CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pam Swakarsa Kapolri Beda dengan Tahun 1998
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600957dffacb95718521b6b2/pam-swakarsa-kapolri-beda-dengan-tahun-1998

Pam Swakarsa Kapolri Beda dengan Tahun 1998

Pam Swakarsa Kapolri Beda dengan Tahun 1998
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Staf Presiden (KSP) ikut buka suara terkait rencana pengaktifan kembali Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pam Swakarsa). Wacana ini diembuskan oleh Kapolri terpilih Komjen Listyo Sigit Prabowo. Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani menyampaikan, Pam Swakarsa yang dimaksud Kapolri Sigit berbeda dengan Pam Swakarsa 1998.

"Perlu dipahami bahwa konsep keterlibatan Pam Swakarsa yang dimaksud Kapolri adalah salah satu amanat UU No 2 tahun 2002 tentang Polri, di mana Polri berkewajiban melakukan koordinasi, pengawasan, dan pembinaan teknis," kata Jaleswari dalam siaran pers, Kamis (21/1).

Meski begitu, Jaleswari menyebut, Pemerintah memahami adanya stereotipe maupun memori kolektif yang memiliki dampak sosiologis dari terminologi Pam Swakarsa di masa lalu.

Selain itu, kata Jaleswari, Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 menjabarkan pelaksanaan amanat UU Polri tersebut. Beberapa aspek Pam Swakarsa pun ikut diatur, mulai dari bentuk satuan pengamanan (Satpam), satuan keamanan lingkungan (Satkamling), hingga kewajiban perizinan yang dikeluarkan oleh Polri.

Dani, panggilan akrab Jaleswari, juga menambahkan bahwa pengaturan terkait Pam Swakarsa tersebut menjadi penting karena memiliki beberapa fungsi. Salah satunya, memberikan porsi peran bagi masyarakat untuk bersama-sama Polri memaksimalkan upaya menjaga keamanan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Serta mencegah praktik eigenrichting atau main hakim sendiri. Karena di tingkat masyarakat ada kejelasan legitimasi porsi dan kualifikasi masyarakat seperti apa yang bisa turut serta membantu tugas Polri lewat mekanisme perizinan yang ada,"Q kata Dani.

Sebelumnya, Kapolri terpilih Komjen Listyo Sigit ingin menghidupkan kembali Pam Swakarsa dengan maksud mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Sigit menjelaskan, pengaktifan Pam Swakarsa akan diintegrasikan dengan teknologi informasi dan fasilitas yang dimiliki Polri.

https://m.republika.co.id/berita/qna...gan-tahun-1998

Bagus ini...
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Ini artinya Pam Swakarsa bukan bentuk ormas?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bagus ini karena jamannya Joe Biden (democrat) sukanya mainan proxy. Polri dan masyarakat harus bersinergi mencegah terjadinya gangguan keamanan. Apalagi sudah ada perpres mengenai pelaporan jika ada aksi atau pihak yang diduga ekstrimis sehingga memudahkan masyarakat dan polri melakukan keamanan bersama.

Lyndon B Johnson (democrat) - Sukarno lengser

Bill Clinton (democrat) - Suharto lengser, Habibie lengser, Gus Dur digoyang

Obama (democrat) - beye digoyang dombret sampai kantong matanya tebal

Joe Biden (democrat) - ???

Semoga perpres tentang ekstrimisme dan kebijakan sinergi polri masyarakat bisa meredam segala aksi rusuh yang bikin rugi negara

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
taosipudan dan 2 lainnya memberi reputasi
mencegah main hakim sendiri...hahaha itu klo si pamswakarsanya jadi "oknum" gimane itu....emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ayy yakin paling cuma beda diawal doang.
entar pelan pelan kembali ke karakter lama and the end like fpi lagiπŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
kenapa gak menghidupkan Hansip saja emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Moga gak jadi preman kayak yang udah udah.

emoticon-Takut
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Selain itu, kata Jaleswari, Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 menjabarkan pelaksanaan amanat UU Polri tersebut. Beberapa aspek Pam Swakarsa pun ikut diatur, mulai dari bentuk satuan pengamanan (Satpam), satuan keamanan lingkungan (Satkamling), hingga kewajiban perizinan yang dikeluarkan oleh Polri.

Sebelumnya, Kapolri terpilih Komjen Listyo Sigit ingin menghidupkan kembali Pam Swakarsa dengan maksud mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Lho emang satpam sama keamanan lingkungan gak jalan?
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Dulu juga narasinya bagus.
Akhirnya jadi itu.
Moga2 enggak jadi siklus setan sih.

Bentuk pam swakarsa -- jadi ormas -- gak sejalan ama pemerintah -- bubarin -- bikin pam swakarsa lagi


Muter terus.
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Ga ngaruh... karna memang tipikal manusia itu kalo rame merasa paling benar. Kalo mau intimidasi dan persekusi berkurang paling tidak permudah akses masyarakat ke polisi, buat unit reaksi cepat polisi, ya ala-ala 911nya mamarika sono lah.
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sekte baliho v2.0.

emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk.
Hmmm akan jadi ormas nih ujung2nya
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
g belajar dari sejarah
emoticon-No Hope
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
jadi klo gini sudah selayaknya TNI pula kembali ke Pangkalan atau dengan kata lain kembali tugas pokoknya yakni Pertahanan Negara...karena Keamanan dalam negeri sdh full total domain Polri. Yang penting dalam pelaksanaanya harus dibawah pengawasan/pembinaan Polri dan instansi ini dibawah Kepolisian c.q Baharkam/Baintelkam Polri
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lho hansip >>> linmas dikemanain coba ???
Yg sudah Ada itu aja diberdayain bener bener jangan bikin lain lagi, entar kayak Pam swakarsa 1998 yg berubah jadi "Superman" malah repot
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Gak percaya, klo di daerah di manfaatkan oleh organisasi pemuda buat jadi tukang pungli...

Banyak celah buat memanfaatkan alibi pam swakarsa untuk melegalkan organisasi preman


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di