Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faridmarufAvatar border
TS
faridmaruf
Bahaya Sembarangan Membagikan Data Pribadi di Media Sosial


Asyik main facebook sebaiknya jangan sampai membuat kita lupa tentang apa saja yang sebaiknya jangan dibagikan sembarangan di media sosial.


Apa saja hal-hal yang sebaiknya kita berhati-hati membagikannya di media sosial?
Berikut ini beberapa diantaranya, saya ambil dari website Smart Ladori.

Pertama, Tempat dan Tanggal Lahir.
Mungkin kita mengira hal ini sepele dan tidak ada bahayanya. Tetapi ternyata, hal ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang punya niat jahat untuk menebak sandi akun seseorang. Bahkan bisa untuk menebak sandi rekening bank orang tersebut.

Kedua, Rencana Bepergian.
Kita tentu bergembira ketika ada rencana untuk berlibur atau bepergian ke suatu tempat. Karena sangat bersemangat, kita pun membagikan informasi rencana kepergian kita. Bahkan saat kita berlibur pun, bisa jadi kita juga sangat semangat untuk memposting foto-foto kita dan keluarga kita ketika sedang berada di tempat wisata. Hal tersebut tentu tidak ada masalah ketika orang-orang yang melihat postingan kita adalah orang-orang yang baik.

Tetapi hal ini juga bisa berbahaya ketika informasi tersebut diketahui oleh orang-orang yang ada niat jahat. Pernah ada kejadian, penjahat berhasil membobol suatu kompleks perumahan karena mengetahui bahwa pemilik rumah tersebut sedang berpergian. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati ketika akan memposting kepergian kita keluar kota.

Ketiga, Curhat di Media Sosial.
Media sosial memang suatu media yang membuat kita merasa nyaman untuk bercerita apa saja tentang diri kita. Tidak jarang, ada orang yang menceritakan ketidaknyamanan dia di tempat kerja. Hal ini tentu bisa membuat citra buruk kepada perusahaan di mana dia bekerja. Oleh karena itu, membicarakan ketidaknyamanan pekerjaan di media sosial, bisa beresiko membuat seseorang dipecat dari pekerjaannya.

Ada juga, pasangan yang bercerai gara-gara memberikan pengakuan yang menyakitkan di Facebook. Oleh karena itu, curhat di media sosial bukanlah sesuatu yang dianjurkan. Hal ini seperti kita berbicara didepan umum untuk sesuatu yang sebenarnya sifatnya pribadi.

Keempat, Kata Sandi Akun yang Mudah Ditebak.
Apabila kita mendaftar pada suatu layanan email, media sosial, ataupun layanan lainnya, tidak jarang kita diberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kondisi ketika kita lupa dengan kata sandi kita. Hal tersebut misalnya apa binatang kesayangan kita, di mana tempat kita pertama kali bertemu dengan pasangan kita, dan lain sebagainya. Apabila kita membagikan semua Informasi pribadi kita di media sosial, maka orang-orang bisa kemudian memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan reset kata sandi pada akun kita. Akibatnya, akun media sosial kita bisa dibajak oleh orang jahat tersebut. Ketika akun media sosial kita dibajak oleh orang jahat tersebut, maka akun kita bisa digunakan untuk melakukan penipuan pada teman-teman kita.

Semoga bermanfaat ya teman-teman. Tetap bijak dalam bersosial media.


Diubah oleh faridmaruf 25-01-2021 00:12
0
733
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan