zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Memakai Jarik Ketinggalan Zaman? Yuk, Simak 8 Fashion Kekinian Dari Bahan Jarik!
Fashion Dari Jarik, Why Not?



Assalamualaikum, apa kabar Agan Sista?
Tak terasa kita sudah memasuki tanggal pertama di tahun 2021. Semoga kita diberikan kesehatan, rizki yang berkah dan tentunya kesuksesan.



Dunia fashion memang tak jauh dari kehidupan manusia. Melihat sejarah peradaban manusia, pakaian adalah salah satu faktor modernisasi. Ya, dari yang dulu berdasar catatan sejarah manusia memakai penutup tubuh dari kulit kayu atau dedaunan. Hingga berubah menenun dan menghasilkan kain.

Salah satu peninggalan sejarah dunia fashion Indonesia adalah kain jarik. Kain yang dari zaman nenek moyang telah digunakan dengan berbagai manfaat ini utamanya dipakai kaum perempuan untuk menutup tubuh atau sebagai bawahan yang sederhana.



Kain jarik: Dokpri

Kain jarik berkembang penggunaannya seiring berjalannya waktu. Jika dulu jarik ini berfungsi sebagai penggendong bayi, atau kemben pada budaya jawa. Eksistensi kain ini ternyata tak tergerus oleh modernisasi dimana fashion baju yang lebih banyak memakai kain hasil tekstil seperti bahan linen, moscrepe, satin dll.

Jarik yang kini masih bertahan memang lebih banyak bermotif batik jawa, baik dari Jawa Timur, Jawa Tengah atau Jogyakarta. Motif jarik ini menjadi simbol yang berbeda dan memiliki filosofi di dalamnya. Kesan anggun dan berwibawa terpancar dari padanan busana batik jarik.


Di daerah ane sendiri jarik ini masih sangat laku di pasaran. Selain dipakai para ibu, biasanya pesantren yang masih menganut aliran tradisional masih mewajibkan santriwatinya memakai jarik yang disebut samping sarung yaitu jarik yang sudah dijahit. Sedangkan jari panjang tanpa jahitan disebut samping kebat, ini dipakai untuk para ibu karena penggunaannya yang sedikit ribet bagi para remaja.

Jarik ini ternyata kini sudah memiliki sentuhan modernisasi dalam bentuk ragam pakaian yang unik dan tentunya tidak ketinggalan zaman. Nah, penasaran Gansis ingin tahu bagaimana bentuk inovasi pakaian dari jarik? Yuk disimak di thread ane kali ini.

Quote:

Nah, itulah fashion dari kain jarik yang sista bisa pilih sebagai ragam outfit sehari-hari ataupun pada acara resmi.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di thread ane yang lain. Jangan lupa komen dan cendolnya 🥰.

Opini pribadi
Gambar:
]1
2
3
4
5
Dokpri
Diubah oleh zatilmutie 01-01-2021 02:54
cheria021
kudanil.la
gustiarny
gustiarny dan 13 lainnya memberi reputasi
14
7.9K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan