CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tiba-Tiba Pedagang Daging Batal Mogok Jualan 3 Hari, Kenapa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6007db4f7414f5414107d404/tiba-tiba-pedagang-daging-batal-mogok-jualan-3-hari-kenapa

Tiba-Tiba Pedagang Daging Batal Mogok Jualan 3 Hari, Kenapa?

Tiba-Tiba Pedagang Daging Batal Mogok Jualan 3 Hari, Kenapa?

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini, pedagang daging sapi di Jabodetabek kompak melakukan aksi mogok jualan sebagai imbas naiknya harga. Semula, rencana ini bakal berlangsung tiga hari atau hingga lusa, Jumat (22/1/21) tapi rencana ini urung dilakukan.
Hal ini karena pada Selasa Malam (19/1) ada pertemuan di antara pelaku industri daging sapi dan kementerian perdagangan (Kemendag). Namun, 
karena surat edaran mogok dari asosiasi pedagang daging Indonesia (APDI)) sudah telanjur menyebar, maka pada Rabu (20/1) mayoritas pedagang tetap memilih mogok jualan.

Ketua APDI Asnawi memperkirakan pada hari ini mayoritas pedagang tetap tak berjualan meski aksi mogok sudah dicabut. Sehingga pada Kamis (21/1), pedagang daging daging kemungkinan akan kembali berjualan.

"Hari ini ada kemungkinan di atas 90% pedagang nggak berdagang karena, bisa beli nggak bisa jual," katanya kepada CNBC Indonesia, Rabu (20/1/21).
Keluhan soal tingginya harga daging muncul karena selama tiga bulan terakhir pedagang cukup kesulitan menjual dagangannya. Alasannya karena kenaikan harganya cukup tinggi dan mendapat respon buruk dari konsumen.

"Ada sudut pandang miring dari konsumen seolah-olah harga daging ulah pengecer. Sesungguhnya nggak gitu. Udah rugi disangka negatif," sebut Asnawi.
Padahal, kenaikan harga sudah terjadi dari sisi hulu yakni importir. Pihak importir sapi mendapatkan harga yang sudah sangat tinggi dari negara produsen seperti Australia per Juli 2020 sudah pada posisi 3,6 dolar Amerika per 1 kg bobot hidup sapi bakalan, dan harga per bulan Januari - Februari 2021 sudah masuk pada posisi 3,9 dolar Amerika per 1 kg bobot hidup sapi bakalan, belum biaya-biaya bongkar muat pelabuhan dan transportasi.

"Kenaikan harga terjadi sejak Juli 2020 sampai Januari 2021 sudah mencapai Rp 13.000,-/kg pembelian sapi bakalan dari Australia," paparnya.
Kenaikan harga ini yang membuat pedagang memilih untuk mogok. Pasalnya, jika tetap berdagang maka yang ada kerugian. Namun, Pemerintah pun tidak melarang.
"Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, tidak bisa memaksakan pedagang mesti harus berdagang walau harus menanggung kerugian, dan juga tidak mempersalahkan jika pedagang daging sapi tidak berdagang karena itu pilihan," sebut Asnawi.


sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-3-hari-kenapa
Saatnya kembali ke babi

Pakan mudah, bergizi dan nikmat 🤲
profile-picture
ridonculous memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Terlalu bergantung pada daging sapi.
Quote:


udah ada corona.. gak usah ditambah penyakit flu babi..
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Bisa bareng2 mogok jualan, indikasi memang ada mafia daging sapi..

Coba, bisa gak penjual daging kambing mogok arengan?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Sepertinya ada yg gak suka dgn impor daging emoticon-Embarrassment
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Tolong jangan terlalu kejam sama sapi.

Mereka adalah hewan suci.
profile-picture
doomguythegodk memberi reputasi
Mau nya daging segar
Mau nya bumbu segar
Mau nya cabe segar

Segeeer bener..
Astagfirullah
emoticon-Leh Uga
Jadi perkilo nya berapa 130ribu?
Pas lebaran kemarin kan 120 ribu..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Nah, benar kan daging sapi aussie naik.
Tinggal nunggu tukang baksonya demo mogok emoticon-Smilie

Quote:


profile-picture
profile-picture
gesermeja dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
jadi yg bikin harga naik australia atau indonesia emoticon-Amazed

kalau australia yg naikin harga, mau indonesia bebasin biaya masuk ya kaga bakal ngaruh emoticon-Nohope

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gesermeja dan 2 lainnya memberi reputasi
Ngk bisa masak rendang kalau gini.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Perdagangan internasional akan melambat karena virus corona.
Tikus bnyak koq
Minta naik gaji
Ganti ikan napa???
sapi aja masih import
emang negara kita gak bisa miara sapi sendiri???
kenaikan harga sapi import adalah pengalihan isu
isu sebenarnya adalah kegagalan Indonesia ternak sapi sendiri
Emang ribet jadi indon. Maunya gizi terpenuhi tapi syarat macam2, yg nyembelih mesti seakidah lah dll. Padahal kemampuan swasembada kagak ada, bisanya cuma impor. Alternatif protein dari tempe dan tahu bisa, tapi kedelai naik juga, mamposss awakmu indon emoticon-Ngakak (S) . Ujung2nya makan tepung trus, nasi bannyak campur cilok emoticon-Ngakak (S) Yg Yg belaga keren makan sosis/nugget/bakso isinya cuma tepung emoticon-Ngakak (S)

Coba kalo gak pilih2, ada banyak alternatif yg berkeliaran yg kurang dibersayakan seperti babi. Bgian tubuh mana dari babi yg gak kepake emoticon-Big Grin
Tiba-Tiba Pedagang Daging Batal Mogok Jualan 3 Hari, Kenapa?

Ngembangbiakkan mudah, gak perlu keliling cari rumput seharian karena apa yg babi makan ya makanan kuta juga. Kalo gk percaya coba tanya sama boru2 di sekutar anda emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh vanshuri
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dari jaman menteri PKS sampe sekarang periode kedua, masalah yg sama tidak pernah teratasi.
Sekedar membuat diversifikasi pangan aja, pemerintah malas...


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di