CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
STOP KULIAH ATAU GIMANA?? :'(
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb9c2c29775133f6c45f04f/stop-kuliah-atau-gimana

AWAL MASUK KULIAH ONLINE, DARING TEROOS-,-

Aku maba baru yg udh jalanin kuliah smst 1 selama 3 bulan, jurusanku sistem informasi D3 di PTS. Aku lagi bimbang sama kuliahku saat ini, online terus materi yang masuk otak cuma dikit, kebanyakan kuliah sambil rebahan, its not working for me. Apalgi aku ngambil D3 yg seharusnya lebih banyak prakter dripada teori, tapi ini teori terus. Mungkin baru semester 1, mau mutusin berhenti kuliah tapi aku keingetan sama ortu yg rela2 minjem duit ke bank buat biaya UKT. I don't want to be like this, i don't want to burden my pa&ma. Dan memang sih jurusan aku satu ini sangat berpengaruh buat masa depan, sistem informasi gtu kan. But why when we lecture about information system, aku selalu ogah2an. Justru aku selalu semngat klo lagi matkul b. Inggris. Dlu aku sempet mau kuliah jurusan Pend. B.inggris, but my aunt said that skrng lulusan B.inggris udh ga dihargain lagi, susah dapet kerja, mending jangan deh. After that i change my mind, aku berfikir untuk masuk jurusan yg peluang besar di masa depan. But, what i feel rght nw? Aku semakin berfikir bahwa, kuliah itu bukan hnya berfikir untuk bagaimana jurusan kita sangat berguna nntinya, tapi bagaimana kita nyaman dan bisa di jurusan itu. I think I want learn more in english, I can't handle anymore. But how can spell this. I don't have enough money to change study, and i dont want to burden my parents. Aku sempat berfikir untuk membuka bisnis sendiri.
Atau ini hanya fikiran sementara karna aku sedang menjalani kuliah online??
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
Diubah oleh rbypark
Halaman 1 dari 2
Susah juga sih kalo jurusannya g sesuai keinginan, tapi gini ya gan..dunia kerja itu ga cuma soal ijazah yg utama y skill
Ntr lulus D3
Trnyata lowongan S1

Makin keki dia emoticon-Ngacir

Kerjaan ga sesuai ekspektasi

Lebih keki lg

Skrg bnyk dibutuhin
Tp 4-5 thn lg emngnya ga berganti?

Skrg yg bnyk diminati elektronika emoticon-Ngacir (bikin2 robot atau micro controller
profile-picture
njir memberi reputasi
Emang ngga ada FP apa? emoticon-Bingung (S) SI juga praktikumnya juga pemogramman dan fokusnya bikin sistem informasi kan? emoticon-Bingung
Dari awal udah salah. Kenapa milih jurusan yg ga disukai. Ujung2nya jd gini. Malas kuliah, ga semangat, ga ada yg masuk ke otak. Mumpung masih semester 1, better ente pindah jurusan deh. Siapa bilang jurusan pend b.ing ga dihargain lg? Susah dpt kerja? Asal fokus dan total dlm pendidikan psti hasilnya memuaskan koq. Bilang aja sejujur2nya sm ortu ente. Pasti mereka bakal nerima.
profile-picture
mbahkayvan memberi reputasi
Itu artinya jurusan yg skrg kamu jalani bukan jurusan yg kamu ingini ya?
Jangan dulu mutusin buat berenti kuliah, kasian ortu yg udh berjuang buat biayain..
Kalau kamu jenuh atau bosen, ambil waktu sebentar buat me time, jangan paksain belajar dulu. Banyakin belajar bareng temen yg lebih bisa dan banyakin bimbingan dari dosen juga.
Btw, nantinya susah cari kerja itu udah lumrah sih gak tergantung jurusan, karena susah cari kerja itu adalah sebagian dari perjuangan nyari kerjaan. Sorry to say bukannya mau bikin down atau gimana tapi jurusan yang terlihat berpeluang besar buat masa depan, itu juga gak menjamin buat gampang dapetin pekerjaan. Dunia pekerjaan itu keras, ga selalu liat pendidikan/dari jurusan mana tapi yg dilihat adalah skill. Bisa aja kamu lulus kuliah dengan jurusan A, tapi nanti kerja dapet kerjaan yg melintasi jurusan semasa kuliah.
Tapi gapapa sih apapun jurusan yg dipilih semoga kelak ilmunya bermanfaat buat masa depan..
Diubah oleh Qqkiki17
Santuy gan
Ane lulusan bhs inggris skrg jualan mesinemoticon-Ngakak
Bhs inggris mah buat nilai + aja.
Mending ente punya skill informatika + toefl bagus
Drpd Toefl bagus tapi skill lain kosong.

Mentok" jadi dosen,
Idealis lagi buka jasa terjemahan

Dahlah informatika aja, bhs.inggris entar ke kampung inggris.
Kesukaan ngga bikin perut kenyang, pekerjaan sesuai passion cuma untuk orang punya privilege 😙. Fokus cari duit aja
saat ini, kebanyakan memang loker untuk S1, namun sayang eh sayang meskipun S1 tapi masih tetap kebanyakan minta experience kerja, ditambah dengan covid banyak perusahaan yang gabuka loker ataupun gulung tikar dan banyak sekali pengangguran berpendidikan. Sudah kalah saing dengan gelar S1, ditambah makin banyak pengangguran dan makin dikit loker, bersiap2 saja menerima kenyataan dunia.

