CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Tak Mau Divaksin Corona Bisa Masuk Penjara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffbd9555cf6c41cb66bd563/warga-tak-mau-divaksin-corona-bisa-masuk-penjara

Warga Tak Mau Divaksin Corona Bisa Masuk Penjara

Warga Tak Mau Divaksin Corona Bisa Masuk Penjara

Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan ada sanksi pidana bagi masyarakat yang tak mau disuntik vaksin corona. Sebab, vaksinasi covid-19 bersifat wajib.

Edward menyatakan sanksi pidana itu bisa berupa denda hingga penjara, atau bahkan keduanya sekaligus. Hal ini mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Dalam Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 menyebutkan setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan atau menghalangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan bisa dipidana dengan penjara paling lama satu tahun atau denda maksimal Rp100 juta.

"Jadi ketika vaksin wajib, maka jika ada warga negara tidak mau divaksin bisa kena sanksi pidana. Bisa denda, bisa penjara, bisa juga kedua-duanya," ucap Edward dalam Webinar Nasional: Kajian Hukum, Kewajiban Warga Negara Mengikuti Vaksinasi, Sabtu (9/1).

Namun, hukum pidana ini menjadi sarana paling akhir. Artinya, hal ini dilakukan setelah penegakan hukum yang lain tak berfungsi.

"Artinya sosialisasi dari dokter, tenaga medis, itu penting untuk menciptakan kesadaran masyarakat," kata Edward.

Menurut dia, pemerintah hingga tenaga medis dapat melakukan sosialisasi pentingnya vaksinasi covid-19. Dengan demikian, ada kesadaran dari masyarakat untuk mau divaksinasi.

"Tanpa ada upaya paksa, penegakan hukum dengan konteks pidana itu tidak perlu dilakukan," jelas Edward.

kolam

malang nian nasibmu bong bong, ibarat makan buah simalakama, gak divaksin takut ketularan covid, divaksin kayanya malah lebih cepet mati, sepertinya masa kejayaan rejim dan kaum cebong akan segera berakhir dengan tragis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Kok makin beringas sih nih rezim? Maksa vaksin, kalau sampai kenapa2 gara2 vaksin ga mau tanggung jawab. Rezim yang aneh. Melanggar hak asasi rakyatnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Warga Tak Mau Divaksin Corona Bisa Masuk Penjara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sibuk.nyaleg dan 2 lainnya memberi reputasi
Kok malah ada pemaksaan gini, kacau. Padahal setiap orang mempunyai hak dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau. Setiap orang berhak secara mandiri dan bertanggung jawab menentukan sendiri pelayanan kesehatan yang diperlukan bagi dirinya.

Sampai dengan hari ini informasi yang baik dan benar untuk persoalan pandemi, virus corona sampai vaksin masih belum sampai ke masyarakat di pelosok pedesaan. Itu persoalan mendasarnya. Padahal kekuasaan mempunyai banyak akses yang bisa diberdayakan untuk memberikan informasi yang baik dan benar serta detail soal pandemi, virus corona dan vaksin.

Komunikasi dan informasi yang kurang baik akhirnya menimbulkan kekacauan, akhirnya kepanikan, akibatnya timbul rasa ketidak percayaan dari masyarakat. Kekuasaan pun akhirnya mengambil jalan politik buntu, dengan cara pemaksaan.

Padahal UU 36 tentang Kesehatan bunyianya ; setiap orang mempunyai hak dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau. Setiap orang berhak secara mandiri dan bertanggung jawab menentukan sendiri pelayanan kesehatan yang diperlukan bagi dirinya.

Kalau memang persoalan pandemi ini menjadi sebuah prioritas utama bagi Presiden Jokowi, agar kemudian perekonomian bisa bangkit kembali, maka sudah mestinya Jokowi menggerakkan semua potensi yang ada. Padahal ada banyak mahasiswa/mahasiswi yang mau jadi relawan memberikan informasi yang detail soal pandemi, virus Corona dan vaksin kepada masyarakat, bahkan Jokowi bisa meminta tolong kepada pers, pers daerah terutama di seluruh Indonesia agar mau memberikan informasi yang baik dan benar serta detail soal apa itu pandemi, virus corona dan Vaksinasi, sebab pers daerah itu mereka lah yang paling tahu sikon di daerah nya sendiri ketimbang pejabat di pusat yang diminta sosialisasi ke daerah.

Jadi perlu dipahami, bahwa yang menjadi persoalan utama kenapa sampai ada ancaman sangsi denda sekian juta bagi masyarakat yang tidak mau divaksin itu apa ? Ya karena ada ketidak percayaan dari masyarakat.

Masyarakat yang dibingungkan dengan informasi yang berbeda-beda, akhirnya tidak percaya. Ditangkaplah sinyal itu oleh kekuasaan dengan cara pemaksaan, artinya disini ada kegagalan informasi yang kurang baik soal pandemi dan vaksinasi sampai di telinga masyarakat paling bawah.

Akhirnya masyarakat ngak percaya, kemudian bilang;
"Lho saya sehat kok, kenapa malah disuntik".
"Saya ngak mau disuntik vaksin karena vaksinnya aja masih menimbulkan kontroversi".
" Lah kenapa kekuasaan mau kasih sangsi saya karena saya ngak mau divaksin, kan udah jelas dalam UU Kesehatan bahwa saya berhak menentukan kesehatan pribadi saya sendiri, jadi saya juga dilindungi UU".
"Kalau memang vaksin sinovac aman, terus kenapa pemerintah masih juga ambil produk dan merk vaksin yang lain".
"Itu BPOM aja masih belum kasih izin edar sinovac tapi kenapa di distribusikan".

Dll...

