CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Ragam Jenis Ayam Goreng Ala Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600946538d9b1747e8108252/ragam-jenis-ayam-goreng-ala-indonesia

Ragam Jenis Ayam Goreng Ala Indonesia

Kebanyakan orang dewasa dan anak-anak tidak menolak untuk disajikan sebagai ayam goreng. Tentunya banyak penjual yang menggunakan menu ini sebagai menu utama. Ini termasuk berbagai waralaba internasional yang menggunakan ayam goreng sebagai menu utama dan untuk membuka cabang di Indonesia.

Namun, Indonesia juga memiliki berbagai varian menu ayam goreng yang rasanya unik dan enak. Selain ayam goreng kuning yang lazim menjadi menu nasi tumpeng, berikut ragam jenis ayam goreng ala Indonesia;


Ayam Goreng Kalasan


Ayam kalasan merupakan ayam goreng tradisional pertama yang sering dijual dan dimakan orang Indonesia. Dibuat dengan bumbu seperti bawang merah, kemiri, kunyit, ketumbar, gula merah, serai, salam dan bawang putih. Yang perlu diingat, keistimewaan ayam goreng kalasan di Yogyakarta Sleman adalah penggunaan air kelapa yang menambah cita rasa ayam tersebut.


Ayam Goreng Lengkuas


Nama tersendiri adalah Ayam Goreng Lengkuas yang artinya lengkuas yang dihaluskan ditambahkan sebagai pelengkap, sehingga aromanya yang khas menjadi sangat kaya dan harum. Untuk membuat ayam goreng lengkuas harus terlebih dahulu direbus atau dicampur dengan bumbu. Setelah itu, siapkan untuk menggoreng ayam baru dengan lengkuas yang dihaluskan.Lengkuas yang sudah dikeringkan akan membuat serat lengkuas terlihat lembut.


Ayam goreng kremes

Tekstur ayam goreng yang renyah memiliki cita rasa yang sangat unik. Terbuat dari campuran rempah-rempah. Cara memasaknya juga harus di rebus, tapi air kelapa harus ditambah setelah masak. Selanjutnya siapkan ayam goreng, tambahkan sisa bumbu bersama air kelapa, lalu goreng bumbu hingga renyah dan renyah.


Ayam Goreng Serundeng

Mirip tapi tidak sama dengan Ayam Goreng Lengkuas. Cara memasaknya juga sama, tetapi terlihat jelas perbedaan tampilannya. Ayam goreng serundeng dibuat dengan bumbu dan kelapa parut.


Ayam Goreng Penyet

Salah satu makanan khas Jawa Timur, ayam goreng penyet. menggunakan daging ayam potong utuh, seperti ayam dengan dada, paha dan tulang yang masih menempel. Sebelum menggoreng dan menggeprek, ayam biasanya direbus dengan bumbu kuning hingga meresap.


Perbedaan lainnya adalah hanya ayam yang dipenyet di atas lumpang berisi saus tomat atau saus sambal. Hasilnya daging menjadi agak pipih, tapi tidak pecah-pecah. Uniknya, saat Anda datang ke sini, lebih banyak jenis saus yang digunakan untuk menyantap ayam. Beberapa orang menyajikannya dengan sambal hijau, korek api, dan sambal bawang.





GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di