rukminiirawanAvatar border
TS
rukminiirawan
Mengapa Saya Masih Betah Mengidolakan Nike Ardilla?
 
 

Nike Ardilla telah lama wafat ya gan dan kita semua tahu itu, beliau berpulang pada 19 Maret 1995 silam atau sekitar 25 tahun lalu, pokoknya di tahun itu, kabar kepergiannya bagai ada petir yang nyambar di siang bolong, siapa yang menyangka artis muda, penuh talenta dan sedang naik daun ini harus pergi selama-lamanya menghadap Sang Khalik?, Kabar wafatnya diputar di tv selama hampir 3 bulan gan, seingat ane yang juga berita wafatnya juga cukup lama disiarin di tv dan berbagai media massa adalah almarhum Uje.

Sudah sangat lama lama ia wafat tetapi penggemarnya tidak pernah bosan untuk mengidolakannya, menikmati karyanya, berziarah ke makamnya dan beberapa hal lainnya yang masih tetap setia dilakukan walau si bintang telah lama tiada..

Setidaknya ada beberapa hal berikut ini yang membuat saya tetap takjub padanya sehingga menjadikanya sebagai idola, dan beberapa hal berikut ini rasa-rasanya sulit ditemui oleh selainnya, emm seperti..

1.      Nike Ardilla tetap menerima penghargaan seusai wafatnya






Biasanya jika seniman telah wafat maka secara berangsur-angsur berhentilah semua penghargaan yang akan disematkan padanya (kecuali untuk mengenang). Tetapi Nike, bahkan setelah bertahun-tahun ia wafat, karya-karyanya masih tetap dikenang dan terkenang serta masih berhak memperoleh banyak penghargaan untuk beberapa kategori misalnya..

1.      Nike Ardilla Stamp had been relased in Russia (Abkasia anda Tauva Region) tahun 1996 (penghargaan internasional)

2.      Golden Prize Malaysia Music Awards For 10 tahun koleksi terunggul album 2005 (penghargaan internasional)

3.      Multi-Platinum Awards For The Best of Panggung Sandiwara Album, 1997

4.      Multi-Platinum Awards For The Best of Cinta di Antara Kita Album, 1997

5.      Multi-Platinum Awards For The Best of Ingin Ku Lupakan Album, 1998

6.      Multi-Platinum Awards For The Best of Belenggu Cinta Akbum, 1999

7.      Multi-Platinum Awards For The Best of Volume II Album, 2000

8.      Multi-Platinum Awards For The Best Beat Album, 2002

9.      Multi-Platinum Awards For The Best of The Best Album, 2004

10.  Multi-Platinum Awards For Golden Memories Album, 2005

11.  Multi-Platinum Awards For  11 tahun Nike Ardilla Album, 2006

12.  Multi-Platinum Awards For Lagu Pilihan Fans Album, 2007

13.  Multi-Platinum Awards For The Best of Tinggalah Ku Sendiri CD Album, 2008

14.  Multi-Platinum Awards For Number One RBT Album, 2009

15.  Triple-Platinum Awards For Koleksi Lengkap Album, 2010. In 2 days album sold 500.000 Copies.

16.  Dan yang terakhir, Legend Award Anugerah Musik Indonesia 2020 (bareng alm Didi Kempot dan Keenan Nasution Bersaudara)

Penghargaan-penghargaan di atas untuk musik gan, udah banyak ya? Ngap bacanya ya hehe belum lagi yang beliau dapetin pas masih hidup, hemm semuanya berjumlah 35 penghargaan yang berhasil di sabetnya.


Sementara untuk penghargaan video musiknya beliau mendapatkan “Best Famale Video, MTV Viewer Choice Indonesia, 1997.” . sebenarnya untuk video music, total penghargaannya ada 4, tetapi tiga yang lainnya di dapatkan ketia ia masih hidup.

Untuk penghargaan televisi:

1.      Dunia Bintang SCTV Awards, 1995 (Favorite Viewer Artis)

2.      Dunia Bintang SCTV Awards 1995, (Favorite Journalist Artis)

3.      Silet Infortaiment Highest 2[sup]nd[/sup] Rating “Nike Ardilla Epispde”,2003

4.      SCTV Programme Eko Patrio Show BEST Legend, beliau ngalahin Titiek Puspa dan Benyamin S, Viewers Choice, 2005. Dll..