Jadi kekuasaan itu gagal memberikan informasi yang baik apa hubungan pandemi dan Vaksinasi, yang akhirnya menimbulkan ketidak percayaan dari masyarakat, dan ditambah lagi di daerah² itu ada yang namanya hukum adat, ada juga Lord² nya juga, ngak mudah buat kasih informasi yang menyakinkan soal pandemi dan vaksin kepada mereka, karena itu tadi pejabat yang diperintahkan ngak tau sikon di daerah itu gimana cara berkomunikasinya.

Padahal, negara sudah mengeluarkan uang Trilliun nan buat beli vaksin, dan gratis juga kabarnya, jadi jangan sampai mubazir dan sia². Maka biar semua masyarakat mau divaksin, ya berikanlah informasi yang baik dan benar serta detail, apa adanya kepada masyarakat mualai dari masyarakat di kota sampai di pelosok desa. Kekuasaan harus bisa menyakinkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar mau divaksin dengan suka rela.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
neopolite dan 4 lainnya memberi reputasi
Rezim ini perlu belajar yang namanya komunikasi massa yang efektif. Yang didalamnya ada unsur :

▪︎Etika
▪︎Empati
▪︎Serta koordinasi

Kemari, menkes yg baru bilang tidak ada pemaksaan...ntah kenapa jadi berbeda.
Sesama pekerja rezim ini selalu saja tidak kompak.
profile-picture
profile-picture
gil4ngdemonic dan mr.puguh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kurang lebih 3 tahun lagi masanya untuk bermewek ria.


emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trimusketeers dan 2 lainnya memberi reputasi
divaksin kejang2 gak vaksin kejang2 juga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
imogenist dan areszzjay memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
trus soal sterilnya jarum suntik... satu jarum buat satu orang kan?? amit2 klo harus berbagi jarum suntik sama orang lain..
profile-picture
imogenist memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Warga Tak Mau Divaksin Corona Bisa Masuk Penjara
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan areszzjay memberi reputasi
Erdogan sembahan ente jg bakal berakhir tragis dong drun? emoticon-Takut

https://news.detik.com/internasional/d-5308703/turki-akan-terima-3-juta-dosis-vaksin-sinovac-nakes-prioritas
profile-picture
profile-picture
imogenist dan areszzjay memberi reputasi
Mampus, kaskuser sinophobia yang tidak mau di vaksin sinovac bisa dipenjara.

Hahaha
profile-picture
profile-picture
Kelthuzad.lich dan imogenist memberi reputasi
Gw yakin 99% yg menolak divaksin palingan golongan kadrun

Benci pemerintah, ogah jalankan prokes, anggap covid itu hanya konspirasi, meragukan keamanan vaksin walaupun sudah disertifikasi BPOM dan MUI.

Tapi ntar kalau uda kena covid dan harus berobat, jerit jerit paling kenceng minta di cover BPJS.

Sampah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kelthuzad.lich dan 5 lainnya memberi reputasi
mohon perhatian....


Warga Tak Mau Divaksin Corona Bisa Masuk Penjara


Yak terimakasih sudah perhatian

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imogenist dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Iya silahkan cuma penjara bisa over kapisitas seminggu pun dah dilepas. emoticon-Ngakak
profile-picture
jamban.bocor memberi reputasi
musti dikasih duit dulu biar mau divaksin emoticon-Ngakak
Bentar bentar, kalo paksinnye dari pfizer atau moderna yang terbukti manjur 90an persen lebih sih ane ga bakal keberatan, ga diwajibkan pun ane sukarela buat disuntik paksin. Lah ini make sinopak? Yang brajil aja nolak, cingcong menlen jg ga jelas disana kek gimana....malah maksa emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imogenist dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
repot amat pake penjara2an. kalo ada warga nolak skip aja, suruh teken surat pernyataan kalo misal kena covid ga akan ditangani di fasilitas kesehatan milik negara ataupun swasta.
katanya utk mencapai herd immunity cuma perlu 70-80% populasi yg divaksin. mending kasi vaksinnya ke warga yg bener2 mau.
yg nolak juga cuma segitu2 aja kan. biar ikut seleksi alam dulu.
profile-picture
imogenist memberi reputasi
Gw ga ngerti sama logika org2 goblog jaman skrg.. Ga indon aja sih yg begini.. Mereka2 itu parno kl pemerintahnya ingin membunuh mereka melalui vaksin.. Seakan2 percaya teori konspirasi lalu menjadi pintar..

Mikir..
Pemerintah mana mau membunuh rakyatnya yg pembayar pajak? Kl kelian gembel, takut dibunuh pemerintah ya mungkin aja.. tp kl kelian pembayar pajak, mosok pemerintah mo bunuh kelian.. nanti sapa yg bayar pajak? dr mana pemerintah bisa dapet duit? mau korup dr mn? Kl kelian pembayar pajak pada mokat, t'rus negara ancur dong.. pemerintah mana mau ngancurin negara sendiri??

Kl pun ada niat jelek, sejelek2nya adalah pemerintah ingin kelian tergantung, kl bisa addicted, pada mereka. Jd kl vaksin itu berbahaya, ya bahaya yg mgk adalah bs bikin kelian addicted dan beli vaksin terus menerus shg duit masuk.. dan itu tdk berlaku pada kelian gembel2.. Jadi pemerintah maunya rakyatnya kaya2 dan bayar pajak semua shg mrk jg kaya2.. pemerintah mana mau jadi gembel? dasar otak gembel pada..
profile-picture
imogenist memberi reputasi
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Hak atau kewajiban nih?
Gue nonton podcast deddy korbuzer ama dr tompi. Sangat mencerahkan. Intinya lo mau vaksin ya vaksin aja. Tapi yang ga mau ga usah dipaksa.
profile-picture
imogenist memberi reputasi
Vaksin haram!! emoticon-Mad
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di