CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Terbitkan Aturan Bikin & Perpanjang SIM Bisa Gratis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fedaafac342bb76983f0e72/jokowi-terbitkan-aturan-bikin-amp-perpanjang-sim-bisa-gratis

Jokowi Terbitkan Aturan Bikin & Perpanjang SIM Bisa Gratis

Jokowi Terbitkan Aturan Bikin & Perpanjang SIM Bisa Gratis

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi baru saja meneken PP Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara BukanPajak (PNBP) yang Berlaku pada Kepolisian RI. Pada PP itu, memungkinkan biaya untuk layanan publik seperti biaya pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi masyarakat miskin bisa gratis.

Dalam Pasal 1 PP yang diteken Jokowi pada 21 Desember 2020, mengatur ada 31 jenis PNBP yang berlaku di lingkungan Kepolisian RI.
Jenis PNBP itu antara lain,

1. Pengujian untuk penerbitan SIM baru
2. Penerbitan perpanjangan SIM
3. Pengujian penerbitan surat keterangan uji ketrampilan pengemudi
4. Penerbitan STNK
5. Penerbitan surat tanda coba kendaraan bermotor
6. Penerbitan tanda nomor kendaraan bermotor
7. Penerbitan tanda coba nomor kendaraan bermotor
8. Penerbitan BPKB
9. Penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor ke luar daerah
10. Penerbitan SKCK

Soal biaya SIM gratis tertuang dalam Pasal 7. Dalam pasal itu dijelaskan tarif atau jenis PNBP yang diatur dalam Pasal 1 bisa ditetapkan sampai dengan Rp0 atau 0 persen.

"Dengan pertimbangan tertentu, tarif atau jenis penerimaan negara bukan pajak sebagaimana dimaksud dalam pasal 1 dapat ditetapkan sampai dengan Rp0 atau 0 persen," kata pp tersebut seperti dikutip Kamis (31/12).

Dalam Penjelasan Pasal 7 dijelaskan 'pertimbangan tertentu' antara lain penyelenggaraan kegiatan sosial, keagamaan, kegiatan kenegaraan dan pertimbangan karena keadaan di luar kemampuan wajib bayar atau kondisi kahar, serta bagi masyarakat tak mampu, mahasiswa/ pelajar, dan UMKM.

Aturan itu menambahkan layanan yang mendapatkan prioritas gratis yakni penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Ketentuan lebih lanjut mengenai besaran, persyaratan, dan tata cara pengenaan layanan gratis diatur dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sementara itu, "Besaran, persyaratan, dan tata cara pengenaan tarif Rp0 atau 0 persen harus terlebih dahulu mendapat persetujuan Menteri Keuangan," imbuh aturan itu.

link


Dalam Penjelasan Pasal 7 dijelaskan 'pertimbangan tertentu' antara lain penyelenggaraan kegiatan sosial, keagamaan, kegiatan kenegaraan dan pertimbangan karena keadaan di luar kemampuan wajib bayar atau kondisi kahar, serta bagi masyarakat tak mampu, mahasiswa/ pelajar, dan UMKM.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Buat sim baru gratis ....



Jadinya berapa lama .. berapa kali ujian















*iseng aja ..... kagak usah serius replynya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bongkar kebiasaan lama...!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Wahh setuju nih kalau oerpanjanh sim geratis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:



Saat ujian, ketika baru starter kendaraan, sang penguji bersabda:

emoticon-army : "Gagal, kamu belom baca doa. Ujian lg minggu depan."

emoticon-Kagets : emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatille dan 11 lainnya memberi reputasi
Mulai berlaku kapan ini gan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan gabener.edan memberi reputasi
Subannalloh emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Biaya bikin simnya gratis kok, mau lulus cepet dan pasti lulus tesnya ya bayar emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hhendryz
Gini aja pak;
Yg telat perpanjang sim, denda aja ga usah bikin baru
Kenain denda 100% jg ga apa2, drpd bikin baru mentok di simulator atau praktek pake motor dan mobil ajaib
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 3 lainnya memberi reputasi
"masyarakat tak mampu, pelajar/mahasiswa, dan umkm"
ngurus berkasnya udah repot duluan kali ya

nabung 500 perhari setahun, bisa buat perpanjang sim untuk 5 tahun kedepan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pajak pembelian kendaraan baru dong diilangin, mumpung lagi banyak promo ni...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cPOP dan 2 lainnya memberi reputasi
Ujian nya ngabisin waktu dan ongkos lebih lebih drpd pake calo atau beli sertifikat...


Lagu lama..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
S & K berlaku emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan kakekane.cell memberi reputasi
wah setuju banget nihhh
sekalian bkin peraturan bkin sim janga susah2 dong pak, biar gaada calo2an, semua dpt lisencenya resmi gtu legal
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Asik jg klo perpanjang gratis emoticon-Salaman
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Bukan biayanya sebenernya
Waktunya itu lho
Ngurus juga butuh waktu yg gk sedikit
Apalagi kalau gk lulus ujian berkali2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Menarik, mudah-mudahan pelaksanaan di lapangan benar-benar sesuai dan tidak merugikan banyak masyarakat, hehehe.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
klo gw nggak perlu gratis
bayar seperti sekarang pun oke..masih terjangkau
yg dibenerin tuh prosedurnya..sederhanakan
tes juga perlu, tp harus transparan..jangan mengada ada
yg ada sekarang kayak lingkaran setan...dan jadi mainan aparat.

pengalaman, kalo urisan pajak udah cepet,termasuk yg 5 th nan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masgembus
Yg taat bayar pajak, kapan gratis?

profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
efektif gak nih sim gratis nantinya? pasti ada efek efek kedepannya.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Teringat ide ori pks
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di