Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mpmedianewsAvatar border
TS
mpmedianews
Anak 4 Tahun Ikut Ibunya Dipenjara
Anak 4 Tahun Ikut Ibunya Dipenjara

MerahPutih.com - Akun Facebook bernama Joes Andy membagikan sebuah gambar yang di dalamnya terdapat foto artis Gisella Anastasia dan foto seorang ibu beserta anaknya di balik jeruji penjara.

Dalam gambar tersebut dijelaskan bahwa Gisella tidak jadi ditahan oleh pihak kepolisian karena memiliki anak berusia 4 tahun.

Sedangkan pada kasus lain, seorang ibu harus ditahan bersama anaknya yang berusia 10 bulan karena mencuri demi membeli susu.

NARASI:

"Giselle Tak Ditahan Karena Anaknya Berusia 4 Tahun. Sementara Anak Usia 10 Bulan Ini Ikut Ditahan Lantaran Ibunya Mencuri Karena Anak Butuh SUSU"

FAKTA:

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, ditemukan kekeliruan dari klaim dalam foto tersebut.

Diketahui bahwa ibu dalam foto tersebut adalah Rismayah, seorang tersangka kasus pencurian emas di Kajuara.

Menurut pengakuannya, Rismayah terpaksa mencuri karena terdesak keadaan ekonomi untuk membeli susu anaknya. Sedangkan suami Rismyah, harus berada di dalam tahanan karena terlibat kasus kecelakaan lalu lintas.

Karena penahananya, Rismayah yang diketahui memiliki anak berusia 10 bulan terpaksa membawa anaknya, Muh Amin, ke dalam penjara untuk dapat diberikan ASI setiap hari.

Sebelumnya, Amin harus diantar setiap hari oleh keluarganya ke penjara untuk menyusu.

Sementara Rismayah harus tetap berada dalam tahanan dikarenakan dirinya yang seorang residivis. Residivis adalah istilah untuk seseorang yang telah melakukan kejahatan yang sama berulang kali.

Karena keadaannya itu, anggota Komisi III DPR Akbar Faizal sedang mengusahakan untuk menjamin Rismayah tetap menjalani hukuman, namun tetap dapat memberikan ASI kepada anaknya di tempat yang layak atas dasar kemanusiaan.

Terkait alasan artis Gisella Anastasia tidak ditahan, bukan hanya karena dirinya memiliki anak yang masih di bawah umur.

Artis Gisella Anastasia diketahui telah kooperatif dalam memberikan informasi dan keterangan selama masa pemeriksaan. Ini menjadi alasan bagi penyidik untuk tidak melakukan penahanan atas dirinya.

Berdasarkan pasal 21 ayat 1 KUHAP, penyidik berwenang melakukan penahanan atas tersangka kejahatan karena beberapa hal, yaitu khawatir tersangka melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti, atau mengulangi tindakan pidana.

KESIMPULAN:

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa anak berusia 10 bulan ikut ditahan bersama ibunya yang mencuri adalah hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.


Sumber: Link
gabener.edan
serapionIeo
KuroukiKaze
KuroukiKaze dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.4K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan