c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Bila Lautan Tidak Ada Oksigen Apa Yang Akan Terjadi?




Oksigen, siapa yang tak mengenal zat itu? Setiap hari dan setiap waktu kita selalu saja menghirupnya, oksigen adalah kebutuhan yang penting bagi manusia. Bila tidak ada oksigen otomatis mahluk hidup yang memerlukannya akan punah, lalu tahukah kalian darimana oksigen berasal?

Wah pastinya langsung buka buku sekolah nih, yup bener banget nih kalian semua kalau jawabannya dari proses fotosintesis. Dari sinilah sumber oksigen di bumi berasal, lantas siapakah yang melakukan proses fotosintesis jawaban kita langsung tertuju pada pohon atau tumbuh-tumbuhan, mungkin kita akan bertanya penghasil oksigen terbesar itu hutan ya?



Tidak salah, tapi sebenarnya penghasil oksigen terbesar bukan hutan loh gan. Tapi di laut!! Wah, menarik ya proses fotosintesis terbesar malah ada di laut.

Karena di laut ada organisme yang bernama fitoplankton, nah fitoplankton ini yang menghasilkan oksigen karena ia juga berfotosintesis. Dengan jumlah laut yang cukup luas di bumi, otomatis oksigen banyak dihasilkan dari laut.



Namun ada berita menyedihkan nih gan, dengan terbakarnya hutan bahkan menurut Tim ilmuwan dari United Nations Intergovernmental Oceanographic Commission saat ini laut juga mengalami masalah krisis yang lebih parah.

Oksigen di laut mengalami penurunan yang signifikan, biota laut jelas tak sanggup hidup di laut yang tak ada oksigennya. Maka mereka akan migrasi atau mati, kenaikan suhu bumi juga menjadi perkiraan kenapa terjadi oksigen yang semakin menipis.



Akibatnya karang yang memutih itu adalah sebab bahwa oksigen di dalam laut sudah krisis, ditambah lagi fitoplankton yang punah akibat pencemaran pada laut.

Bayangkan limbah sampah yang tiap hari dibuang ke laut akan memberikan efek racun yang berbahaya bagi biota laut, bila terus-terusan terjadi hingga puluhan tahun ke depan maka lingkungan dan ekosistem laut akan rusak.

Berkurangnya proses fotosintesis tentu akan memberikan efek pada kehidupan di bumi, kalau tak ada pencegahan dari kerusakan lingkungan, terlebih jumlah penduduk semakin banyak maka yang terjadi oksigen menjadi komoditas para pemburu dollar.



Oksigen akan diperjual belikan di masa depan, pabrik-pabrik oksigen akan banyak berdiri. Bayangkan kalau di lautan sudah tak ada oksigen!! Sungguh mengerikan bukan.

Selalu bersyukur dan jagalah lingkungan untuk kehidupan manusia nanti di masa depan, termasuk anak dan cucu serta keturunannya nanti. See u next thread

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Diubah oleh c4punk1950... 02-01-2021 06:28
ulermaboq
yugeel
provocator3301
provocator3301 dan 40 lainnya memberi reputasi
41
4.6K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan