CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gereja Buka Ibadah Natal Secara Langsung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fe2c9d6eaab2536b17aaf7e/gereja-buka-ibadah-natal-secara-langsung

Gereja Buka Ibadah Natal Secara Langsung

Gereja Buka Ibadah Natal Secara Langsung

Jakarta, CNBC Indonesia- Menjelang natal dan tahun baru Keuskupan Agung Jakarta dan Persekutuan Gereja-gereja Indonesia menyatakan akan mengadakan ibadah secara langsung dengan kapasitas yang ditentukan oleh Satgas Penanganan Covid-19. Meski demikian masyarakat yang mengikuti ibadah natal secara langsung, harus didata terlebih dahulu, dalam kondisi sehat, dan menerapkan protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Direktur Medik RS PGI Cikini dr. Inolyn Panjaitan mengatakan dalam ibadah natal secara langsung yang dikhawatirkan bukanlah saat ibadah berlangsung, melainkan setelahnya. Apalagi di beberapa tempat ada tradisi berkumpul dan makan bersama setelah ibadah, hal inilah yang harus dihindari oleh masyarakat agar tidak menciptakan kerumunan dan meningkatkan potensi penularan.

"Setelah ibadah natal kita suka makan minum bersama. Usul dari kami hindari makan minum bersama, kalaupun ada jamuan makan, sebaiknya dalam kotak saja, karena waktu makan kita buka masker dan kita semua bisa terpapar. Kalau memang mau kumpul tetap jaga jarak dan pakai masker, makan juga jaga karak dan semua harus mengikuti protokol kesehatan," kata Inolyn, Senin (21/12/2020).

Dia juga menyarankan untuk menghindari berkumpul saat natal dan akhir tahun bersama keluarga. Pasalnya selama ini klaster keluarga menjadi salah satu yang paling sering ditemukan, karena saat di rumah biasanya sulit menerapkan protokol kesehatan terutama jaga jarak. Untuk itu dia menilai berkumpul bersama keluarga pun harus diminimalisir, kalaupun sampai ada harus tetap memakai masker dan menjaga jarak.

"Semua harus mengikuti protokol kesehatan bahkan kalau di rumah berkumpul bersama keluarga. kalau bisa tidak kumpul," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Sekjen Keuskupan Agung Jakarta Romo Vincentius Adi Prasojo mengatakan gereja Katolik melakukan ibadah natal secara langsung dengan penyesuaian tata raya peribadatan dari sisi durasi 2 jam menjadi 1 jam, jumlah umat yang hadir pun hanya 20% meski BNPB memperbolehkan 50%. Dia juga menyarankan masyrakat untuk tidak mudik dan menetap di rumah, dan melakukan silaturahmi secara online.

"Bagi umat yang datang harus daftar online, mengikuti protokol kesehatan dan sepanjang ibadah tidak boleh lepas masker, menjaga jarak, memastikan sehat dan para pelayan peribadatan dipastikan bebas covid, dengan test yang ada," kata Romo Adi.

Sementara Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty, mengatakan gereja indonesia melakukan himbauan pastoral untuk mengimbau gereja sedapat mungkin melakukan ibadah natal secara virtual, kalaupun dimungkinkan protokol kesehatan harus diterapkan secara disiplin

"Kami telah mengeluarkan protokol dan panduan seperti itu jauh-jauh hari. Penyelenggaraan pada saat ibadah dan setelah ibadah," katanya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ak-imbauannya#

Tak keren lah memaksa umat pergi kegereja di tengah tren corona.. emoticon-Takut

Aku sendiri sudah tak pernah ke gereja dan melarang keluarga pergi ke gereja..

Lebih baik dirumah saja..

kosong kan gereja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dodittt dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kris10.news
Halaman 1 dari 2
Gereja Buka Ibadah Natal Secara Langsung
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
udah pasti bertambah lagi yg terjangkit corona virus
gereja maupun mesjid itu bisa jadi klaster penyebaran corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juraganind0 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jamuannya berupa 'darah' & 'daging' yesus bukan?
profile-picture
doomguythegodk memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Bodoh, kayak taun depan ga ada aja natal

Asli bebal ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kris10.news dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
asal jgn bawa sajam seperti umat sebelah ya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
youpork dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah gk mau kalah sama yg bawa golok
profile-picture
monyetsakti99 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yah sama aja..

orang kalo mabok agama emang sussah di bilangin..

emoticon-Ngakak
Quote:


imajiner yg terlalu koplak emoticon-Cape d... emoticon-Leh Uga

darah kok diganti ciu emoticon-Leh Uga
profile-picture
kris10.news memberi reputasi
bikin beban aja tolol emoticon-Najis
profile-picture
kris10.news memberi reputasi
akibat otaknya kelamaan di gantung jadi dongo gini emoticon-Wakaka
profile-picture
kris10.news memberi reputasi
Harus ikut protokol kesehatan..kenapa tidakemoticon-Leh Uga
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
tenang ada minyak urap... auto lah... emoticon-Christmas

emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk
profile-picture
kris10.news memberi reputasi
Sodara Arie Tampubolon dan klonengannya saling berkomentar...

Monolog yang wow sekali


profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Quote:


kita udah check arie tampubolon itu adalah penghuni formil bukan penghuni bpln
https://www.kaskus.co.id/@arietampubolon

jadi tolong penghuni luar
jangan sembarangan main klaim memfitnah penghuni bpln adalah arie tampubolon
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo ini terjadi 2000 tahun yg lalu dan pemerintah melarang perkumpulan seperti ini walaupun dgn alasan yg benar saat pandemi.
Maka gereja akan Mengarang-ngarang "persecution of jesus' followers".
Main play victim sebagai pihak teraniaya, melahirkan martyr dianggap ajarannya sejati karena faktor teraniaya.

Dan salah satu alasan belakangan yg diketahui kenapa dulu roma pernah memperkusi nasrani. Itu karena pihak nasrani dulu yg ngeyel dan menentang kebijakan pemerintah serta merasa paling exclusive yg sebenarnya pemerintah tidak memaksa untuk membuang keyakinan mereka. Hanya ikut festival bersama pagan tanpa perlu menyembah tuhan-tuhan lain sebagai lambang persatuan dan keharmonisan negara. Dan adanya penolakan membayar pajak kepada kaisar pagan. Tapi selanjutnya okeh pihak nasrani dikatakan bangga dianiaya karena mempertahankan keyakinan seperti zaman Nero.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh doomguythegodk
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan


Quote:


Sang nabi ora nganggo masker plus hurung usum hand sanitizee
Goblok ga punya empati egois. Percuma ibadah kalo di sumpahin org krn ga punya kepedulian thdp masa pandemi gini.

**udah tau negara lu ini ga becus urus pandemi malah bukan nya mikir supaya ga ikut2an memperkeruh masalah eh malah mentingin keinginan kelompok**


Emang tuhan lu gila pujian apa ya??


emoticon-Traveller
Contoh tuh hindu dan buddhisme dan agama2 timur. Belajar ama mereka biar ga jd umat egois
Diubah oleh bajier
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Klo protestan setau ane yg bethel, tiberias itu virtual ibadahnya klo hkbp mungkin masih ada ibadah langsungnya
Siap-siap penambahan jumlah kasus covid-19 dari klaster natal dan tahun baru.
profile-picture
kris10.news memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di