Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mpmedianewsAvatar border
TS
mpmedianews
Semua Fraksi DPRD Sepakat Copot Anies dari Gubernur


MerahPutih.com - Akun Facebook bernama Farida Noor membagikan sebuah unggahan di grup bernama “Jokowi yang terbaik M”, disertai dengan link menuju akun YouTube “SKEMA POLITIK”.

Posting-an itu dimaksudkan untuk memberitahukan publik, semua fraksi DPRD DKI sepakat untuk mencopot Anies Baswedan.

Ia juga memberikan link sebuah video yang berjudul “Semua Fraksi Sepakat Copot Anies, Jokowi Beri Restu!? ~ Berita Terbaru”, untuk menguatkan klaimnya.

NARASI:

Video berdurasi 11 menit 40 detik dengan judul “Semua Fraksi Sepakat Copot Anies, Jokowi Beri Restu!? ~ Berita Terbaru”.

Thumbnail dalam video

AKHIRNYA

GERINDRA BALIK ARAH

SEMUA FRAKSI SEPAKAT COPOT ANIES

FAKTA:

Setelah dilakukan penelusuran fakta dengan pemutaran video berdurasi 11 menit 40 detik, diketahui narasi dalam video tidak menyebutkan sama sekali kalau semua fraksi sepakat untuk mencopot Anies.

Di menit pertama hingga 00:06:16 berisi cuplikan-cuplikan siaran Presiden Jokowi bersama rapat kabinet untuk mendesak seluruh jajarannya agar tidak lengah dalam penanganan pandemi COVID-19, di beberapa cuplikan terlihat Presiden Jokowi akan memberikan sanksi tegas bagi menteri, pejabat, dan birokrat yang tidak serius dalam menangani pandemi.

Setelah itu, narasi pada menit ke-00:06:27 hingga 00:09:16, ditemukan sama persis dalam artikel berita dari netralnews.com yang berjudul “Heboh DPC Gerindra Minta Gubernur Anies Mundur, AA: pendukung Kini Sadar Memang Tak Berkualitas”.

Kemudian narasi pada menit 00:09:17 hingga akhir ditemukan sama persis dalam artikel berita dari rmoldkijakarta.id yang berjudul “Minta Anies Mundur, Pemuda Muhammadiyah DKI Desak Ketua DPC Gerindra Jaktim Dipecat”.

Meski begitu, dalam kedua artikel tersebut, sama sekali tidak menyebutkan bahwa semua fraksi sepakat mencopot Anies.

Adapun narasi yang diungkapkan seputar Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis yang meminta Gubernur Anies untuk mundur, hal ini karena dianggapnya bahwa Gubernur DKI tersebut tak mampu mengendalikan penyebaran COVID-19 di Jakarta.

KESIMPULAN:

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan klaim akun Farida Noor adalah hoaks dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.


Sumber: Link
nomorelies
menarasuar994
Noe21
Noe21 dan 6 lainnya memberi reputasi
-3
1.2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan