Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Mengapa lebih baik meluncurkan pesawat luar angkasa dari dekat ekuator?
Foto: theverge.com

Hai para Agan dan Sista, semoga kita tetap sehat dan dijauhkan penyakit, kali ini saya ingin berbagi tulisan tentang dunia antariksa, semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Ada pertanyaan tentang rencana pemerintah Indonesia ingin mengajak Elon Musk orang kedua terkaya di dunia, untuk kerjasama membangun peluncuran roket SpaceX. Keuntungan membangun peluncuran roket di Indonesia karena posisi salah satu pulau di Provinsi Papua tepat berada di garis ekuator. Hal ini justru dapat menguntungkan pihak SpaceX dalam hal biaya, berikut penjelasannya.

Ketika sebuah roket pendorong pesawat ruang angkasa diluncurkan untuk ke orbit angkasa, roket sebelumnya akan berputar terlebih dahulu mengelilingi bumi dengan kecepatan dorong sangat cepat agar tidak ditarik kembali oleh gravitasi bumi.

Foto: geolognesia.com

Roket raksasa yang digunakan dalam membantu meluncurkan pesawat ruang angkasa, hal ini terjadi dengan memberikan daya dorong yang sangat besar hingga mencapai titik kecepatan maksimum roket untuk mendorong pesawat ke orbit. Namun, perputaran bumi itu juga berperan penting dalam membantu pendorongan roket. Apa pun yang ada di permukaan bumi yang melintasi tepat di garis ekuator atau garis katulistiwa tingkat berputarnya bumi mencapai kecepatan 1.670 kilometer per jam.

Jika sebuah roket diluncurkan dari garis ekuator, ia akan langsung naik ke luar angkasa, dan roket juga akan ikut bergerak mengelilingi bumi dengan kecepatan yang sama seperti saat meluncur sebelum diluncurkan. Ini karena gaya inersia yang ditimbulkan. Kecepatan ini akan membantu pesawat ruang angkasa untuk mempertahankan kecepatan yang baik untuk tetap berada di seputaran orbit.

Berbeda dengan roket yang diluncurkan diluar garis ekuator, karena roket akan berputar terlebih dahulu mencari garis ekuator tentu membutuhkan bahan bakar pendorong lebih dibandingkan peluncuran dari garis ekuator.

Foto: space.com

Mengapa katulistiwa itu istimewa? Alasannya karena permukaan bumi bergerak lebih cepat di titik ekuator. Jika kita melihat dua titik pada satu garis ekuator dari kutub ke kutub, satu titik di garis ekuator dan setengah diantara garis ekuator lainnya, masing-masing akan membuat perubahan total dalam kurun 24 jam dan kembali lagi ke tempat semula.


Referensi:
1.
BRAZIL LAUNCH SITE IS IN A GREAT LOCATION?


2. Why do rockets launch from Florida?
Diubah oleh Sambelterasi052 16-12-2020 03:40
lonelylontong
Junmai92
davecchio
davecchio dan 38 lainnya memberi reputasi
39
6.2K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan