GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Berguna Banget! Teknologi Ini Dapat Memberikan Penglihatan Kepada Tunanetra

emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini gue bakalan bahas mengenai perkembangan teknologi yang sangat membantu untuk orang yang menderita kebutaan. Dengan penemuan yang disebut mata bionik ini menjadi salah satu teknologi yang sangat maju. So, kalau penasaran langsung saja kita bahas.

Dengan hampir 40 juta orang yang menderita kebutaan di seluruh dunia dan 124 juta lainnya menderita gangguan penglihatan, tidak mengherankan jika para peneliti berniat mengembangkan cara baru untuk memulihkan penglihatan. Salah satu upaya tersebut adalah pengembangan yang disebut implan mata bionik.


Ilmuwan mata bionik memiliki satu tujuan yaitu mengembangkan teknologi yang seefektif untuk disabilitas visual seperti halnya implan koklea untuk pendengaran. Tetapi metode ilmuwan yang berbeda untuk mencapai hal ini berbeda-beda. Terlebih lagi, teknologi mata bionik masih dalam tahap awal dibandingkan dengan implan koklea untuk gangguan pendengaran. 

Beberapa implan mata bionik sedang dalam pengembangan, tetapi saat ini hanya tersedia satu di Amerika Serikat, dan hanya cocok untuk kebutaan yang disebabkan oleh penyakit mata tertentu. Namun, seiring penelitian berlanjut, semakin banyak orang yang akan segera mendapat manfaat dari mata bionik berteknologi tinggi. Mata bionik tidak sama dengan mata palsu. Mata prostetik menggantikan struktur fisik dan penampilan mata yang harus diangkat karena trauma, nyeri, cacat atau penyakit. Implan mata bionik, di sisi lain, bekerja di dalam struktur mata yang ada atau di otak.


Proses penglihatan dimulai saat cahaya memasuki mata.  Kornea dan lensa fokuskan cahaya ke retina di bagian belakang bola mata. Sel-sel peka cahaya di retina kemudian mengubah cahaya yang difokuskan menjadi energi listrik, yang diangkut ke otak melalui saraf optik. Model mata bionik yang berbeda membidik area target yang berbeda di jalur visual. Saat ini, implan retina adalah satu-satunya mata bionik yang disetujui dan tersedia secara komersial, meskipun transplantasi kornea dan operasi katarak dapat menggantikan kornea dan lensa jika struktur ini tertutup atau tidak dapat memfokuskan cahaya karena alasan lain.

Meskipun sistem mata bionic memungkinkan orang untuk melihat cahaya, gerakan, dan bentuk, sistem ini belum memulihkan penglihatan seperti yang diharapkan beberapa orang. Batasan ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa implan saat ini hanya memiliki 60 elektroda. Untuk melihat secara alami.

Nah, sekian thread kali ini semoga menghibur an bermanfaat untuk agan semua. Kira-kira menurut agan gimana dengan adanya teknologi ini? Walaupun masih belum diproduksi dan mungkin harganya yang sangat mahal tetapi mata bionik ini sangat membantu jutaan orang diseluruh dunia.

Sumber referensi : Pribadi & Disini, Disini

Sumber gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca

 


rizkifadhilah09
trifatoyah
tien212700
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
7K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan