CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mulai Januari 2021, Motor Harus Lulus Emisi, Gimana Nasib 2 Tak?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff5ed0b10d2950c3d02adae/mulai-januari-2021-motor-harus-lulus-emisi-gimana-nasib-2-tak

Mulai Januari 2021, Motor Harus Lulus Emisi, Gimana Nasib 2 Tak?


Mulai Januari 2021, Motor Harus Lulus Emisi, Gimana Nasib 2 Tak?

Sepertinya uji emisi kini makin diperketat, khususnya untuk daerah DKI Jakarta, pada tanggal 24 Januari 2021 mendatang, kendaraan seperti mobil dan motor yang usianya lebih dari 3 tahun harus lulus untuk uji emisi.

Kebijakan uji emisi ini sempat digembar-gemborkan 2 tahun yang lalu, dimana mobil yang memenuhi standar emisi lewat serangkaian uji yang akan dilakukan.
Dan sepertinya, menyambut awal tahun 2021 pemerintah DKI Jakarta melakukan pengetatan dan untuk menekan angka polusi yang tersebar jadi lebih rendah.

Pemerintah mengacu pada peraturan Gubernur No 66 Tahun 2020, soal Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Pemerintah akan menggandeng instansi dalam penegakan hukum seperti kepolisian dan dinas perhubungan untuk menegakkan aturan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 285 dan 286.

Disana dijelaskan bahwa kendaraan yang usianya sudah lebih dari 3 tahun diwajibkan untuk melakukan uji emisi, nantinya akan menjadi dasar bagi aparat untuk melakukan penindakan berupa tilang atau menetapkan tarif tertinggi pada saat parkir.

Mulai Januari 2021, Motor Harus Lulus Emisi, Gimana Nasib 2 Tak?

Untuk sanksi, pemerintah akan menetapkan ancaman denda maksimal Rp 250.000 yang berlaku untuk kendaraan bermotor, sedangkan mobil akan dikenai ancaman denda maksimal Rp 500.000.

Selain penindakan tidak lolosnya uji emisi, nantinya aparat juga akan menindak tegas bagi pemilik kendaraan bermotor yang tidak melaksanakan kewajibannya dalam melakukan uji emisi gas buang.

Tetapi aturan yang rencananya akan berlaku pada tanggal 24 Januari mendatang, dimana itu tinggal hitungan hari saja…sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari tempat yang ditugaskan untuk melakukan uji emisi.

Belum ada yang bisa memastikan, sampai bengkel pun yang seharusnya bisa digunakan sebagai penyedia uji emisi belum ada konfirmasi sampai sekarang.
Gimana menurut kalian? kalau kita lihat kondisi seperti kendaraan bermotor di Jakarta itu umumnya dan mostly masih didominasi oleh kendaraan berumur 5 tahun keatas. Artinya mau tidak mau masyarakat yang masih menggunakan motor berusia 3 tahun lebih harus melakukan aturan yang berlangsung.

Gimana nasib motor 2 tak ya?

Referensi : https://www.aripitstop.com/2021/01/02/mulai-januari-2021-motor-berusia-lebih-3-tahun-harus-lulus-uji-emisi/  


profile-picture
profile-picture
profile-picture
jonwongndeso dan 6 lainnya memberi reputasi
Mungkin nanti, ada bengkel rujukan buat uji emisi.. bisa bengkel resmi dan tinggal diatur..
Motor dua tak terakhir Ninja 150 dan udah nggak diproduksi lama.. yah palingan buat koleksi atau dipake di luar Jakarta..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waah secara perlahan pasti bakal tersisih kalo nanti udah full ramah lingkungan emoticon-Sorry
Post ini telah dihapus oleh KS06
kolektor motor antik gimana kabarnya
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
Mesin 2T lama dan Rotary dah pasti gak lolos emisi. Mesin motor 2T modern udah ada yg lolos euro 3 - 4, contoh motor trail / enduro keluaran pabrikan Eropa kayak KTM dan Husqvarna.
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Apes bener deh ane mobil diesel n motor 2 tak 😢
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Motor ane udah berusia 13 tahun gan, semoga lolos uji emisi
Lah lah lah, tiap 3 tahun wajib ganti motor baru gitu ?
Ini ngujinya pake standart apa ?
Makin kesini ada2 aja proyeknya si endut ijo2 emoticon-No Hope
profile-picture
TuanLi memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
semua hanya jadi halusinasi kepentingan pejabat dan pengusaha Korup, dengan berbagai dalih.
Motor ane honda suprafit makin irit dengan ane kasih magnet kuat ditangki bbm. Lilitan tambahan di output spul pengapian dan output cdi, pake groundstrap biar api busi makin ciamik. Hasilnya tambah efisien tp gk tau emisinya jd berapa...
profile-picture
pulaukapok memberi reputasi
cuma di jakarta doang kah? atau daerah lain juga tp masih bertahap?
Ngimpi...
semoga gak jadi dah. atau kalo ngga diundur dulu lah kondisi lagi begini pula kan
Kalo 5 tahun semisal udah gak lulus uji emisi tuh motor terus nanti kan tuh motor nganggur bukannya ga jadi sampah tuh,mo dikemanain nanti apakah masih bisa diolah/dilebur gitu mungkin?
Kayaknya ya gapapa deh kalau di indonesia masih bisa tetep dipakai gan, gatau juga sih


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di