Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

idsoke20Avatar border
TS
idsoke20
Mengenal Adempiere ...
Mengenal Adempiere ...

Memiliki sistem ERP adalah satu hal yang sangat didambakan oleh setiap perusahaan, apalagi hal ini sangat terkait erat dengan peran ERP sebagai tools atau sarana yang digunakan sebagai salah satu pemicu peningkatan efisiensi dan kinerja sebuah perusahaan. Sebuah sistem atau aplikasi berhak menyandang kata ERP apabila sudah mempunyai proses dan transaksi yang telah terintegrasi, yaitu dari proses pembelian, inventory, pengaturan vendor, produksi, proyek, penggajian, perencanaan Anggaran dan lain-lain.

Adempiere sendiri merupakan sebuah software ERP yang berbasis Open Source yang sudah memiliki point – point yang telah saya sebutkan diatas. Adempiere merupakan solusi alternative akan kebutuhan ERP. Lalu Kenapa harus memilih Adempiere , padahal banyak aplikasi ERP yang sudah lama terkenal seperti Oracle ERP, SAP , People Soft?. Jawabannya cukup simple, karena Adempiere dengan segala fitur yang dimilikinya bisa diperoleh dengan biaya Nol Rupiah alias Gratis. Tentu berbeda dengan Oracle ERP dan SAP yang nilai nya bisa mencapai Milyaran Rupiah.

Kelebihan Adempiere.


Menurut beberapa sumber, Adempiere lahir dan dibidani oleh sekelompok programmer yang tersebar di berbagai negara. Lahir mulanya ada akibat dipicunya status ERP Compiere yang berubah menjadi aplikasi ERP yang berbayar dimana sebelumnya adalah aplikasi yang free distribution, opensource. Adempiere sendiri dari awal lahirnya hingga sekarang memiliki semua hal yang dimiliki oleh Compiere, disamping itu dia juga telah ditambah dengan modul – modul lain yang membuat ia senakin kaya dengan fitur – fitur yang canggih. fitur fitur yang dimaksud itu adalah : POS ( Point of Sales ) dari Posterita, Modul Libero Manucfaturing dari eevolution.

Mengenal Adempiere ...

Dukungan komunitas terhadap ERP Adempiere termasuk sangat bagus, kita bisa saling bertanya dan berdiskusi di forum para implementor ERP Adempiere, sehingga ketika kita mengalami kesulitan saat melakukan implementasi aplikasi ini kita bisa menanyakan di forum ini. Saat ini Adempiere terus berkembang Versinya dari pertama kemunculannya yang dimulai dari versi 3.4 hingga kini versi terbarunya sudah mencapai versi 3.9

Teknologi dalam Adempiere

- Adempiere dibangun dari Bahasa JAVA, sehingga ia bersifat robust yaitu bisa berjalan diatas multiplatform.

- Adempiere mendukung pengunaan database ORACLE, sehingga keamanan data dan kapasitas data bukan menjadi isu yang patut dipersoalkan lagi.

- Dia juga bisa menggunakan database alternative yang bisa diperoleh dengan gratis, yaitu posgresql.

- Teknologi Framework yang digunakan canggis yaitu ZK Framework, dengan ZK Framework anda akan dibawa seolah – olah sedang mengunakan aplikasi berbasis Dekstop, padahal anda sedang menggunakan aplikasi berbasis Web yang kaya dengan fitur AJAX.

- Didikung dengan Server J2EE JBOSS application Server.

- Kustomisasi Report bisa dilakukan dengan mudah, kita bisa mengurangi filed filed yang akan ditampikan dalam report dengan cukup menggunakan UI yang telah disediakan, tanpa menyentuh template XML Jasper yang ada. Kecuali jika memang benar benar melakukan perubahan yang signifikan dalam hal report, maka baru kita bersentuhan langsung dengan File – File Jasper.

Dimana mendapatkan Adempiere??
Adempiere versi 3.9 yang merupakan versi release terakhir saat ini. untuk menginstalnya anda bisa mendownloadnya di : http://bintray.com

Sedangkan jika anda ingin melakukan Customisasi terhadap Aplikasi untuk menyesuiakan dengan kebutuhan bisnis, anda bisa chkeckout dari : http://github.com/adempiere/adempiere

Sedangkan dukungan Komunitas bisa anda peroleh di : ADempiere.net .

Semoga pada tulisan berikutnya bisa menjelaskan step by step cara menginstall adempiere. Semoga bermanfaat.

Sumber
Diubah oleh idsoke20 05-07-2019 04:09
goodmanina
goodmanina memberi reputasi
1
2K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan