CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Hajeli, Sumber Pangan Kaya Manfaat yang Mulai Langka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff8e1a55cf6c403803192d5/hajeli-sumber-pangan-kaya-manfaat-yang-mulai-langka

Hajeli, Sumber Pangan Kaya Manfaat yang Mulai Langka

Hajeli Si Mungil Yang Mulai Langka

Hajeli, Sumber Pangan Kaya Manfaat yang Mulai Langka
Hajeli: Wikipedia

Tanaman yang menjadi bahan pokok makanan masyarakat Indonesia memang beragam. Dari mulai yang sudah populer yaitu padi sebagai penghasil beras. Jagung, singkong, ubi, dll. Semua sumber karbohidrat itu dibudidayakan masyarakat agar kebutuhan pangan tetap terpenuhi.

Ragam metode bercocok tanam kian hari kian variatif. Dengan berbagai kemudahan. Sistem bertani moderen mulai diterapkan agar menghasilkan hasil panen yang maksimal.


Namun, taukah Gansis? Ada tanaman penghasil bahan pangan yang kian tergerus zaman. Bahkan sudah langka ditanam di masyarakat. Apakah tanaman itu?

Hajeli, Sumber Pangan Kaya Manfaat yang Mulai Langka
Tanaman hajeli tumbuh subur: fp Desa wisata hanjeli

Quote:


Hajeli, Sumber Pangan Kaya Manfaat yang Mulai Langka
Biji hajeli: Dok.pri

Hajeli saat ini menjadi salah satu program unggulan dari sebuah desa yang berjuluk Desa Wisata Hanjeli yang berlokasi di Kecamatan Waluran Sukabumi Selatan. Letaknya tidak jauh dari objek wisata alam Geopark Ciletuh.

Di sana hajeli dibudidayakan dan hasil panennya diolah menjadi aneka olahan kuliner. Seperti: nasi hajeli, bubur hajeli, rangginang, dodol, peuyeum dll.

Hajeli, Sumber Pangan Kaya Manfaat yang Mulai Langka
Dodol Hajeli: fp Desa wisata hajeli

Di kampung ane pun hajeli masih ditanam oleh para petani sebagai tanaman tumpang sari bersama padi yang ditanam di ladang. Morfologisnya yang lebih tinggi dari padi menyebabkan pertumbuhannya tidak terganggu rimbunan daun padi. Budidayanya pun tidak sulit. Hanya saja masa tanamnya mencapai 6 bulan untuk bisa dipanen.

Butir hajeli tua berwarna keputihan. Sedangkan ketika masih muda berwarna hijau kemudian menjadi ungu kecoklatan. Di tempat ane. Hajeli ini lebih sering dibuat tape alias peuyeum. Rasanya memang mengalahkan tape ketan atau singkong.

Hajeli, Sumber Pangan Kaya Manfaat yang Mulai Langka
Peuyeum hajeli: dok.pri
Hajeli, Sumber Pangan Kaya Manfaat yang Mulai Langka
Bubur hajeli: dok.pri

Hajeli adalah karbohidrat kompleks sama seperti gandum. Sehingga sangat bagus untuk pencernaan. Menyehatkan lambung, dan membuat perut kenyang lebih lama. Tepung yang dihasilkan dari hajeli ternyata free gluten loh, jadi sangat bagus untuk yang memiliki penyakit diabetes.

Hajeli, Sumber Pangan Kaya Manfaat yang Mulai Langka
Nasi hajeli: dok.pri

Tanaman pangan jenis serealia ini sering disebut Adlay, Air Mata Ayub (Job’s tears), atau Ma Yuen (Cina). Dikonsumsi manusia kuno di kawasan India utara 4.000 tahun sebelum masehi.

Hanjeli memiliki nilai gizi yang luar biasa bahkan menjadi bagian dari kesehatan (herbal). Dengan kandungan gizi sebagai berikut:
Dalam 100gram Hanjeli terdapat 76,4%, protein 14,1%, lemak 7,9%, vitamin B1 0,48 mg, kalsium 54 mg dan serat 0,9%.

Biji hajeli juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan manik- manik untuk suvenir.

Semoga bermanfaat 🙏....

Sumber: opini pribadi
Wikipedia
Fp Desa Wisata Hanjeli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
derinurhandi dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Pejwan
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Hajeli
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Tanaman pangan
Baru tau kalo bisa dimakan.
Jaman gw kecil cuma dirangkai pake benang, dijadiin gelang atau tasbih.
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Diubah oleh junaedi1982new
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di t4 Ane udah sangat sangat sangat langka...
emoticon-Mewek
Hajeli, Sumber Pangan Kaya Manfaat yang Mulai Langka
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan Neutralizer2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Damn... setelah liat thread ini baru inget waktu kecil dulu ane pernah makan bubur hajeli emoticon-Wow namanya bubur jali-jali....tapi karena jarang juga jadi udah benar2 terlupakan sampe ane liat thread ini. Dgn kandungan protein diatas 70% makanan ini layak di-promote pemerintah sebagai sumber pangan masa depan...semoga makin banyak culinary-creative yg mengolahnya sehingga makin dikenal masyarakat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
1305Toto dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indifans28
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ternyata bisa buat apa saja 👍👍
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Aku baru tau
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
emoticon-Jempolemoticon-Shakehand2emoticon-Cendol Gan

Spoiler for KULINER BUAH MANGROVE BISA GANTIKAN NASI:
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Diubah oleh wowonwae
Masih kecil dulu, kami nyebutnya pohon biji tasbih...karena biasanya digunakan utk tasbih..
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Bisa di tanam di pot ga ya
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:
emoticon-Semangat

Quote:
iya tiap daerah beda sebutan
Baru tahu emoticon-Matabelo
Quote:


Quote:


Baru tahu namanya hajeli, sekarang ngg pernah liat lagi sis, di tukang sayur kayanya juga ngg ada
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jagung cantel kah?
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Enak ini padahal, ane kira dulu jagung putih 😅
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Quote:

G tau kalo nama wilayah lain apa
Quote:
hihi bukan
Waktu kecil suka bikin kalung atau gelang pakai hajeli
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
jaman ane waktu SD ma temen2 naek sepeda nyari hajeli tp dulu d namain jali2. pulang2 di jaiin kalung
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
baru denger tanaman ini.. ternyata mirip padi yaa.. rasanya gimana tuh kira kira
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di