Namanya masuk dalam daftar penyanyi termuda yang dianugerahkan penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia bersama 8 musisi senior lainnya (Titiek Puspa, Deddy Dores, Gombloh, Anggun, Iwan Fals,  Ebiet G Ade, Titiek Sandhora, Broery Marantika)

2.      Diantara 100 perempuan yang paling berpengaruh di Indonesia, ia menduduki peringkt ke 4 gan (dari buku 100 perempuan paling berpengaruh di Indonesia) . hal ini lebih didasarkan oleh beragai kegiatan amal yang di lakukannya.



Bagi ane pribadi, di tahun-tahun 90an awal, aktris yang rajin buat kegiatan amal untuk masyarakat yang kurang mampu tidaklah setenar dan sebanyak sekarang ya gan, makanya ane respek banget sama kepribadiannya, contoh sumbangsihnya adalah mendirikan SLB kala itu.

 

3.      Selepas ia wafat pun wajahnya masih menghiasi majalah-majalah.







Bayangin aja gan, ada artis yang telah berpuluh-puluh tahun wafat tetapi wajahnya masih dijadikan sebagai sampul majalah atau tabloid hingga berkali-kali. Ini adalah sebuah penghargaan bagi ia yang setinggi-tingginya yakni masih diberikan porsi di berbagai sampul majalah, tentu saja dalam rangka bahwa ia masih dikenang, seperti Best Selling Cover Tabloid Nova for Nike Ardilla Cover Headline, 2 kali jadi cover tabloid  Genie dalam edisi 36 dan 38 bulan Maret 2010  dan masih banyak lagi.




 

4.      Angka pengikut di akun media sosial fans untuknya fantastis.



Di IG, Fb, dan lain-lain, jika nulis namanya di kolom pencarian pastilah selalu ada fanspage atas namanya yang terbilang aktif dan punya pengikut yang fantastis gan, sekali lagi bahwa angka ini terbilang luar biasa untuk sosok yang telah berpuluh tahun tiada.

Tadi ane cek di IG beberapa fanspagenya, ada yang dikisaran angka 128 ribu,  ada pula yang 90 ribu lebih. Dan ane cek juga di fb, untuk halaman resminya punya sekitar 4,2 juta pengikut, widih..

 

5.      Perlahan-lahan genre musik slow rock pun ikut memudar bersama perginya ia.






Lagu-lagu Nike hampir semuanya slow rock dan genre ini cukup digemari dan hits banget di awal-awal 90an, seperti lagu Bintang Kehidupan, Seberkas Sinar, Sandiwara Cinta dan favorit ane Suara Hatiku.

Ane pernah baca satu artikel yang berisi tulisan bahwa sejak Nike meninggal maka musik slow rock juga semakin memudar di dunia permusikan karena memang tidak ada yang sukses Nike.

 

6.      Dia satu tubuh dengan banyak bakat.




Rasa-rasanya gak salah kalau ane klaim ini,

Dia nyanyi, punya 2 album mencapai jutaan copy, dan tiga di antaranya sukses menembus dua juta copy. Dia aktris, model, dan main film pula. Tercatat dirinya punya 131 lagu,21 film/ sinetron di umur yang belum genap 20 tahun.

 

Dan yang terakhir menurut ane ini sangat berkesan banget

 

7.      Kalau menurut ane pribadi, melihat style Nike Ardilla yang begitu stylish, trendy, sepertinya kita gak melihat kalau ia adalah gadis 90an awal dan mungkin cocoknya seperti gadis kekinia di era ini, soalnya selera ia dalam berbusana dan mendandani diri terbilang cukup berbeda dari kebanyakan para wanita di masa itu. Pokoknya sukses banget jadi trendsetter dimasanya..













Lewat ialah gaya rambut belah tengah sebahu jadi ngetop, ye kan emoticon-Big Grincoock banget di dia, ngelihat berbagai posenya yang demikian membuat bener-bener pangling bahwa ia gadis 90an awal..

 

 

Dan demikianlah sedikit tulisan yang tercipta karena lagi rindu sama idola emoticon-Big Grin, kelen-kelen ada yang samaan gak niih?

 



Spoiler for Sumber:



Junmai92
yusuf2210
badbironk
badbironk dan 42 lainnya memberi reputasi
41
7.6K
172
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan