CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kerendahan Hati Quraish Shihab Menolak Panggilan Habib
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600a7e7e82d49537cb5adc3f/kerendahan-hati-quraish-shihab-menolak-panggilan-habib

Kerendahan Hati Quraish Shihab Menolak Panggilan Habib

Kerendahan Hati Quraish Shihab Menolak Panggilan Habib
Secara garis keturunan, Quraish Shihab pantas mendapat panggilan “Habib” karena kalau ditelusuri masih memiliki garis keturunan Fatimah Azzahra, putri Nabi Muhammad SAW, dan Ali bin Abi Thalib.

Nenek moyangnya berasal dari Yaman. Kakeknya bernama Habib Ali bin Abdurrahman Shihab berasal dari daerah Hadramaut. Ayahnya Abdurrahman Shihab seorang ulama dan guru besar ilmu tafsir terkemuka di Sulawesi Selatan.

Tapi, Quraish Shihab dan saudara-saudaranya menolak panggilan “Habib”. Ada alasan kenapa mereka menolak panggilan “Habib”.

Quraish Shihab mengakui senang untuk dicintai dan mencintai lewat panggilan yang artinya kekasih itu, tapi ia merasa belum wajar menjadi teladan. Menurutnya panggilan “Habib” mengandung unsur pujian yang ia sendiri tidak mau selalu dipuji-puji.

Sungguh rendah hati sekali sosok Quraish Shibab ini ya. Padahal, ia bisa dibilang salah satu cendekiawan Islam terkemuka. Quraish adalah profesor ilmu tafsir lulusan Universitas Al Azhar, Mesir dan membuat Tafsir Al Misbach, hafal Al Quran, serta pernah jadi rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Menteri Agama.

Tapi, ternyata sikap kerendahan hati ini merupakan pesan orangtuanya agar tidak menonjolkan keturunan maupun keilmuan. Makanya, Quraish Shihab menolak dipanggil Sayyid, Haji, atau Kiai. Bahkan gelar akademik pun tak pernah ia tonjolkan.

Inflasi Panggilan Habib

Keluarganya pun sama. Saudara laki-lakinya seperti Alwi Shihab dan Umar Shihab juga sepakat tak menggunakan panggilan “Habib”. Tidak hanya menolak dipanggil “Habib”, Alwi Shihab juga berpendapat bahwa panggilan Habib sudah mengalami inflasi. Ia khawatir munculnya habib-habib yang tidak mencerminkan akhlak.

Quraish Shihab pernah menceritakan suatu ketika sedang naik taksi karena terjebak macet. Sopir taksi menunjukkan ketidaksukaan kepada habib yang menggelar acara tersebut karena sampai menutup jalan sehingga mengganggu lalu lintas.

Mereka sepakat bahwa panggilan habib hanya untuk kakeknya. Sebab, panggilan “Habib” yang berarti kekasih itu memang cocok untuk digunakan seorang kakek yang sungguh sangat mencintai cucu-cucunya.

"Sudah deh nggak usah repot-repot pangil saya habib atau kiai. Panggil saya ustad saja," kata Quraish Shihab. Ustad yang artinya guru karena memang Quraish Shihab sehari-hari mengajarkan ilmu tafsir Al Quran.

Bisa dibilang Quraish Shihab adalah tokoh Islam moderat di Indonesia yang mendukung nilai-nilai keberagaman dan penghormatan kepada sesama pemeluk agama. Tidak mungkin beliau berada di barisan yang sama dengan orang-orang yang merasa kuat dengan panggilan habib, namun kelakuannya tidak sesuai etika dan norma masyarakat.

Termasuk Najwa Shihab, putri kedua Quraish Shihab. Mustahil Najwa Shihab mendukung kelompok yang mencederai toleransi. Sempat beredar poster yang memfitnah Najwa Shihab di barisan FPI karena memberi ruang kepada mereka di Mata Najwa dalam topik terbunuhnya 6 anggota FPI.

Perempuan kelahiran 16 September 1977 yang tenar sebagai presenter dan jurnalis televisi itu, selama ini sangat objektif dan profesional. Kehadiran narasumber dari FPI di Mata Najwa adalah hal biasa sebagai bagian dari semangat utama jurnalistik yaitu cover both sides.

Semangat demokrasi dan keterbukaan sudah menjadi ruh yang dibangun Quraish Shihab dan keluarganya. Terlihat dari anak-anaknya yang terjun ke berbagai bidang. Quraish Shihab memiliki 4 orang anak perempuan dan 1 laki-laki, Najeela Shihab, Najwa Shihab, Nasywa Shihab, Nahla Shihab, dan Ahmad Reza Abidin Shihab.

Anak pertamanya Najeela Shihab berprofesi sebagai psikolog dan pendidik. Juga pendiri Sekolah Cikal. Najwa Shihab selain tenar sebagai jurnalis dan presenter TV juga pendiri Narasi TV. Samira Shihab, anak Alwi Shihab sepupu Najwa juga berkecimpung di startup dengan mendirikan Tinkerlust, e-commerce yang fokus di luxury branded fashion wanita baik baru maupun bekas.

Inilah salah satu teladan keluarga Quraish Shihab. Meski memiliki garis keturunan terhormat, tidak sekalipun menonjolkan garis keturunan.

@pikirmedia
profile-picture
yeduoka memberi reputasi
Diubah oleh najwanian
Kerendahan Hati Quraish Shihab Menolak Panggilan Habib
Bagi gw mah gelar habib tu nepotisme dalam agama.

Sesuatu yg mengada-ada.
profile-picture
hantumasam memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ada yang tau gombloh.. Pasti tau lah ya.. Siapa yang nggka kenal gombloh.. Dan pasti banyak yang gak tau kalo gombloh itu keturunan habaib.. Ya pasti gak tau karna gombloh sendiri menolak di panggil habib.. Jangankan di panggil habib.. Di juluki keturunan arab aja dia menolak.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
wow emoticon-Wow nyang boneng gan?? emoticon-Matabelo
Ulama panutanq emoticon-Recommended Seller
Quraish shihab ga nolak teori evolusi nih emoticon-Recommended Seller:
Semua ulama patutnya dihormati emoticon-Jempol
Quraish shihab emang panutan banget sih ,anaknya juga
Emang salah satu sosok ulama the real ulama sih, ngga pernah aneh-aneh


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di