CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60093c358d94d01533245f9d/cara-melunakkan-daging-ayam

Cara Melunakkan Daging Ayam

Jika Anda suka melunakkan daging ayam untuk teman tumpeng mini jakarta  yang lebih lezat maka Anda perlu mengetahui beberapa cara mudah melunakkan daging ayam ini. Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat terhindar dari hidangan daging ayam yang sulit dimakan.
Tidak hanya menjadi lembut, menggunakan metode-metode melunakkan daging ayam di bawah ini juga dapat menghasilkan daging yang juicy dan lezat. Berikut adalah empat cara melunakkan daging ayam dengan mudah tanpa membuat tekstur dan rasanya hancur.

Gunakan pelunak daging


Pelunak daging tersedia secara komersial. Alat tersebut biasanya terbuat dari logam atau kayu. Jika Anda tidak memiliki pelunak daging, Anda masih dapat menggunakan peralatan dapur lain, seperti penggiling kayu, penggiling batu, dan palu (harus bersih). Untuk alasnya, sebaiknya gunakan talenan kayu.


Cara melembutkan ayam dengan pelunak daging sangat sederhana. Kepala penggiling daging biasanya bergerigi agar dagingnya empuk.


Tetapi alat ini hanya cocok untuk ayam tanpa tulang dan tanpa tulang. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin proses memasak menjadi berantakan, harap hindari penggunaan alat ini untuk melunakkan ayam tanpa tulang. Jika ingin tetap berpegang pada daging, pisahkan ayam dari tulang dan haluskan. 


Gunakan marinade


Contoh marinade yang biasa digunakan untuk melunakkan ayam adalah bumbu yogurt biasa dan bumbu susu mentega. Merendam atau mengasinkan ayam adalah cara yang baik untuk menjaga daging tetap empuk dan berair. Selain itu, bumbunya bisa menambah banyak rasa pada ayam.


Bagaimana bisa begitu buttermilk dan yogurt tawar mengandung enzim dan asam, mereka bisa bekerja sama untuk memecah protein pada ayam. Setelah protein dipecah, ayam menjadi empuk dan bisa diolah menjadi masakan yang diinginkan. Ini adalah metode melunakkan ayam dengan bumbu susu mentega atau yogurt tawar.

Gunakan soda kue


Soda kue atau baking soda merupakan bahan dapur yang banyak kegunaannya, salah satunya untuk melembutkan ayam. Bagaimana itu bisa berada disini? Soda kue yang dicampur dengan air akan sangat meningkatkan pH permukaan ayam.


Tingkat Ph yang lebih tinggi akan membuat protein dalam daging lebih sulit untuk digabungkan. Karenanya, setelah hanya 15 menit merendam ayam dalam campuran baking soda dan air, ayam akan menjadi empuk dan bisa dimasak sesuai resep yang Anda gunakan.


Masak lebih lama


Anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan dapur di atas, Anda juga bisa mencairkan daging ayam dengan memasaknya dalam waktu lama (hingga dua belas jam). Cara ini bisa disebut slow cooking dengan memecah protein ayam secara perlahan dalam beberapa jam.


Selain membuat ayam berasa enak, cara memasak ini merupakan cara termudah untuk menghasilkan ayam yang empuk dan juicy. Berikut beberapa metode memasak lambat, Anda bisa mencoba mencairkan ayam.


Harap diingat agar ayam tidak terlalu matang atau matang. Jika ini terjadi, ayam bisa rusak dan tidak bisa dimakan. Cara ini membutuhkan sedikit pengalaman untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak ayam.


Jika Anda seorang pemula, Anda bisa menentukan tingkat kematangan ayam dengan memeriksa suhu internal. Anda dapat mengetahui suhu internal ayam dengan termometer. Sebagian besar chicken nugget membutuhkan suhu internal minimal 74 derajat Celcius untuk bisa matang sepenuhnya.


Jika proses pemasakan diatas sudah selesai maka ayam harus diiris atau dimakan selama 5-10 menit. Ini berguna agar protein dan sari buahnya akan menyebar kembali ke seluruh bagian ayam sehingga lebih nikmat. Saat diam, pastikan untuk membungkus ayam dengan aluminium foil.



GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di