andika.1stravelAvatar border
TS
andika.1stravel
Wow! Calon Kapolri Listyo Disebut Dekat Dengan Jawara Dan Ulama Banten



Wow! Calon Kapolri Listyo Disebut Dekat dengan Jawara dan Ulama Banten


Suara.com -Calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo disebut-sebut merupakan sosok yang dekat dengan jawara dan ulama Banten. Kedekatan itu terbangun ketika dia menjabat sebagai Kapolda Banten.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Majelis Ponpes Salafiyah (MPS) Banten KH Martin Syarkawi. Dia bahkan menyebut Listyo merupakan sosok yang peduli terhadap keberadaan pondok pesantren.

“Pak Sigit nanya, kira-kira solusinya apa untuk menjaga kemandirian ponpes salafiyah ini. Lalu terpikirlah untuk membangun," kata Syarkawi kepada wartawan, Jumat (15/1/2021).

Menurut Syarkawi, Listyo sempat merangkul Bulog dan Pertamina untuk membangun progam Rumah Pangan Santri atau RPS. Setidaknya, ada 150 lebih pondok pesantren yang mengikuti program tersebut.

Baca Juga:
Ungkap Borok Polri, Harapan Novel ke Calon Kapolri Listyo: Berani Reformasi

"Saya berkelakar ke Pak Sigit kalau dagang kita tidak punya modal. Alhamdulillah akhirnya beliau memberikan modal Rp20 juta untuk masing-masing RPS," bebernya.

Kendati tidak lagi menjabat sebagai Kapolda Banten, Syarkawi mengungkapkan bahwa Listyo masih kerap menanyakan terkait kondisi pondok pesantren. Bahkan, pengasuh Pondok Pesantren Al Fathoniyah Serang itu menyebut Listyo pernah menghubunginya tengah malam hanya untuk memintanya mengecek peristiwa kebakaran sebuah pondok pesantren.

"Pernah jam dua malam saya ditelepon sama beliau, katanya ada pesantren terbakar di Lebak. Beliau minta saya berangkat ke sana untuk melihat kondisi dan apa yang diperlukan," katanya.


Calon Tunggal Pilihan Jokowi

Presiden Joko Widodo alias Jokowi sebelumnya menunjuk Listyo sebagai calon tunggal Kapolri. Hal itu diketahui berdasar Surat Presiden (Surpres) yang diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke pimpinan DPR RI, pada Rabu (13/1) lalu.


"Karena itu pada hari ini seperti yang saya sampaikan tadi bahwa surpres telah kami terima dari bapak Presiden yang mana bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu Bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim," kata Ketua DPR RI Puan Maharani.

Seusai menerima surat presiden, DPR RI rencananya akan segera menindaklanjuti dengan melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test. DPR RI setidaknya memiliki waktu 20 hari untuk menjalankan mekanisme pengambilan persetujuan calon Kapolri tersebut.

"Artinya tanggal 1 Februari 2021 akan ada kapolri baru yang akan mengemban jabatannya," beber Puan.

Menyikapi keputusan Presiden Jokowi Listyo pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang mendukungnya. Selain, dia meminta doa agar dimudahkan saat menjalani fit and proper test.

"Terimakasih atas dukungan dan supportnya, mohon doanya agar bisa melaksanakan rangkaian fit and proper dengan baik," ucap Listyo.


--------


Listyo Sigit Prabowo sempat ditolak MUI dan ulama Banten ketika mau menjadi Kapolda Banten karena beragama Kristen bukan karena prestasinya dan akhirnya mereka terkesima
emoticon-Belgia



Ulama Kharismatik Banten Dukung Komjen Listyo Jadi Kapolri

Ulama Banten: Seandainya Jenderal-jenderal Seperti Listyo Sigit Pasti Benar

Diubah oleh andika.1stravel 15-01-2021 11:54
jokopengkor
nomorelies
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan