CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Naik Lagi, Utang Luar Negeri Indonesia Hampir Rp5.900 Triliun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600167b028c9914ace42f8a1/naik-lagi-utang-luar-negeri-indonesia-hampir-rp5900-triliun

Naik Lagi, Utang Luar Negeri Indonesia Hampir Rp5.900 Triliun

Bank Indonesia mengumumkan, posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia pada akhir November 2020 sebesar US$416,6 miliar. Besaran utang itu setara dengan Rp5.874,06 triliun dengan kurs sebesar Rp14.100 per dolar AS.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, menyatakan, pertumbuhan ULN Indonesia itu mencapai 3,9 persen year on year (yoy), meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 3,3 persen yoy. 

"Terutama disebabkan oleh peningkatan penarikan neto ULN pemerintah. Selain itu, penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga berkontribusi pada peningkatan nilai ULN berdenominasi rupiah," kata Erwin melalui keterangan tertulis, Jumat, 15 Januari 2021.

Dia merincikan, besaran utang pada periode itu terdiri atas ULN sektor publik, yakni pemerintah dan bank sentral sebesar US$206,5 miliar dan ULN sektor swasta termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebesar US$210,1 miliar.

ULN pemerintah, katanya, tumbuh 2,5 persen yoy menjadi sebesar US$203,7 miliar. Lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan Oktober 2020 sebesar 0,3 persen yoy. Ini disebutkannya dipengaruhi aliran masuk modal asing di pasar Surat Berharga Negara (SBN). 

"Serta penarikan sebagian komitmen pinjaman luar negeri untuk mendukung penanganan pandemi COVID-19, dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). ULN pemerintah tetap dikelola secara hati-hati, kredibel, dan akuntabel," tutur Erwin

ULN pemerintah disebutkannya untuk mendukung belanja prioritas, yang di antaranya mencakup sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial 23,8 persen, konstruksi 16,6 persen, jasa pendidikan 16,6 persen, administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib 11,8 persen serta sektor jasa keuangan dan asuransi 11,2 persen.

Sementara itu, ULN swasta tumbuh melambat dibandingkan bulan sebelumnya. Pada akhir November 2020, ULN swasta tumbuh 5,2 persen yoy, lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 6,4 persen yoy. 

"Ini disebabkan oleh perlambatan pertumbuhan ULN perusahaan bukan lembaga keuangan dari 8,3 persen yoy pada Oktober 2020 menjadi 7,2 persen yoy. Selain itu, ULN lembaga keuangan mencatat kontraksi 1,4 persen yoy," tutur dia

Berdasarkan sektornya, ULN terbesar dengan pangsa mencapai 77 persen dari total ULN swasta bersumber dari jasa keuangan dan asuransi, pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin, industri pengolahan dan pertambangan dan penggalian.

Sementara itu, rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir November 2020 sebesar 39,1 persen, relatif stabil dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya sebesar 38,8 persen. 

"Struktur ULN Indonesia yang tetap sehat tercermin dari besarnya pangsa ULN berjangka panjang yang mencapai 89,3 persen dari total ULN. Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam memantau perkembangan ULN," ucapnya.


https://www.viva.co.id/berita/bisnis...=selanjutnya-3

Klo ga utang ya ga bisa kerja.. hehe
But tenang di kantong pak dhe msh ada 11 rb triliun..

Lunass... emoticon-Paw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaka10ciao
Naik Lagi, Utang Luar Negeri Indonesia Hampir Rp5.900 Triliun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lucid dan 5 lainnya memberi reputasi
Masih punya 11K Triliun aman lah
Kadrun dongo sok anti utang. Padahal beli motor aja nyicil emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
utjuph dan xneakerz memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Kalo negara gk ada utang kitak2 auto kaya bray emoticon-Angkat Beer
profile-picture
utjuph memberi reputasi
utang naik tapi tukin pns naik juga
nanti anak cucu ikut nanggung ga nih? katanya tiap yang lahir di indo punya utang 17juta emoticon-Leh Uga
wajar utang...jangan negara gan.masyarakat aja ngutang kondisi kek gini...
coba presidennya dari kadrun..haram hutang..mending mati kelaparan...ya nggak?
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
sok sokan ngomong hutang ts nya aja hidup dari bansos..token pln aja gratis..kan asu
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
Cupu1971 memberi reputasi
wah trhead bacol kadrun ternyata...
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
utang pasti ribut perkapita !

kalau pendapatan, gak ada yang ribut perkapita !!

dan yang anti utang !!!

tetep masih pake jalan, bandara, tol, pelabuhan, terminal, stasiun, etc !!!!

kok ga malu ya !!!!!
profile-picture
Cupu1971 memberi reputasi
Ga ngutang, ga bisa cetak uang


Utang piutang antar negara kocak ya
Yg diutangin punya utang juga
profile-picture
worldofdota memberi reputasi
disisi laen aset & GNP negara jg bertambah, tapi beritanya gak click baity emoticon-Traveller
Daripada bingung Utang bisa bayar gak, nih gw kasih pencerahan dari segi pebisnis
*Bisnis.com, JAKARTA - Posisi utang pemerintah pusat per akhir November 2020 berada di angka Rp5.910,64 triliun dengan rasio utang pemerintah terhadap PDB sebesar 38,13 persen

*Sri Mulyani: Pendapatan Negara Turun Tajam, Rp 1.423 T hingga November 2020

makanya kita ngutang.. karena gak punya duit.
emoticon-Shakehand2

profile-picture
utjuph memberi reputasi
akhir era sby jumlah utang Rp 2.608 triliun. sungguh suatu prestasi sang tjahaja asia dalam 6 thn. emoticon-Wakaka
Njir, sampai akhir masa jabatan nanti kira² berapa ya warisan utang pemerintahan Jokowi
ngutang boleh2 aja yg penting gantung dulu koruptor
kecil... masih lebih banyak dikantong petugas partai emoticon-Ngakak
profile-picture
stiv8785 memberi reputasi
Tenang aja...
yang akan bayar bukan kita kok tapi anak cucu kita
profile-picture
dexvils memberi reputasi
kalo gak ngutang, pns mau dikasi makan apa?
emoticon-Smilie

kerja udah nyantai, gaji ke 13 dan thr siapa yg mbayar? emoticon-Smilie


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di