CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bahan Baku Obat COVID-19 Berasal dari Batok Kelapa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600004479a972e656a50b7fa/bahan-baku-obat-covid-19-berasal-dari-batok-kelapa

Bahan Baku Obat COVID-19 Berasal dari Batok Kelapa

Bahan Baku Obat COVID-19 Berasal dari Batok Kelapa

Merahputih.com - Beredar unggahan di sosial media Facebook yang menyatakan bahwa telah terdapat obat COVID-19, yang dihasilkan melalui kondensasi asap batok kelapa.

Unggahan milik akun Facebook Eko Susianto ini juga disertai dengan video berita yang menayangkan proses pembuatan batok kelapa menjadi obat COVID-19.

“Apreseasi anak negriAsap batok kelapa jadi obat Covid-19″

Klaim Mafindo, bahwa hasil kondensasi asap batok kelapa yang dapat digunakan sebagai obat COVID-19 adalah keliru.

Melansir dari laman covid-19.go.id, dijelaskan bahwa sampai saat ini, belum ada obat khusus yang disarankan untuk mencegah atau mengobati penyakit yang disebabkan virus corona baru (COVID-19).

Obat-obat herbal yang beredar di masyarakat hanya obat-obatan yang digunakan untuk meredakan, bukan sebagai obat yang secara langsung dapat menyembuhkan.

Mereka yang terinfeksi virus harus menerima perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati gejala, dan mereka yang sakit serius harus dibawa ke rumah sakit.

Hal ini pun didukung oleh pendapat ahli, yaitu dr. Samuel P. K. Sembiring. Melalui wawancara dengan media liputan6.com, dr. Samuel menjelaskan bahwa sampai saat ini obat dari Covid-19 belum ditemukan.

Dia menjelaskan jika terdapat klaim yang menyatakan bahwa ada pasien yang sembuh karena meminum atau mengonsumsi sesuatu, hal itu terjadi semata-mata karena daya tahan tubuh pasien.

“Covid-19 ini kan self limiting disease, atau bisa sembuh sendiri. Jadi covid-19 bisa sembuh sendiri berkat daya tahan tubuh kita bukan karena obat-obatan herbal yang dikonsumsi,” katanya menambahkan.

dr Samuel juga meminta masyarakat untuk waspada dan dapat membedakan apa yang diberi izin sebagai obat dengan apa yang diberi izin sebagai bahan makanan/minuman.

Dirinya menegaskan bahwa untuk pengobatan bagi pasien Covid-19 saat ini hanyalah terapi suportif sesuai dengan gejala pasien saja, yang jelas, menjalankan protokol kesehatan merupakan cara terbaik untuk mencegah Covid-19.

KESIMPULAN

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa hasil kondensasi asap batok kelapa sebagai obat COVID-19 adalah hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.


Sumber: Link
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
Penyakit karena virus tuh gak ada obatnya. Virus dilawan dengan daya tahan tubuh. Kalaupun ada obat²an, itu untuk membantu aja, bukan menyembuhkan.
profile-picture
reep1000 memberi reputasi
Pake asep cair?
Really????
emoticon-Nohope
Hisap asap obat nyamuk bakar aja, lebih ampuh emoticon-Blue Guy Smile (S)

Atau asap fogging juga bisa emoticon-thumbsup







































emoticon-Belgia
Ngevape emoticon-Leh Uga
Diapain? Digetokin ke kepala?
Minum disinfectan saja seperti saran trumpemoticon-Big Grin
profile-picture
snoopze memberi reputasi
Dijaman yg skrg ini memang byak sekali cara alternatif untuk melakukan pnyembuhan.tp kita juga wajib hati hati ya.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di