CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gereja Katolik St Theresia : Jemaat yang Tak Terdaftar Dilarang Masuk Ibadah Natal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fe3f988263772113e5d5068/gereja-katolik-st-theresia--jemaat-yang-tak-terdaftar-dilarang-masuk-ibadah-natal

Gereja Katolik St Theresia : Jemaat yang Tak Terdaftar Dilarang Masuk Ibadah Natal

Gereja Katolik St Theresia : Jemaat yang Tak Terdaftar Dilarang Masuk Ibadah Natal

SEMARANG - Gereja di Kota Semarang siap gelar ibadah natal 2020 dengan protokol kesehatan ketat.

Satu di antaranya Gereja Katolik St Theresia Bongsari.

Pastor Kepala Paroki St Theresia Bongsari, Romo Eduardus Didik Chahyono SJ, memaparkan, pengurus gereja berusaha mempersiapkan natal dengan baik di tengah situasi pandemi Covid-19.

Antara lain membersihkan tempat ibadah dengan penyemprotan disinfektan.

Rencananya, Paroki St Theresia Bongsari bakal menyelenggarakan ibadat secara bergantian mulai (24/12/2020) hingga Jumat (25/12/2020) dengan enam kali misa natal.

Jemaat yang diperkenankan masuk hanya 100 orang sesuai jadwal yang ditentukan.

"Jemaat yang mengikuti misa di gereja harus daftar dulu dan dicatat namanya.

Ketika ada orang yang tidak tercantum namanya, kami tidak perbolehkan masuk.

Ini sebagai langkah antisipatif kalau ada apa-apa tracingnya jelas," papar Romo Didik, di sela-sela persiapan misa natal, Rabu (23/12/2020).

Pihaknya telah menyiapkan petugas mulai dari petugas pengukur suhu tubuh, yang mengarahkan cuci tangan, dan yang mengantar jemaat ke tempat duduk sesuai posisinya. Tim kesehatan juga bersiaga di gereja. Semua petugas, jemaat, dan pastor wajib menggunakan masker dan duduk berjarak selama mengikuti ibadat Hari Raya Natal. Sementara, jemaat yang tidak dapat mengikuti ibadat di gereja bisa mengikuti ibadat di rumah masing-masing secara live streaming.

"Meski mengikuti dari rumah, bagi mereka yang kondisinya sehat kami perkenankan untuk menyambut tubuh kristus. Kami mengirim petugas untuk menerimakan sakramen maha kudus," jelasnya.

Selain ibadat misa natal, Romo Didik menambahkan, dalam rangka menyambut natal, jemaat diajak untuk menyucikan diri melalui sakramen tobat dengan absolusi umum. Hal ini dilakukan karena di masa pandemi tidak dilakukan upacara pengakuan dosa pribadi.

Tak jauh berbeda, Gereja Katedral Semarang juga menerapkan protokol kesehatan ketat. Koordinator keamanan Gereja Katedral Semarang, Yohanes Andi Wibowo mengatakan, pengurus gereja sudah menyiapkan segala sesuatu dengan baik meski ada keterbatasan kegiatan. Rencananya, misa natal akan diadakan mulai 24-25 Desember 2020.

"Misa natal di tengah pandemi ini jelas beda. Tidak ada ornamen natal. Lalu, ada pembatasan umat. Segala sesuatu yang kaitannya dengan kesehatan kami prioritaskan untuk umat," paparnya.

Standar protokol kesehatan akan dilakukan dengan ketar mulai dari pengecekan suhu tubuh dan pembagian umat di tempat duduk yang disediakan. Kapasitas gereja, sebut dia, hanya menampung 300 orang.

"Harus membawa kartu tanda umat yang dikeluarkan oleh Keuskupan Agung Semarang. Jadi, hanya umat saja yang boleh masuk gereja. Pemberitahuan sudah disampaikan sejak pandemi. Ini juga berlaku untuk perayaan natal," jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memperbolehkan umat nasrani menjalankan misa natal di gereja dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Hendi, sapaanya, telah berkoordinasi dengan Forkopimda Kota Semarang menjelang natal dan tahun baru (nataru). Pihaknya terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak gereja yang mengadakan ibadah agar bisa dikawal oleh Forkopimda. Ormas-ormas juga akan dikerahkan supaya bisa menjaga perayaan natal dapat berjalan lancar dan khidmat.

Hendi mengingatkan para pengurus gereja yang hendak merayakan natal untuk mempersiapkan dengan baik. Protokol kesehatan harus diterapkan. Social distancing antar jemaat harus diatur dengan baik.

"Memakai masker jadi sebuah catatan utama dan faktor kunci agar tidak terjadi penyebaran Covid-19," tambahnya. (eyf)

https://jateng.tribunnews.com/amp/20...h-natal?page=2



Tak keren lah memaksa umat pergi kegereja di tengah tren corona.. emoticon-Takut

Aku sendiri sudah tak pernah ke gereja dan melarang keluarga pergi ke gereja..

Lebih baik dirumah saja..

kosong kan gereja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Gereja Katolik St Theresia : Jemaat yang Tak Terdaftar Dilarang Masuk Ibadah Natal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
Ibadah sesuai dengan protokol, tanpa golok, tanpa ngamuk...

Beda sama umat si pedo

emoticon-Christmas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
non member fuck off! emoticon-fuck





begitulah pesan nya emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
anjiiir padahal se iman, cuman gak ada kartu member gak boleh masuk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga

kocak banget ajaran nya emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
padahal dosa sudah numpuk, tapi gak bisa sakramen tobat tebus dosa??? emoticon-Cape d...

percuma emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan kris10.news memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
siap siap klaster natal emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan kris10.news memberi reputasi
gereja & mesjid selalu jadi klaster penyebaran corona
kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan dalam lawan covid
hindarilah berkumpul ..
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan kris10.news memberi reputasi
puji tuhan emoticon-Christmas

Gereja Katolik St Theresia : Jemaat yang Tak Terdaftar Dilarang Masuk Ibadah Natal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
tiati ya.... selain tentara somad masih ada tentara mercon yang harus diwaspadai emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
hordeng gurun kalo bikin klonengan gak kira" banyaknya...udah gitu komen monoton.gak berisi dan sarat kebencian.... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mending di rumah aja nonton pilem xmas emoticon-Jempol

Gereja Katolik St Theresia : Jemaat yang Tak Terdaftar Dilarang Masuk Ibadah Natal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Quote:


Baca point 2.a dengan baik: DI LUAR TEMPAT IBADAH


Artinya di dalam tempat ibadah alias di gereja diperbolehkan. emoticon-Salaman


emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga emoticon-Christmas

profile-picture
profile-picture
nomorelies dan serapionIeo memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gak ada paksaan tuh cuma tawaran mau gak ikut perayaan natal di gereja nyatanya malah quota yang disediakan malah lebih kecil dari minat umat hingga gereja terpaksa menolak umat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Noh domba gurun yg mau natalan daftar dulu yak.
Yg rapi dan beradab.

Jgn kayak kadrun ibadah bawa golok emoticon-Traveller
Jgn ditiru adek nya emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
contoh umat aqidah tebal

merayakan hari besarnya tidak harus di tempat ibadah

coba umat aqidah dangkal

masih maksa ibadah berkerumun, dengan dalih kalau mampus kena wabah itu syahid
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Betul, daripada ada yg masuk bawa bom
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan galuhsuda memberi reputasi
iya, ibadah onlen dulu aja lah ya..
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
stay at home lebih baik daripada keluar buat ke gereja, masjid, vihara ujung2nya positif
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Harus nya emg gaperlu dulu sih
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
emoticon-Bingung emang apa hebat nya bisa natalan di sono, heran dweh ihh
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di