CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Nasib Tragis dan Tradisi Untuk Para Janda Di India
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6000fe867e3a725c9261fe71/nasib-tragis-dan-tradisi-untuk-para-janda-di-india

Nasib Tragis dan Tradisi Untuk Para Janda Di India

Nasib Tragis dan Tradisi Untuk Para Janda Di India

Hello GanSis kembali lagi sama Kreator disini.
Kali ini kreator mau bagiin info untuk GanSis biar menambah wawasan kita akan satu hal yang baru dan dapat kita petik pelajarannya juga.
Nah!!! Info yang kreator mau bagiin ini berasal dari negeri Vrindavan nih, Yupss!!! India. Kalau ditanya kenapa India, di India ini GanSis ternyata ada salah satu tradisi yang mungkin bisa dibilang menyedihkan selain sistem kasta yang ada disana.

Kalau GanSis pernah nonton film India wanita ada yang menggunakan sari warna putih ketika suaminya meninggal?, jika iya, GanSis bearti melihat tradisi yang sedikit mengiris hati. Karena di India khususnya bagi warga yang masih menganut pemikiran konservatif mempercayai ketika seorang wanita di tinggal mati oleh suaminya bearti wanita tersebut menggali aib di hidupnya. Kenapa aib karena orang-orang yang berfikiran masih konservatif berpandangan bahwa itu merupakan kegagalan seorang wanita menjaga jiwanya, karena dianggap suami merupakan jiwa bagi seorang istri disana.

Nasib Tragis dan Tradisi Untuk Para Janda Di India
Sumber: Image Google

Hal menyedihkan yang menyayat hati selain berpenampilan berbeda yakni dengan menggenakan sari berwarna putih, masalah lain yang dihadapi janda di India adalah di kucilkan di masyarakat dan di tinggalkan oleh keluarga yang mereka cintai, makanya setiap janda di India akan menghabiskan hidup mereka di ashram vidhwa (ashrama khusus untuk para janda) yang di bangun oleh LSM yang ada di India. Mereka tahu bahwa mereka takkan bisa kembali lagi kerumah mereka bahkan ke keluarga mereka.

Dalam sebuah tradisi Hindu di India seorang janda tidak dapat menikah lagi GanSis. Mereka harus bersembunyi di rumah, melepas perhiasannya dan memakai warna berkabung, dan banyak diantara masyarakat India yang memandang bahwa janda yang ditinggal mati suaminya menjadi sumber rasa malu bagi keluarganya, kehilangan hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan beragama dan terisolasi secara sosial.

Nah ketika mereka diusir dari rumah mereka karena menganggap bahwa janda merupakan aib bagi keluarga, biasanya para janda ini pergi ke kota suci Varasi ataupun ke kota Vrindavan. Vrindavan yang merupakan salah satu kota yang terkenal bagi agama hindu yakni tempat kecil dari dewa sri khrisna. Tak jarang banyak banget janda di India mendapatkan perlakuan diskriminasi, penolakan dan penganiayaan bahkan tak jarang para janda banyak melakukan tradisi kuno yakni tradisi sati. tradisi sati merupakan tradisi kuno India dimana seorang wanita yang telah di tinggal mati oleh suaminya harus berdiri di tengah kayu bakar dan didepan abu jenazah dari suami mereka lalu bunuh diri dengan cara membakar diri.

Tradisi sati ini merupakan tradisi kuno yang menggambarkan kecintaan dewi Satti atau parwati istri dari Dewa Shiwa saat cinta antara Satti dan Shiwa tidak di setujui oleh ayah dari Dewi Satti yakni Prajapati Daksha. Namun GanSis saat masa kolonial inggris tradisi Satti ini sudah dilarang oleh pemerintah kolonial inggris.

Namun di zaman modern seperti saat ini stigma bahwa janda di India merupakan aib dan di marjinalisasi oleh masyarakat perlahan mulai menemui titik terang. Pasalnya beberapa orang di India membuat dan membentuk lembaga sosial untuk para janda agar mereka bisa melewati hidupnya tanpa adanya diskriminasi dan marjinalisasi dari masyarakat di India. Dalam asrama janda biasanya para janda ini berdoa dan melantunkan nyanyian pujian kepada dewa.

Nasib Tragis dan Tradisi Untuk Para Janda Di India
Sumber: Image Google

Karena India saat ini makin progresif dan terbuka akan satu hal yang baru perlahan namun pasti diskriminasi kepada janda perlahan mulai memudar dan banyak janda yang suda memiliki harapan hidup kembali, bahwa sepeninggal suami mereka, mereka bukan lagi aib bagi keluarga mereka bahkan masyarakat. Namun tradisi dengan menggunakna sari berwarna putih tanda berkabung masih terus dipakai oleh para Janda di India GanSis. Namun tak bisa dipungkiri juga karena tradisi kuno dan laten terhadap stigma jelek tentang Janda membuat masih ada sebagian orang India yang mendiskriminasi para janda dan menjadikan mereka aib bagi keluarga dan juga masyarakat.

Dari tradisi ini GanSis kreator hanya mengingatkan bahwa tuhan menciptakan manusia untuk memiliki kehidupan yang sama ntah apapun statusnya setiap manusia memiliki hak yang sama untuk mendapatkan hidup yang layak, bekerja dan beribadah. Sama seperti halnya kita di Indonesia masih menganggap remeh dan memandang orang-orang yang berbeda dengan kita sebagai aib bagi keluarga dan masyarakat.

Baiklah GanSis sekian thread kreator kali ini, ane minta maaf bagi GanSis beragama hindu kalo ada pernyataan ane di Thread ini ada yang salah atau membuat tersinggung tapi ini ane berbagi cerita dan wawasan aja kepada GanSis bahwa setiap negara punya permasalahan sosial yang berbeda jadi stop membandingkan negara ini bagus sedangkan negara kira dibawah negara yang kita sanjung, Jangan ya GanSis tetep kita satu sebagai orang Indonesia yang utuh dengan Bhinekka Tunggal Ika.

Sekian dan terimakasih

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Sumber dan Referensi

1|2|3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Dari sisi kitab suci gmn?
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
itulah sebabnya ane menolak semua agama yang ada di dunia
setiap agama pasti memiliki darkside nya masing2
tapi ane tidak menampik sisi positif dari masing2 agama utk diambil dan diterapkan dalam hidup ane
sebagian orang memakai cara itu utk membuat agama baru
tapi ane lebih suka menyimpannya sendiri, karena tujuan ane bukan bikin agama baru, tapi utk menyempurnakan spiritual diri ane sendiri
walaupun hindu memiliki darkside seperti itu, tapi menurut ane, hindu jauh lebih baik dari semua agama yang ada di dunia saat ini
darkside nya gak usah di contoh dan gak usah di ikuti, ambil yg bagus bagus nya aja
coba aja ente ke Bali, di sana ente akan merasakan akur nya kehidupan beragama antara muslim, kristen, dan hindu bali di sana. gak ada tuh yg demo demo atau anti ucapkan selamat natal atau omong kosong sebangsa itu. semuanya menyatu.

Nasib Tragis dan Tradisi Untuk Para Janda Di India
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mahatma04 dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
Kita sependapat
Sedih sih kaya gini jangankan yg janda bahkan lansia yang di panti jompopun juga kasian
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Kasihan bgt sihhh apalagi kalo yg janda udah tua kan kasihan, gak tega, ya tapi namanya budaya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Di india dan di indonesia sama saja
Mereka mendiskriminasi janda tapu dengan cara yang berbeda.
Di indonesia semua orang menganggap janda itu perebut suami orang,gatel dll
Ibu ane janda.makanya ane benci kalo ada temen apa orang lain yang make guyonan istilah janda.
Mereka gak tau sedihnya ibu ane ngebesarin anak2nya sampe lulus sekolah
😤😤😤
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kagemane4869 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Pelan pelan semoga semua tradisi yang tak manusiawi akan sirna dan terlupakan.
Sistem patriarki yg parah n sistem kasta jg bs turut mmperburuk stigma kaum janda di india tuh, gan..... emoticon-Mewek
semoga istri ane gak jadi janda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
heydit99 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


Satu sisi ente menolak agama, sisi lain ente merasa nyaman di Bali.
Bali bisa bikin anda nyaman karena apa? Ya karena warganya mengamalkan ajaran Hindu dengan baik emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
a.vent dan azn1234 memberi reputasi
Tradisi yang sangat unik ya
Diubah oleh greasemonkey09
tradisi udik yg buat rakyatnya makin susah maju... hidup republik rakyat tiongkok aliansi pakistanemoticon-Ultah
profile-picture
G0J0 memberi reputasi
Kasian ih untuk kaum janda
Janda di India itu dianggap aib dan pembawa sial keluarga, mereka akan dikurung dan dilarang mengikuti acara keluarga. Ada film Bollywood yang mengangkat isu ini yang dibintangi Salman, Rani dan Amitabach, judulnya kalau gak salah Baabul.
Wah....tradisi budaya di india masih sangat dipercayai smpai sekarang. Ada rsa miris jg seh klu yg janda itu sdah renta.
Perempuan jgn cm jd ibu rumah tangga,
Hrs bs nyari duit sendiri jg krn kalo ini terjadi bisa mandiri.
Aku liat bibi2ku yg ditinggal mati scr ga lsg sikapnya kek diusir sama keluarga alm suami...
profile-picture
heydit99 memberi reputasi
bet krn pemfikirian seperti itu kadang mengerikan...
kasian jadi janda di india.. kalo di indonesia malah jadi rebutan para lelaki..
profile-picture
profile-picture
heydit99 dan CDrama memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Emang diskriminatif sih kalo sama janda
Agama yang diskriminatif, dimana ada kasta kasta.. emoticon-Tai
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di