CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Vaksinasi Serentak Tunggu Fatwa MUI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff529b05cf6c4331b37bec1/vaksinasi-serentak-tunggu-fatwa-mui

Vaksinasi Serentak Tunggu Fatwa MUI

Vaksinasi Serentak Tunggu Fatwa MUI

Juru Bicara Wakil Presiden (Wapres) Masduki Baidlowi mengatakan penyuntikan vaksin COVID-19 secara serentak kepada masyarakat akan dilakukan setelah mendapatkan fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Pemerintah tidak akan pernah melakukan vaksinasi ke berbagai daerah kepada semua orang, tanpa ada fatwa dari MUI mengenai kehalalan dari vaksin itu," kata Masduki di Jakarta, Selasa (5/1).

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi MUI tersebut menjelaskan saat ini tim dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI sedang bekerja untuk menerbitkan fatwa halal vaksin buatan Sinovac, China itu.

"Kalau BPOM itu kan mengerjakan bagaimana efektivitas vaksin, kemujarabannya, kalau itu sudah oke, baru kemudian secara paralel juga teman-teman dari MUI akan menentukan apakah vaksin itu halal atau tidak," jelasnya, seperti dilansir antara.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga telah melaporkan kepada Wapres Ma’ruf Amin terkait perkembangan persiapan vaksinasi COVID-19 secara serentak.

Menkes juga menyampaikan kepada Wapres bahwa vaksinasi COVID-19 akan dilakukan setelah fatwa MUI dan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) dari BPOM terbit.

Pendistribusian vaksin ke sejumlah daerah saat ini, kata Masduki, merupakan salah satu langkah persiapan agar vaksinasi berjalan serentak ketika izin dari BPOM dan MUI terbit.

"Menkes, ketika menghadap Wapres, itu menjelaskan supaya nanti serentak dilakukan vaksinasi di berbagai daerah. Tapi itu sama sekali tidak akan mengabaikan fatwa dari MUI," ujarnya.

Vaksin COVID-19 buatan Sinovac telah tiba di Indonesia sebanyak 3 juta dosis, yang dikirimkan dalam dua tahap yakni 1,2 juta dosis pada 6 Desember 2020 dan 1,8 juta dosis pada 31 Desember 2020.

Hingga saat ini, vaksin Sinovac tersebut telah tiba di Banten (14.560 dosis), Jawa Tengah (62.560 dosis), Jambi (20.000 dosis), Sumatera Barat (36.920 dosis), Sumatera Selatan (30.000 dosis), Bengkulu (20.280 dosis), Kalimantan Utara (10.680 dosis), Sulawesi Barat (5.960 dosis) dan Papua (14.680 dosis).

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan divaksin pada Rabu, 13 Januari 2021, bersama dengan sejumlah pejabat pemerintah lainnya, kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.



paksin versi beta
maaih nunggu patwa
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
tidak penting halal/haram, yang penting adalah vaksin ini aman, efektif dan efek jangka panjangnya seperti apa, justru yang ditunggu adalah HASIL uji klinis tiap vaksinnya

kondisi kedaruratan tidak perlu di treatment dengan cara-cara normal
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Diubah oleh Fresh.ID
Gw baru tau fatwa lebih penting dr uji klinis 🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ridonculous dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ga mau di vaksin ya udah kasih ke yg membutuhkan...

Stempelan doang yg dikejar...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itilnjepat dan 2 lainnya memberi reputasi
gara-gara kaum kadrun nih
jadi ribet
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Fatwa blm keluar tapi kmrn udah ngirim surat ke Presiden minta divaksin duluan, jgn2 klo gak masuk prioritas utama, tuh fatwa gak bakalan keluar?
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Klo mereka gak diprioritasin bakal di stempel haram tuh vakin
profile-picture
profile-picture
itilnjepat dan areszzjay memberi reputasi
Yang alergi makanan, boleh nolak divaksin gak nih
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
ada bau busuk disini
fatwa MUI sengaja di pake sebagai senjata utk memprioritaskan kyai sebagai penerima vaksin
jika keinginan itu tidak di turuti, maka fatwa MUI soal vaksin akan dipersulit
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Serius tanya, klo di negara2 arab ada sertifikasi halal gini juga gk sih?
Cuan cuan.
Ni ormas level SSS stempel mulu yg diributin.
Cuma ormas agama ini yg ribut stempel halal harom.
Yg lain mah adem" aja perasaan.
profile-picture
itilnjepat memberi reputasi
Betapa sibuknya kang stempel akan proyek kali ini emoticon-shakehand
holol karena turdkey pake ini pfaksin emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di