CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6019734482d4952e197e4f88/betawi-bedol-desa-di-senayan-hingga-kisah-tebet-menjadi-tempat-orang-kaya

Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya



Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya

Siapa yang tidak tahu komplek olahraga senayan, yang sekarang berganti nama menjadi Gelora Olahraga Bung Karno. Masih terekam manis kisah perjalanan stadion megah di Indonesia ketika baru beberapa tahun Indonesia merdeka, perhelatan Asian Games IVdi tahun 1962.

Senayan kini berada di pusat kota dan banyak gedung tinggi yang mengelilinginya, senayan berubah dengan banyaknya mall mewah, graha niaga, taman hiburan, hotel sultan dan berbagai macam tempat bisnis lainnya.

Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya

Dibalik kemewahan senayan dan proyek ambisius Sukarno tentu meninggalkan kisah yang menarik didalamnya, untuk membuat komplek olahraga yang sangat luas dan juga besar tentu pemerintah membuat blue print yang tidak bisa dianggap remeh.

Dimulai perencanaan membangun senayan dari tahun 1959, bisa dibilang rencana ini tak akan bisa tanpa adanya penggusuran rumah warga. Maka bida dibilang ini adalah penggusuran pertama kali yang dilakukan pemerintah Indonesia.

Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya

Disini masyarakat Betawi di 4 kampung mau tidak mau harus dipindahkan dan digusur oleh pemerintah, dikenal dengan istilah Betawi Bedol Desa. Kampung-kampung itu bernama Kampung Senayan, Petunduan, Bendungan Udik, dan Pejompongan dimana luas kampung yang akan terkena proyek senayan itu mencapai 360 ha.

Mereka semua pun di alokasikan kw daerah baru, kira-kira 10km dari senayan yaitu di daerah Tebet. Yang menariknya penggusuran itu tak ada yang namanya penolakan, semua masyarakat setuju karena yang dilakukan pemerintah saat itu bukan ganti rugi tapi ganti untung.

Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya

Maka kawasan Tebet pun ramai dengan masyarakat penggusuran, perlu di ingat Tebet saat itu bukan seperti sekarang di tahun 1960an daerah Tebet masih jalan tanah yang belum teraspal.

Masih banyak pematang sawah, kebun dan juga rawa. Kampung itu masih jarang penduduknya, akibat Bedol desa 4 kampung tadi kawasan Tebet pun ramai dan menjadi kawasan padat penduduk.

Tebet itu awalnya banyak daerah rawa karena dekat dengan sungai ciliwung, dan dijadikan daerah resapan air hujan. Akibat bedol desa itu rawa-rawa pun diuruk agar bisa menjadi tempat pemukiman warga, dimana pemerintah memberikan uang dan menyiapkan ribuan kavling tanah untuk dibangun rumah oleh pemerintah.

Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya

Tentu saja warga gusuran ini senang bukan kepalang, sudah dapat tanah dapat uang yang nominalnya disebut menguntungkan. Zaman itu tukang sunat dana negara sepertinya belum lahir.

Maka masyarakat di Tebet banyak dibilang OKB alias Orang Kaya Baru, dan dikenal tahun 1970an sebagai warga gusuran senayan. Namun efeknya jadi banyak rampok akibat warga gusuran senayan ini punya uang banyak, maklum warga masih menyimpan uang mereka di rumah bukan di bank.

Hal ini membuat mereka tak betah dan menjual kavling mereka dengan harga murah, lalu warga Betawi sendiripun hijrah ke Bogor dan Depok.

Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya

Disini Tebet menjadi lebih heterogen, karena semakin sedikit warga Betawinya dan lama-kelamaan daerah Tebet seperti yang kita lihat saat ini penuh sesak dan tempat kongkownya anak muda. Mereka yang punya rumah di Tebet juga rata-rata orang lumayan berada.

Lantas bagaimana dengan Senayan? Seperti yang kita lihat stadion megah itu tak bisa memberikan piala untuk kemenangan timnas di pentas manapun. Mungkin senayan menangis, karena bangsa Indonesia ini seting ribut tentang isi perut.

Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya

Padahal Sukarno pernah berkata,

Quote:


Silahkan dicaci maki tulisan ini sesukanya, see u next thread.


emoticon-I Love Indonesia

Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 2
mau membangun infrastruktur emang butuh lahan. mau ga mau harus menggusur. yang jadi pertanyaan sekarang, gimana agar semua pihak bisa puas? baik pihak pemerintah, pihak penikmat infrastruktur, maupun pihak yang digusur.
profile-picture
profile-picture
kankenkinkunkon dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Waaah... Ane sukak pengetahuan...
Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya
Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
kisah orang terkaya indo gimana sih?
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
jadi inget episode Si Doel Anak Sekolahan..

Babe dan keluarga ziarah ke leluhur mereka yang dulunya adalah daerah yang sekarang menjadi Stadion Utama Gelora Bung Karno. Di sana, mereka menggelar tikar. Di saat bersamaan, ada sejumlah orang sedang berlatih sepak bola. Saat Babe asyik bercerita tentang masa kecilnya, si pelatih bola meminta mereka untuk meninggalkan lapangan. Babe yang kesal diusir sempat menjawab sambil berlalu. "Latihan... latihan, latihan mulu, menang kagak"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pianpido dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Wah ane Baru tau Gan, makasih infonya emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Beda ya sama yang bangun waduk gajah mungkur dan peternakan tapos....
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Waw kata-kata bapa Soekarno bikin ane merinding
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Kapan ya bisa punya rumah di Senayan emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Jelas gak menolak kalo ganti ruginya kaya gitu sih. Tapi apa pemerintah gak rugi yak emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
INQ5621 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Oh iya ane keinget filmnya si doel pas bang sabeni sekeluarga dia ke lapangan senayan (gbk) rame rame buat nyekar. Dia bilang itu dulu tempat kampung emak bapaknya bangsabeni.hahahah oh ternyata emang dulu itu kampung orang2 betawi ya sebelum didiriin stadion.hehehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aripmaulana dan 2 lainnya memberi reputasi
Emang musti punya landmark kalau mau gampang diinget sama orang luar, bisa gedung, bisa patung atau bangunan unik tertentu..

Krn jaman dulu blm umum namanya pariwisata

Quote:

Ini pembangunan yg paling gw merasa aneh..
Kenapa gak dibuat underpass?
Kenapa dibangunnya malah flyover?
Hilang sudah keanggunan patung dirgantara..
Apalagi sekarang bisa jadi taman kecil yg bagus kalau gak ada flyover
Betawi Bedol Desa Di Senayan, Hingga Kisah Tebet Menjadi Tempat Orang kaya
Memang pantas cang ato disebut "bapak pembangunan"
Pembangunan serampangan tanpa plan jelas..gak memperhatikan rencana tata ruang kota sepertinya emoticon-Big Grin

Quote:

MRT Tebet? Bukannya MRT baru jalur selatan-pusat (akal bulus-bunderan HI)?
Setau gw sih tebet LRT
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Madthink
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Tetangga tetangga gue skrg cmn 1-2 orang yg Betawi
Sisanya udah pada pindah ke Depok, Bojong, Pamulang
Yg masih lumayan banyak itu di daerah Kebon Baru atau Bukit Duri emoticon-Big Grin
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
sebagai warga senayan taon 80an, gw cerita dikit..yg nama nya senayan bukan cm di lokasi GBK itu doang, di sebrang GBK dl ada kampung senayan jg klo gw gambarin sm kondisi skg lokasi masuk nya klo dr jl. sudirman pas batesan sm pager polda yg deket pacific place/pp, jd diantara polda sm pp dl ada kali, nah kampung itu padet sekitar kali smp ke arah senopati n scbd, kuburan gede nya itu ada sekitar 500m-1km dr jalan depan/sudirman, jadi bisa dikira2 gedung apa skg yg berdiri pas di lokasi kuburan waktu itu, dan kuburan nye emg terkenal angker byk tukang becak mangkal yg srg diisengin,

gedung bank mandiri msh semak belukan tempat ngangon, kita bilang nya lapangan kebo, benhil msh jd tempat belanja n kuliner favorit, lokasi pp skg dl msh jd tempat buang sampah warga, sepanjang kali byk jamban2 masal krn warga byk yg blom pny wc, klo pun ada wc biasanya komunal, taon 90an mulai dah tuh gusuran masal lg besar2an
profile-picture
profile-picture
profile-picture
immortalemperor dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Asik y jaman itu lum ada tukang sunat duit negara.. klo pun ada, engga seganas yg sekarang..
Duit negara yg berlimpah tu klo dipakai u/ kesejahteraan masyarakat, Indonesia bisa makmur bgt..
Sayang nya sekarang duit negara itu dicuri, dirampok, dikorupsi..
Klo dikumpul2 duit yg ilang nya bisa dapet berapa triliun tu..
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan Rinka17 memberi reputasi
gagal jadi crazy rich karna dirampokemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Tetangga ane juga orang betawi yang dulunya tinggal di Senayan terus pindah ke pondok aren. Tanahnya di mana-mana emoticon-Big Grin
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Kawasan elit di Jakarta itu mana saja ya gan? Selsin Tebet maksudnya, saya bukan orang Jakarta jadi nggak paham
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wah ternyata pembangunan di jakarta dimulai sekitar tahun 60an ya emoticon-Belo
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Tebet.... Komplek perumahan anak gedongan pd masa kini ya, gan........ emoticon-Mewek
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Senayan dibangun menjelang pergelaran olah raga Ganefo dengan bantuan Rusia.

Coba kalau gak ada Sukarno, gak bakal ada tuh Senayan, Istiqal dan Monas.

Walau saat itu dianggap proyek mercusuar tapi sampai sekarang tetap berdiri kokoh.
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan c4punk1950... memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di