Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.nona.Avatar border
TS
.nona.
Rumah di CitraLand Lampung Roboh, Ciputra Siap Bertanggung Jawab
Quote:






Pesan TS

Masalah perumahan Citraland di lampung yang longsor, menurut ane itu adalah salah satu resiko ketika membangun sebuah rumah di tanah yang sudah jarang pepohonan.

Alam yang telah rusak memberikan dampak kerusakan lingkungan yang sangat besar, bukan rahasia lagi tanah longsor kerap terjadi di Indonesia.

Memang curah hujan menjadi penyebab tanah longsor, karena adanya tanah yang pecah ketika musim kemarau timbulnya pori-pori dan keretakan membuat tanah rawan longsor ketika musim hujan datang.

Namun pada dasarnya Indonesia berdiri diatas tiga lempeng dunia yaitu lempeng Eurasia, lempeng Pasifik, dan lempeng Australia dan kesemua lempeng itu bergerak dan saling bertabrakan. Maka gempa bumi, tsunami dan tanah langsor kerap terjadi.

Erosi pada tanah yang dialiri oleh air yang deras juga bisa mengakibatkan longsor, karena pada dasarnya sebuah tebing yang tidak memiliki penahan buatan, namun biasanya penahan yang paling baik adalah pepohonan agar tidak mudah untuk longsor.

Maka membangun perumahan di lereng tebing merupakan tempat yang rawan untuk longsor, jadi yang harus dipikirkan adalah bencana apa yang akan terjadi ketika membangun sebuah tempat tinggal. Jangan seperti candi Hambalang yang akhirnya mangkrak karena kontruksi tanah yang tidak stabil, jangan sampai buang uang dan juga nyawa.

Apalagi Indonesia terletak di berbagai lempeng bumi yang tentunya rawan terjadi getaran, yang mengakibatkan rumah di lereng tebing kesempatan untuk terjadi longsor cukup besar.

Apalagi sekarang kita lihat banyak pohon-pohon yang sudah tumbang, ditebang tanpa memikirkan dampaknya dimasa depan. Reboisasi hanyalah cerita usang, karena pohon di hutan itu adalah penahan alami dari getaran dan tanah yang mengalami erosi.

Banyaknya lahan pertanian di lereng bukit juga memberikan dampak besar bagi tanah yang rapuh, karena akarnya tidak kuat seperti pohon-pohon di hutan. Lantas bagaimana kita mencegahnya?

Tentu harusnya sebagai pengembang properti tidak sepantasnya membangun perumahan, gedung tinggi, atau tempat wisata di lereng tebing. Jangan menebang pohon-pohon besar di lereng tebing, buatlah saluran pembuangan air tanah agar air tidak menggerus tanah di lereng tebing.

Karena korban nyawa akibat tanah longsor sebenarnya karena ulah manusia itu sendiri, yang serakah. Bayangkan daerah rawan bencana malah dialihkan menjadi perumahan bukan hutan hujan.

emoticon-Angel
Diubah oleh .nona. 27-01-2021 16:54
kakekane.cell
pein666
crazyidea
crazyidea dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan