CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, Ombudsman Sumbar Duga Ada Maladministrasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600ac3a3977513572253e4b3/siswi-nonmuslim-diminta-berjilbab-ombudsman-sumbar-duga-ada-maladministrasi

Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, Ombudsman Sumbar Duga Ada Maladministrasi

Padang - Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menanggapi soal video viral adu argumen antara orang tua siswi nonmuslim dan pihak SMK Negeri 2 Padang yang mewajibkan penggunaan kerudung atau jilbab. Ombudsman Sumbar mengatakan langsung meminta penjelasan pihak SMK Negeri 2 Padang.

"Tadi siang, kita sudah mengundang pihak sekolah untuk berkonsultasi, sekaligus memberikan penjelasan tentang video yang beredar tersebut. Kepala sekolahnya sudah memberikan penjelasan kepada kita," kata Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Yefni Heriani, kepada detikcom, Jumat (22/1/2021).

Yefri mengatakan ada indikasi maladministrasi dalam kebijakan yang dikeluarkan pihak sekolah terkait penggunaan jilbab.

"Kita sudah melihat dan sudah disampaikan juga bahwa ada dugaan maladministrasi yang terjadi. Salah satunya adalah maladministrasi tidak melakukan diskriminatif yang dilakukan pihak sekolah melalui kebijakan atau aturan yang mereka buat," jelas Yefri.

Dari pertemuan dengan pihak SMKN 2 Padang, Ombudsman mendapat sejumlah informasi terkait kebijakan tersebut. Ia menyebut memang ada kebijakan di sekolah itu siswi perempuan harus memakai kerudung.

"Beberapa informasi yang kita peroleh, memang ada kebijakan yang dibuat sekolah dalam berpakaian, di mana setiap perempuan yang ada di sekolah harus menggunakan, apa istilahnya itu, kerudung. Padahal, siswinya ada yang Islam, ada yang Nasrani atau ada keyakinan yang lain," ucap Yefri.

"Kalau menurut laporan kepala sekolah, semua siswi, baik muslim maupun nonmuslim, di sekolah itu, kecuali yang sedang viral tersebut, menggunakan kerudung. Tidak ada yang menolak selama ini," imbuhnya.

Ombudsman akan menindaklanjuti temuan tersebut dan segera mengumumkan hasilnya. "Kami nanti akan membahasnya secara internal dan hasilnya nanti akan kami umumkan Senin (25/1/2021) mendatang," jelas Yefri.

Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan percakapan antara Eliana Hia dan pihak SMK Negeri 2 Padang. Eliana dipanggil pihak sekolah karena anaknya, Jeni Cahyani Hia, tidak mengenakan jilbab. Jeni tercatat sebagai siswi Kelas IX pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)) di sekolah itu. Ia tidak mengenakan jilbab karena bukan muslim.

Sejak di-posting pada Kamis (21/1/2021) kemarin, video yang disebar melalui akun Facebook Eliana Hia itu mendapat 3.400 komentar dan sudah dibagikan 2.300 kali.

Dalam video tersebut, Eliana berusaha menjelaskan bahwa anaknya adalah nonmuslim, sehingga cukup terganggu oleh keharusan untuk mengenakan jilbab. Pihak sekolah yang menerima kehadiran Eliana menyebut penggunaan jilbab merupakan aturan sekolah.

"Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa untuk ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan (sekolah) negeri," kata Eliana berpendapat.

"Menjadi janggal bagi guru-guru dan pihak sekolah, kalau ada anak yang tidak ikut peraturan sekolah. Kan di awal kita sudah sepakat," jawab pihak sekolah dalam video tersebut.

https://news.detik.com/berita/d-5344...aladministrasi

Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, Ombudsman Sumbar Duga Ada Maladministrasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, Ombudsman Sumbar Duga Ada Maladministrasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
"Kalau menurut laporan kepala sekolah, semua siswi, baik muslim maupun nonmuslim, di sekolah itu, kecuali yang sedang viral tersebut, menggunakan kerudung. Tidak ada yang menolak selama ini," imbuhnya.

sejak kapan kerudung menjadi seragam sekolah negeri bambang ?

kacung arap keparat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jadi bener yang dikatakan Puan.

Oh ya itu satu sekolahan gurunya amit2 deh bego semua gitu, dulu rekruitmen nya gimana.

Guru sekolah negeri kok nggak bisa berpikir cerdas. Masak siswa non muslim dipaksa pakai jilbab. Coba kalo gurunya punya anak laki-laki dapet sekolahnya di SMK tata busana yang mayoritas cewek, terus anaknya dipanggil BK gara2 nggak pakai kutang, gimana perasaan Lo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tegakkan syariah emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Dibaca pada alinea terakhir...
"Menjadi janggal bagi guru-guru dan pihak sekolah, kalau ada anak yang tidak ikut peraturan sekolah. Kan di awal kita sudah sepakat," jawab pihak sekolah dalam video tersebut.

Artinya sebelum masuk...calon murid dan wali nya sudah sepakat menerima aturan tsb....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 53 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 53 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Astajim, tak ada paksaan dalam beragama..agama ku agama ku..agama mu harus nurut aturan agama ku ya akhi emoticon-Gregetan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MahoImperator
Gile lu tong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Bahkan rasisme dan perilaku diskriminatif diajarkan di sekolah negeri, tapi murka, ngamuk2 saat orang berharap daerah ini benar-benar menjadi Pancasilais.

Cermin kalo cuma dipake buat gambar alis dan warnain bibir atau cabutin kumis dan nyisir jenggot yah kayak gini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Indonesia darurat arab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 6 lainnya memberi reputasi
Matius 23:25-28 (TB) Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab cawan dan pinggan kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan.
Hai orang Farisi yang buta, bersihkanlah dahulu sebelah dalam cawan itu, maka sebelah luarnya juga akan bersih.
Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran.
Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.


Sudah terbiasa ngurusi "luar" saja ketimbang "dalam"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Echizen.Ryoma
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
HIIII..emang bencana bagi alam semesta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 3 lainnya memberi reputasi
apa dah jadi acehnistan itu padang? lagian itu SMK NEGERI bukan MADRASAH
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan trimusketeers memberi reputasi
Keyword : SUMBAR, ACEH, JABAR, DKI, PKS, POLIGAMI
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan akumidtorc memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Maladministrasi doang?? Pelanggaran HAM woy.

Goblok lu ah

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Daerahnya gitu, udah paham lah kita semua
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan ridonculous memberi reputasi
Maladministrasi?

Goblog nya hakiki amat


Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, Ombudsman Sumbar Duga Ada Maladministrasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
maladministrasi atau madrasahtimisasi?

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 3 lainnya memberi reputasi
guru padang itu pasti satu grup ama guru unta ini
Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, Ombudsman Sumbar Duga Ada Maladministrasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di