Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bukaninfobiasaAvatar border
TS
bukaninfobiasa
6 Program Bansos Jokowi yang akan Cair Januari 2021
6 Program Bansos Jokowi yang akan Cair Januari 2021

Kepala Negara RI, Joko Widodo akan menyalurkan 6 Program Bansos pada Januari 2021 ini. Program tersebut merupakan lanjutan dari program tahun lalu yang bertujuan mendongkrak daya beli masyarakat yang sedang menghadapi pandemi Covid-19.

Ada beberapa program bansos yang akan tersalurkan dibulan januari 2021 ini dan bisa diterima oleh masyarakat. Hal tersebut disampaikan Jokowi ketika memimpin rapat terbatas dengan kabinetnya di Istana Negara pada Selasa 29 Desember 2020.
Pada APBN 2021 anggaran sebesar Rp110 triliun telah disiapkan pemerintah untuk melanjutkan program perlindungan sosial yang sudah berjalan sejak tahun lalu. 

Adapun program perlindungan sosial yang dilanjutkan dan akan bisa disalurkan Januari ini antara lain adalah:

1. Program Kartu Sembako

Dari jumlah anggaran tersebut Presiden Jokowi Dodo merincikan sebanyak Rp45,1 triliun disiapkan untuk Program Kartu Sembako yang akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat. Program yang biasa di sebut dengan bantuan pangan non tunai ini dijalankan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Penyaluran nya akan dilakukan pada pekan pertama bulan januari 2021 ini.

2. Program Keluarga Harapan

Dalam Program keluarga Harapan (PKH) pemerintah menyiapkan Rp28, 7 triliun untuk 10 juta KPM selama 4 triwulan. Program ini juga merupakan program yang dibawah naungan Kemensos yang rencananya akan disalurkan pada bulan ini.

3. Bantuan Sosial Tunai

Terkait program Bantuan Sosial Tunai (BST) pemerintah juga menyiapkan 12 triliun untuk 10 juta KPM. Dalam program ini para keluarga penerima manfaat akan mendapatkan Rp300 ribu perbulan.

4. Program Kartu Prakerja

Pemerintah telah menganggarkan untuk Program Kartu Prakerja Rp10 triliun yang nantinya bisa digunakan untuk pelatihan meningkatkan skill para calon pekerja. Program ini merupakan program lanjutan dari tahun lalu dan berada di bawah Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

5. BLT Dana Desa

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa memiliki anggaran Rp14, 4 triliun yang siap di salurkan untuk para penerima manfaat.

6. Diskon Listrik

Bantuan yang terakhir dan akan disalurkan bulan ini adalah diskon listrik bagi masyarakat diseluruh Indonesia.


fixindonesia.pikiran-rakyat.com
nomorelies
tien212700
tien212700 dan nomorelies memberi reputasi
2
895
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan