CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Gak Kepikiran, Ini Alasannya Kenapa Ban MotoGP Botak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff5b7b6c0cad727205c96fd/gak-kepikiran-ini-alasannya-kenapa-ban-motogp-botak

Gak Kepikiran, Ini Alasannya Kenapa Ban MotoGP Botak

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 5
Dengan kondisi jalanan Indonesia yang amat beragam akibat kondisi cuaca dan para pemakainya, sangat disarankan jangan pake ban gundul. Beda standar.nya.
Ane kira itu gara" saking kencengnya sampai ga keliatan teksturnya emoticon-EEK! ternyata emang rata toh
Karena ban gak punya rambut *eh*
emoticon-Hammer2
profile-picture
MAQ375 memberi reputasi
Ban cacing perlu juga begini nih biar tampil gaya depan ciwik2 emoticon-Cool
Nice info Gan.
emoticon-Jempol
ikut saran pabrikan yang pasti ekonomis ajah
sepertinya hal ini tidak berlaku untuk ban cacing. maaf. emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Oh gitu toh ternyata, kirain karna di tv liatnya jadi keliatan botax
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ban balap untuk trek kering dipastikan memakai slick tyre dengan 3 pilihan compound utama : soft, medium dan hard. Kenapa balap di trek kering pakai ban slick ? Alasan utamanya jelas agar 100% contact area ban terpakai untuk memaksimalkan traksi mulai dari titik tengah ketika di trek lurus sampai titik samping kanan kiri ban ketika menikung. Ban balap untuk trek basah dipastikan memakai groove tyre dengan 3 pilihan utama : super soft, soft dan medium. Kenapa balap di trek basah pakai groove tyre ? Alasan utamanya adalah agar ban mudah untuk membelah dan membuang genangan air ke kiri dan kanan ban melalui groove nya sehingga efek aquaplanning ( ban kehilangan traksinya karena melayang diatas genangan air bukan mencengkram di aspal sirkuit ) dapat dikurangi atau dihilangkan tanpa terlalu banyak mengorbankan traksi ban di sirkuit. Kenapa ban balap diciptakan dengan beragam grooved n compound ? Grooved ban didesain agar dapat membelah dan mengalirkan air ke kanan dan kiri ban dengan cepat pada saat kecepatan tinggi di permukaan aspal sirkuit. Makin banyak n tinggi genangan air di aspal sirkuit maka makin lebar dan dalam groove bannya. Compound ban makin keras makin awet dipakai dan makin tahan pada suhu tinggi akibat gesekan permukaan ban dan aspal sirkuit tapi justru makin lama mencapai suhu kerjanya. Begitu juga kebalikannya, makin empuk compound ban maka makin cepat mencapai suhu kerjanya sehingga punya traksi maksimal tetapi kurang tahan lama dan tidak tahan pada suhu tinggi. Kenapa ban ada suhu kerjanya ? agar ban cukup panas dan menjadi empuk serta melekat sempurna di trek aspal. Suhu ban yg terlalu panas akan rentan pada beban dan tekanan tinggi sehingga mudah aus dan meletus. Kenapa aspal sirkuit lebih kasar ( berpori ) daripada aspal jalan biasa tentunyanya agar ban balap dapat lebih mencengkeram di permukaan aspal dan dapat mengurangi efek genangan air yang berbahaya bagi pembalap. Aspal sirkuit yg kasar juga mempercepat keausan ban balap.
Diubah oleh gonugraha76
Pantes mereka miring2 gitu gak jatoh ya, ternyata salah satu alasannga karena dari pengaruh bannya
emoticon-Matabelo
wuaahhh info yg bener2 baru ane tau gan.. thxs yakk emoticon-Angkat Beer
Itu bisa meningkatkan handling dan pengereman.
Kalo ane... michelin pilot street
Hemat buat kelas rakyat
Ban udah botak masih aja dipake, ganti lah emoticon-Leh Uga
Diubah oleh fauziiaraxii
Udah kering beloman?

{thread_title}
ingat ya gan, tidak diperuntukan untuk kegunaan sehari hari indonesia yang banyak lokasi banjir dan genangan emoticon-Big Grin
ban basah ga botak
ane mikirnya emang gitu gan, trus kalo ujan pasti gampang slip 😅 baru kepikiran juga kalo ujan diganti ban yg ulir ya...
Oke ane langsung cus ganti ban gini an ke PLANET B*N gan emoticon-Leh Uga
Halaman 2 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di