- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?


TS
xhamstermaniac
Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?
Dianggap 'TUA', Usia Pesawat Yang Jatuh 26 Tahun, Batasnya Berapa?

ilustrasi pesawat tua
Baru saja Indonesia memasuki awal tahun 2021 dengan harapan yang indah setelah pada tahun sebelumnya dihantam pandemi covid-19 yang membuat semua orang terkena dampaknya, tapi tiba-tiba saja pada hari sabtu lalu kita semua dikejutkan dengan munculnya berita tentang sebuah pesawat komersil dari maskapai sriwijaya air hilang kontak dan akhirnya dinyatakan jatuh di laut.
BACA JUGA :
Tentu kita semua sangat berduka dengan kejadian tersebut, ini adalah sebuah tragedi yang sangat memilukan, terlebih jika kita melihat bagaimana proses pencarian serta evakuasi yang dilakukan oleh para pihak terkait sampai saat ini.

Berbagai spekulasi pun mulai ramai diperbincangkan terkait kecelakaan tersebut, salah satunya adalah tentang 'UMUR PESAWAT' yang sudah berusia 26 tahun dan dianggap cukup tua untuk digunakan hingga saat ini.
Mungkin pertanyaan besarnya adalah berapakah maksimal usia pesawat yang bisa digunakan?
dan apakah usia pesawat menjadi faktor krusial terhadap kecelakaan yang terjadi?

ilustrasi pesawat tua
Dari kutipan detik, menurut Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association, Denon Prawiraatmadja menjelaskan jika pada umumnya tidak ada batasan usia pesawat yang beroperasi di Indonesia dan negara lain, kalaupun ada yang menentukan adalah manufaktur.
Jadi menurutnya tidak ada kaitan antara usia pesawat dengan kelayakan pesawat, kelayakan pesawat sendiri dicek rutin oleh maskapai dan kemudian diperiksa oleh regulator dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
Hal tersebut juga diungkapkan Pengamat Penerbangan Samudra Sukardi. Dia menuturkan, maksimum pesawat yang masuk atau dibeli di Indonesia maksimal 20 tahun. Namun, untuk operasional selanjutnya tidak ada batasan usia.

perawatan mesin pesawat
"Kalau sudah di Indonesia kalau nggak salah sampai kapan aja boleh, nggak terbatas, mau 21-22 (tahun) asal maintenance bagus sehingga ada maintenance, kalau dia dirawat di GMF, GMF bisa bilang itu masih layak terbang," terangnya.

"Kalau Singapore Airlines dia maksimum 5 tahun, 5 tahun dia jual dia beli yang baru," tambahnya.
Nah gimana menurut gansis? apakah usia pesawat bisa menjadi masalah pada penerbangan?
kalau menurut ane ya namanya mesin tentunya semakin berumur akan semakin rentan, kuncinya adalah di perawatan rutin dan pengecekan yang ketat, ibaratnya kalau motor tua mengalami kerusakan mesin dijalan ya kita tinggal dorong, tapi kalau pesawat mengalami masalah mesin saat di udara tentu beda lagi urusannya.

Penulis : xhamstermaniac
Sumber : Link 1
Foto : Google
-kaskus-

ilustrasi pesawat tua
Baru saja Indonesia memasuki awal tahun 2021 dengan harapan yang indah setelah pada tahun sebelumnya dihantam pandemi covid-19 yang membuat semua orang terkena dampaknya, tapi tiba-tiba saja pada hari sabtu lalu kita semua dikejutkan dengan munculnya berita tentang sebuah pesawat komersil dari maskapai sriwijaya air hilang kontak dan akhirnya dinyatakan jatuh di laut.
BACA JUGA :
Quote:
Tentu kita semua sangat berduka dengan kejadian tersebut, ini adalah sebuah tragedi yang sangat memilukan, terlebih jika kita melihat bagaimana proses pencarian serta evakuasi yang dilakukan oleh para pihak terkait sampai saat ini.

Berbagai spekulasi pun mulai ramai diperbincangkan terkait kecelakaan tersebut, salah satunya adalah tentang 'UMUR PESAWAT' yang sudah berusia 26 tahun dan dianggap cukup tua untuk digunakan hingga saat ini.
Mungkin pertanyaan besarnya adalah berapakah maksimal usia pesawat yang bisa digunakan?
dan apakah usia pesawat menjadi faktor krusial terhadap kecelakaan yang terjadi?

ilustrasi pesawat tua
Dari kutipan detik, menurut Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association, Denon Prawiraatmadja menjelaskan jika pada umumnya tidak ada batasan usia pesawat yang beroperasi di Indonesia dan negara lain, kalaupun ada yang menentukan adalah manufaktur.
Jadi menurutnya tidak ada kaitan antara usia pesawat dengan kelayakan pesawat, kelayakan pesawat sendiri dicek rutin oleh maskapai dan kemudian diperiksa oleh regulator dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
Hal tersebut juga diungkapkan Pengamat Penerbangan Samudra Sukardi. Dia menuturkan, maksimum pesawat yang masuk atau dibeli di Indonesia maksimal 20 tahun. Namun, untuk operasional selanjutnya tidak ada batasan usia.

perawatan mesin pesawat
"Kalau sudah di Indonesia kalau nggak salah sampai kapan aja boleh, nggak terbatas, mau 21-22 (tahun) asal maintenance bagus sehingga ada maintenance, kalau dia dirawat di GMF, GMF bisa bilang itu masih layak terbang," terangnya.

"Kalau Singapore Airlines dia maksimum 5 tahun, 5 tahun dia jual dia beli yang baru," tambahnya.
Nah gimana menurut gansis? apakah usia pesawat bisa menjadi masalah pada penerbangan?
kalau menurut ane ya namanya mesin tentunya semakin berumur akan semakin rentan, kuncinya adalah di perawatan rutin dan pengecekan yang ketat, ibaratnya kalau motor tua mengalami kerusakan mesin dijalan ya kita tinggal dorong, tapi kalau pesawat mengalami masalah mesin saat di udara tentu beda lagi urusannya.

Penulis : xhamstermaniac
Sumber : Link 1

Foto : Google
-kaskus-




Diubah oleh xhamstermaniac 12-01-2021 22:40






indramamoth dan 26 lainnya memberi reputasi
27
12.3K
157


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan