, sekali lagi kudu jeli dan teliti deh.

Jangan lupa juga cek lampu-lampu bagian belakang terkadang suka terabaikan. Padahal dibagian belakang ini ada lampu yang sangat penting seperti rem, lampu mundur dan lampu sein. Lampu-lampu tersebut yang bertugas memberi isyarat pada kendaraan lain yang ada dibelakang mobil kita. Jangan sampai sein lampu sein mobil mati kasihan pengendara lain yang berada di belakang kita, kalau lampunya udah bagus janga sein kanan belok kiri, kebiasaan emak-emak banget, tapi nggak mau salah. Iyalah emak-emak kan selalu benar. Jadi lampu sein intinya kudu diperhatikan banget ya Gan Sis.

Mungkin itu saja tips yang bisa saya sampaikan dalam hal perawatan Mobil Toyota Corolla Altis, tak lupa juga saya sarankan untuk tetap menggunakan sparepart asli Toyota apabila ada komponen yang harus diganti jangan pakai yang abal-abal entar niaynya ngirit jatuhnya kadi ngorot deh. Untuk mendapatkan komponen sparepart asli Toyota. Nah ini yang terakhir dan kudu juga diingat Gan Sis semuanya, pastinya kunjungi bengkel resmi terdekat yang ada di Kota-Kota agan sista semuanya semoga bisa bermanfaat tips nya.

Jangan lupa bahagia bersama orang-orang tercinta, bersama Toyota Corolla Altis, mobil impian masa depan. Sekian Thread dari Ane, sampai jumpa di Thread selanjutnya bye ... bye ...

Opini pribadi
Sumber gambar dan referensi
ini


Diubah oleh trifatoyah 06-02-2021 10:48
kanekimv
wawing
tien212700
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
3.6K
266
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan