CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Benarkah Sistem Bersalah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff5142f337f934bbb525cc7/benarkah-sistem-bersalah

Benarkah Sistem Bersalah?

Benarkah Sistem Bersalah?
Sumber : beritasatu.com

Ngomongin bersalahnya sistem atau enggak itu kadang gak ada habisnya, ya mirip-mirip lah sama pertanyaan “ayam dulu atau telur dulu kira-kira?”. Saban hari, saya menemukan suatu perdebatan di media sosial paling open-minded sejagat raya (baca: Twitter) yang membahas bahwa negara ini gak butuh orang baik, melainkan sistem yang baik. Alhasil, tweet tersebut tentu mengundang reaksi yang cukup beragam dari para netizen di sana.

Kalo dipikir-pikir, agak gimana gitu yah kita masih ngomongin sistam sistem sistam sistem. Di negara lain, penduduknya udah pada ngerealisasi inovasi-inovasi menarik bin gilanya, eh yang di sini malah masih aja debatin masalah sistam sistem dan lain sebagainya. Ya meskipun sebenernya ada juga sih bahan debat yang jauh lebih parah dari sekedar ngocehin sistem, macam debatin kelakuan feminis dan debatin "ini halal atau haram?" salah duanya.

Lebih anehnya lagi, meskipun debat ngomongin sistem ini kesannya annoying banget, saya malah tetep aja ngomongin kayak begini. Bodo lah, saya bikin thread ini emang karena lagi kepengen beropini aja sih sebenenrya, kalian mau pro atau kontra, terserah kalian aja itu mah, hehe.

Bersalah atau enggak nih kira-kira? 

Benarkah Sistem Bersalah?
Sumber : productiveedge.com

Kalo menurut saya sih, sistem itu gak sepenuhnya salah. Kenapa? Karena yang ngejalanin sistem itu kan manusia-manusia juga. Semakin baik manusia yang menjalankan suatu sistem tersebut, ujung-ujungnya sistem yang lagi dijalankan tersebut kedepannya bakalan semakin baik juga jadinya, begitupun sebaliknya.

Analogikanya macem begini deh, sistem itu ibarat kendaraan, manusia itu ibarat pengemudinya. Pengemudi mengendalikan kendaraan ke arah yang sesuai, manusia tentunya mengendalikan sistem ke arah yang sesuai pula.

Benarkah Sistem Bersalah?
Sumber : kompas.tv

Kalo ada yang bilang “tapi bang, orang baik bisa lho jadi jahat kalo sudah masuk sistem di negeri ini”, jawaban saya sih tetep aja yang bikin dia berubah jadi jahat itu orang-orang bobrok yang ada di dalam sistem itu. 

Maka dari itu, kita selaku generasi penerus bangsa, jangan mau kalah sama sistem yang bobrok. Kalo memang kalian mau negara ini jadi makin baik, coba deh masuk ke dalam sistem dengan membuat partai politik, abis itu coba nyaleg, kalo udah kepilih, ubah tuh sistem bobrok dari dalam dengan sikap idealisme dan konsistensimu itu, jangan bisanya cuma ngoceh-ngoceh dari luar doang.

Emang sih ngoceh-ngoceh itu dilindungi undang-undang kebebasan berpendapat, cuma kalo bisanya cuma ngocehin sistem bobrok dari luar doang mah, mau sampai kapan tuh sistem bobrok bakalan berubah ke arah yang lebih baik?

Pada intinya, yuk ubah sistem dari dalam menjadi lebih baik lagi......!


Rekomendasi thread lainnya:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tim2one
Halaman 1 dari 4
Yg bikin yg salah
yang salah itu resiko melaksanakan suatu sistem, bukan sistemnya itu sih.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg salah itu yg manfaatin bug di sistem gan #sotoymodeon emoticon-Hammer2
Bisa jadi
Sistem bisa dikelabui kalau jago menjilat, croootttt emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
iya bersalah.. sistem yang salah mau input sebagus apapun output-nya tetep aja jelek..
Benarkah Sistem Bersalah?

dia lah yang SALAH.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rozestrada dan 4 lainnya memberi reputasi
Kalau cuma sendiri. Bisa apa???

Kalau Ikut Hati Nurani ya Lebih baik keluar dari sistem atau ikut terjebak ke dalam sistem tanpa bisa berbuat banyak untuk merubah nya.

emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh b.p.r.d
Yg salah itu semuanya, kecuali Yang Maha Kuasa

Kalau masih aja berkutat siapa yg salah. Dia yg salah tapi gak mengakui & dia yg melihat kesalahan tapi gak bertindak, itu sepasang.

Tapi kalau masih juga menuntut siapa yang salah. Adalah mereka yg sadar akan kesalahan baik itu di dirinya atau pun di luar dirinya, tapi lalai dalam berintrospeksi untuk lebih baik lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
IGetMyPain dan 3 lainnya memberi reputasi
PSI yang idealis di DPRD DKI aja mental tuh, malah dibully terus. Emang susah klo boomers masih dominan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Karna nila setitik,rusak susu sebelanga (rusak senegara).
emang udah manusianya yg busuk, bukan sistemnya
profile-picture
profile-picture
kentus02 dan tim2one memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
demokrasi datang bagai pahlawan kesiangan, ingin memberikan sistem yg lebih stabil dr sistem kerajaan. nyatanya apaan? cuih!
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Yang salah adalah sistem.

Negara adalah cara paling tidak efisien untuk mencapai tujuan

Sehingga negara harus sebisa mungkin TIDAK IKUT CAMPUR dalam urusan kehidupan warganya.

I might be bias because I was a libertarian, but I never seen a single govt in the entire world that work more efficient than private entity.

Menurut gua, negara cukup ada pengadilan, polisi, dan tentara. Sisanya bebas lepas, tanpa beban. emoticon-Angkat Beer
profile-picture
ferist123 memberi reputasi
Diubah oleh anti.liberal
Sistem yg dianggap baik/benar/tidak salah dalam konteks tulisan TS itu sistem yang bagaimana kah?emoticon-Matabelo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
TS nyuruh2 nyaleg.
Dia sendiri kagak.
emoticon-Wkwkwk
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mungkin harus dua2nya baik gan, antara sistem sama orangnya hehe
profile-picture
tim2one memberi reputasi
Manusianya yang bikin rusuh itu.
profile-picture
tim2one memberi reputasi
Belum tentu juga lho. emoticon-Cool
Jangan lupa digembok ya. emoticon-Cool
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di