Apa yang harus kulakukan? saran saya tetap ambil kuliah itu, mumpung cuman sebatas online bisa cari2 pengalaman kerja atau magang, sekalipun jadi waitress ato tukang racik kopi pun bener2 bakal diperhitungkan nanti.

salam peradaban
sy aja yang non-it sekarang pindah ke IT dengan susah payah

karena your aunt is absolutely right. bukan cuma b.ing tapi kl lu ga punya skill relevan skrg ya bakal ditendang

every company is IT company rightnow dude. its better you adapt or lost in the jungle
jangan stop lah diluar sana ada ribuan bahkan jutaan org ga bsa kuliah karena keadaan. ente yg ortunya bsa usahain malah mau disia2in. soal ga cocok/kesulitan sm materi kuliah itu hanya berapa persen daripada yg akan ente hadapin dikemudian hari. kuliah kan bekal ilmu dimasa depan atau jembatan untuk hadapin dunia kerja/usaha nanti dan ujungnya disitu. kuliah nyari nyaman? kynya smua jurusan ga ada yg nyaman. klo misal usaha smbil kuliah kenapa ngga? baru mslh kuliah dh cemen gmna mau fighting nnti didunia kerja/usaha.
Ijazah itu penting buat lamar kerja...at least kemungkinan punya kerja lebih besar persentasenya drpd yg ga punya ijazah.
Masalah kerjaan...believe me...ketika kamu lulus...kamu bakal apply di job2 yg ga nyambung sekalipun...because surviving its what matters....kecuali ada koneksi ke perusahan2 besar buat securing your future jobs.

Utk wiraswasta atau buka usaha itu butuh modal, jadi paling nggak kamu harus punya kerjaan tetap dulu...punya gaji rutin, setelah gaji tabungan secure ya bolehlah nyoba2 usaha. Mending gitu drpd gda penghasilan tetap...terjun ke wiraswasta....klo tiba2 ada badai lewat...dapet duit drmna?
masuk otak cuma dikit ini karena apaan? karna otak nya kaga mampu? ato karna lu males belajar?

klo karna otak nya ga mampu, ya artinya better lu ngomong sama ortu lu, kasi tau klo otak lu kaga mampu untuk kuliah di bidang ini, daripada lu ngotot, ujung2 nya ga lulus dan IPK nya ancur, sama aja ga bisa kerja ntar nya.

tapi klo cuma karena lu males belajar ya artinya belajarlah lebih rajin lagi. bahasa inggris toh lu bisa otodidak juga belajar nya kan? IT juga bisa otodidak sih sebenernya klo mau... cuma klo yang diajarin aja lu kaga ngerti, gimana mo otodidak belajar IT?

ijasah itu salah satu alat bantu buat lu ngelamar kerja, klo yagn punya ijasah aja banyak yang susah cari kerja, apalagi klo ga punya ijasah.

kecuali lu punya skill yang sangat ahli dalam bidang tertentu dan semua orang uda tau kehebatan skill lu di bidang itu, nah ijasah udah ga diperlukan. tapi gw yakin lu ga punya skill itu kan? jadi ya terusin kuliah lu klo emang lu merasa otak lu mampu.

Diubah oleh Luminus
Yang perlu agan tau adalah hal seperti itu pasti akan di alami sebagian besar mhasiawa/i

Cobalah berdiskusi dengan teman jurusan yg serius tentang praktik terakhir atau sejenisnya, karena hal2 menyenangkan selalu datang tanpa rencana
cara terbaik belajar di ekosistem IT itu harus punya target dari dalem diri sendiri.
buat gw yang mungkin masih belum terlalu lama di dunia IT, di kuliah itu susah belajar IT karena kurang motivasi dari dalam diri apalagi orangnya yang result oriented banget
(maksudnya pengen hasilnya di bayar gitu entah dengan uang / nilai matkul)
dan juga di kuliah kita dijejalin semua tipe bahasa pemrograman dari C#, Java, Python, VB, ASP, dan masih banyak lagi.

tapi saran gw 1 karena gw udah ngerasain kerja, belajar bahasa C (entah itu C++, C#) itu penting banget karena banyak di pake di perusahaan2 konsultan IT emoticon-Recommended Seller
bahasa inggrisnya udeh bagus, cuma mau koreksi bahasa indonesianya. yang bener berpikir, bukan berfikir.
kalo soal kuliah online. ini kan hal baru, mau ga mau harus bisa beradaptasi. gimana caranya biar bisa mengerti topik pembahasan tersebut. contoh, kalo semisal ga paham sama modul yang dapet dari kampus coba googling/youtube cari yang metodenya cocok sama lo. bisa juga ambil kursus di udemy. adaptasi emang sulit dan mau ga mau lo harus bisa!
Biarkan bahasa inggris cukup jadi poin plus aja gais, banyak cara bisa bahasa inggris walaupun you gak kuliah bahasa inggris.
kerjaaan yg ane jalanin skrng jg di luar ekspektasi jurusan......
enjoy aja...
bawa santai...
yg penting bisa menghasilkan duit....
Wkwkwkwkwk klasik. Ane dulu ribut sama ortu cuma karna jurusannya ga sesuai pengen mereka. Akhirnya ane ttp kekeh. And... Ane jalanin kuliah hepi hepi aja. Tugas ga pernah ane anggep beban, malah seneng tiap ngerjain tugas. Skripsi ane kelar 1 bulan tanpa tekanan, karna ngerasa enjoy. So? Buat apa maksa salah jurusan kalo cuma jadi penghambat. Cuma 2 pilihan

Pindah jurusan, atau
Berusaha untuk mencintai yang lagi dijalanin

Kalo ga bisa dua duanya, ente harus siap tertekan
Diubah oleh rafidalfarid
buka youtube - fiki naki.....mahasiswa teknik informatika ..yang pandai 7 bahasa asing....semoga bisa jadi panutan...


belajar via online
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di